Merintis usaha konter voucher pulsa handphone

Kamis, 26 April 2012

Kemajuan teknologi telepon selular sudah sangat tinggi dan menjadi bagian dari kebutuhan dasar kalangan menengah keatas, bukan hanya itu beberapa prototive telepon genggam justru memang sengaja dibuat khusus untuk dipasarkan pada kalangan menengah kebawah.

Saat ini hampir setiap orang dewasa sudah bisa dipastikan memiliki 1 unit telepon genggam dan tidak jarang ditemukan seseorang yang memiliki 2 sampai 3 unit untuk pribadi. Lebih dari itu trend ini sudah masuk menjadi gaya hidup sampai dengan memanjakan anak-anak yang membuat tidak sedikit anak yang masih duduk dibangku sekolah dasar keatas sudah memegang sarana komunikasi canggih ini.

Tentu saja usahawan-usahawan yang tajam dalam melihat kesempatan menjadikan tren ini sebagai mesin bisnis untuk membangun bisnis baru atau menambah tingkat penghasilan dengan menjadi usahawan dalam bidang penjualan voucher pulsa telepon hingga mendirikan konter untuk mengoperasikan bisnisnya. Untuk menjalankan bisnis konter voucher telepon selular membutuhkan sarana dan strategi agar usaha dapat berjalan dan mengalami kemajuan dengan cara :

Usaha konter penjualan pulsa membutuhkan pembeli atau pelanggan yang banyak agar tetap dapat bertahan, sehingga konter usaha diupayakan dapat berdiri dilokasi yang strategis dan merupakan tempat berkumpul dan lalu lalang orang banyak. Jika bermodal kecil membuka konter HP didaerah lingkungan sekolah lebih menguntungkan. Transaksi nilai kecil akan membuat modal usahawan mencukupi namun keuntungan yang didapat bisa maksimal dari pada transaksi untuk  nilai besar.

Usaha konter penjualan pulsa membutuhkan modal yang cukup untuk membuat stok barang dengan berbagai variasi nilai yang tersedia dan jenis operator yang beragam. Sehingga masing-masing operator membutuhkan investasi modal dalam bentuk deposit atau pembelian voucher fisik. Jika usaha dijalankan kecil-kecilan maka ada solusi untuk bergabung menjadi agen yang menggunakan 1 chif untuk berbagai jenis operator pulsa, tetapi sebelumnya pahami dahulu apa yang menjadi kelebihan dan kekurangannya.

Karena bisnis ini melayani banyak konsumen yang pada saat tertentu konter benar-benar penuh, maka dalam menjalankannya usahawan perlu dibantu oleh satu atau beberapa karyawan, maka persiapkanlah karyawan yang mampu dan kompeten untuk membantu usahawan.

Usaha ini dalam menjalankannya dibutuhkan ketelitian dan kehati-hatian, seperti saya melakukan transaksi kita melakukan kesalahan pada nomer yang akan diisi. Ini menjadi kerugian karena voucher yang sudah ditransfer tidak dapat direturn atau kembali. Maka faktor kehati-hatian menjadi prioritas yang harus diutamakan.

Kabar baiknya bagi usahawan yang cerdik usaha ini bisa dikembangkan dengan menjual eksesories, bermodal komputer bisa dagang lagu dan aplikasi, jika memungkinkan jual beli HP bekas, dan jika rajin belajar maka memungkinkan untuk berkembang menjadi bisnis service perbaikan handphone rusak.

Usaha konter voucher pulsa handphone ini pada dasarnya merupakan usaha yang praktis untuk dilakukan sehingga saat ini begitu banyak mereka yang terjun menjadi usahawan di bidang ini, untuk menghias konter penjualan anda, umumnya disponsori oleh para operator yang berlomba-lomba untuk memperbanyak branding promosi produknya.

Ketelitian, membangun relasi, memperbaiki pelayanan, serta terampil menyisihkan keuntungan untuk membesarkan usaha merupakan kebiasaan yang mendukung seorang usahawan konter pulsa voucher handphone untuk bertahan hingga sukses di bisnisnya.