Keunggulan Usahawan Memiliki Bisnis Toko Online

Minggu, 29 April 2012

Toko online atau sering disebut dengan e-commerce merupakan pengembangan situs atau blog dengan cms sistem penjualan automatis secara online di dalam dunia internet, barang yang dapat diperdagangkan sangat beragam baik produk berupa software maupun hardware. Produk rumah tangga, busana, aksesoris, film, lagu dan lainnya dapat ditransaksikan melalui situs toko online.

Mengapa memutuskan untuk memilih toko online untuk menjadi media atau kendaraan dalam menjalankan atau memasarkan produk yang ingin di jual. Keputusan memilih toko online sudah pasti mengandung beberapa keuntungan strategis dan melalui perencanaan yang sangat matang akan pemilihan strategi yang akan dilakukan untuk pengembangannya.

Pemilihan e-commerce dengan toko online bagi usahawan berlatar belakang pada keunggulan dan keuntungan sebagai berikut :
  • Target pasar yang tidak dibatasi oleh geografis, internet dapat diakses oleh siapa saja dan dimana saja sudah tentu memiliki pangsa pasar secara global.
  • Tidak membutuhkan kantor yang bagus dan luas, namun bisa dimulai dari kamar pribadi walaupun berukuran kecil.
  • Memulai memungkinkan dengan biaya yang relatif sangat kecil.
  • Tanpa karyawanpun bisa dijalankan, karena dioperasikan melalui komputer atau peralatan online.
  • Minim biaya pemasaran, tetapi wajib meluangkan waktu untuk itu.
  • Beroperasi sepanjang waktu, tidak ada jam tutup. dengan konstruksi toko online yang baik proses bisa berjalan otomatis.
  • Dengan teknik penyampaian dan kepandaian mengulas informasi, maka pelanggan akan mendapatkan gambaran yang lebih kaya akan informasi.
  • Barang yang distock tidak harus banyak, dan memungkinkan tanpa stock selama bisa berkerjasama dengan supplier secara baik. Barang dagangan cukup ditampilkan dengan gambar yang relevan.
  •  Tidak menuntut waktu usahawan untuk fulltime, dengan konstruksi sistem yang serba otomatis.
  • Bisa menjual produk non fisik dengan cara download, sehingga harga lebih kompetitif tanpa biaya kirim.
Untuk membangun bisnis sebagai usahawan toko online, maka dibutuhkan memahami dan membangun hubungan sebagai berikut :
  • Karena pembayaran secara transfer, maka usahawan membutuhkan rekening bank atau rekening online seperti pembayaran google atau paypall
  • Karena penyerahan barang menggunakan sistem pengiriman dan jasa kargo, maka dibutuhkan membangun hubungan dengan jasa pengiriman barang.
  • Dibutuhkan memiliki hubungan baik dengan para supplier, agar dapat akses memproleh produk dengan sistem yang disepakati.
  • Memiliki atau mempelajari sistem promosi dan pemasaran online, agar bisa mempopulerkan toko di dunia online.
  • Tetap menerapkan cara-cara promosi offline, dan tidak hanya bergantung pada sistem promosi online saja.
  • Membangun kepercayaan dengan kecakapan menjawab pertanyaan, memproses pesanan, dan menanggapi komplain yang ada.
Bisnis toko online dapat dibangun dengan beberapa fasilitas secara gratis, namun untuk lebih kredibel wajib menggunakan domain dan hosting berbayar, walaupun mesin e-commerce yang digunakan merupakan scrip yang bisa didapat secara versi gratis seperti : wordpress, jomla, prestashop, freecart, Magento, dan lainnya yang sangat terkenal seperti shooping cart.

Jika kita bersungguh, sungguh dalam membangun toko online dan berusaha memberikan pelayanan yang baik dan seprofesional mungkin, maka peluang suksespun sangat terbuka lebar seperti yang dilakukan oleh amazon.com salah satu toko buku yang awalnya hanya menjual buku hingga sebesar sekarang ini.