Strategi usahawan Bisnis "EO" Event Organizer

Jumat, 20 April 2012

Merayakan sesuatu dengan acara sedang tren melanda masyarakat kalangan menengah keatas, organisasi, dan perusahaan. Mulai dari ulang tahun, pernikahan, khitanan, gethring, produk launching, sampai dengan kampanye pemilu yang umumnya dilakukan dengan menyewa jasa event organizer.

Sudah tentu bagi anda yang suka menyusun acara, kreatif, dan kaya akan imajinasi menghibur menjadikan peluang ini sebagai kesempatan berharga untuk meraup keuntungan dibisnis "EO" ini.

Usaha EO bisa cepat diterima pasar dengan memperhatikan tiga hal, antara lain :
  1. Mencari network partner seperti kalangan korporat yang sering mengadakan even, dengan melakukan pendekatan ke bagian marketing atau pemasaran.
  2. Melakukan pendekatan ke mitra usaha seperti perusahaan catering khususnya untuk EO yang melayani even wedding.
  3. Kerjasama dengan penyedia penunjang event seperti : tenda, sound sistem, toko bunga, dan perlengkapan penunjang event lainnya.
Begitu juga untuk memasarkan usaha ini bisa dilakukan dengan tiga cara yaitu :
  • Mengikuti pameran yang berkaitan dengan jasa EO seperti pameran wedding.
  • Membuat sarana promosi seperti website
  • Menawarkan jasa lewat sarana digital marketing seperti BB, Facebook, Twitter, dan lainnya.
Persaingan dalam usaha ini lumayan ketat, dan pelaku usaha bisa memilih segmen pasar yang dituju, misalkan EO kelas atas eksklusif, EO untuk even corporat, EO untuk wedding, EO untuk anak-anak dan perseorangan. Pelaku usahanya harus memiliki spesialisasi, sehingga lebih fokus dalam jasa ini.
Dalam hal cara menarik klien bisa memberikan diskon berupa barang seperti koleksi album foto klien, tetapi yang paling penting adalah membuat desain atau konsep event yang akan diselenggarakan, dengan kemampuan memberikan illustrasi secara visual atau menarik konsumen dengan memperlihatkan sampel event yang pernah dibuat dengan berbagai tema.
Anda terampil dan pandai mengelola sebuah acara, bahkan bisa menjadi MC. Pilihan menjadi usahawan di bisnis Event Organizer atau "EO" bisa menjadi referensi sukses anda menjadi pengusaha.