Usahawan salon kecantikan peluang bisnis menjanjikan

Kamis, 10 Mei 2012

Tampil cantik yang menumbuhkan kepercayaan diri menjadi lebih baik sudah pasti menjadi keinginan setiap wanita, walaupun saat ini dalam hal penampilan tidak hanya didominasi kaum wanita, namun tren ini juga sudah menjadi kebutuhan para pria untuk tampil gagah dengan kepercayaan diri yang tinggi di depan khalayak ramai.

Tidak hanya kaum muda yang menggunakan jasa salon kencantikan, para kaum tua pun tidak ingin ketinggalan untuk terus memperbaiki penampilannya. Minimal rambut yang putih disemir agar dapat tampil terlihat lebih muda lagi.

bisnis kecantikan
Peluang bisnis untuk memberikan pelayanan dibidang kecantikan inipun dilihat dapat menjadi kendaraan untuk berdikari dan mencapai kesuksesan dalam upaya meenjadikan diri sebagai usahawan. Sehingga walaupun para wanita yang mendominasi bisnis dibidang kecantikan, namun tidak menutup kemungkinan seorang pria bisa sukses dalam menekuni usaha jasa perawatan kecantikan.

Pangsa pasar usaha jasa perawatan kecantikan terus tumbuh sejalan dengan kesibukan akan karir dan pekerjaan, sehingga tidak ada waktu untuk merawat kecantikan sendiri. Maka jasa inipun menjadi ladang untuk mendulang penghasilan para usahawan. Untuk memulai dan menekuni bisnis ini, dibutuhkan usahawan yang selain memiliki keterampilan dalam bidang perawatan serta tatarias kecantikan, namun juga mengerti akan mutu dalam melayani pelanggannya secara baik. Namun dasar dari mengembangkan usaha ini sudah pasti perencanaan yang matang dan kemampuan serta keahlian dibidang kecantikan.

Sehingga hal-hal yang perlu menjadi perhatian bagi usahawan dan calon pengusaha dibidang perawatan kecantikan antara lain, sebagai berikut :

Target Pasar
Skala pelayanan dan tingkat konsumen yang diinginkan tentu akan menjadi ciri khas serta membuat seorang usahawan menentukan type bisnis yang akan dibangun. Melalui rencana bisnisnya seorang usahawan menargetkan konsumen pada tingkatan bawah, menengah atau atas yang sudah tentu akan disesuaikan dengan jenis pelayanan yang disediakan.

Permodalan
Mungkin saja dalam bisnis lain dapat dimulai dengan usaha tanpa permodalan, namun berbeda dengan bisnis dibidang kecantikan, walaupun tidak diawali dengan modal yang besar bisa dimulai dengan permodalan awal yang cukup untuk keperluan inventaris kerja serta stok bahan perawatan kecantikan. Bisnis dapat dimulai dengan layanan pangkas rambut yang terus dikembangkan kepelayanan yang lain.

Tempat atau Lokasi Bisnis
Tidak harus strategis, bisa diawali dari bagian rumah yang dimanfaatkan. Walau demikian hendaknya berlokasi pada titik yang mudah terlihat, mudah dijangkau, dan terdapat tempat parkir kendaraan roda dua, ingat pengguna jasa ini umumnya kalangan menengah keatas.

Pemasaran
Pemasaran bisa dilakukan melalui promosi iklan di media kecil, pemasangan papan nama atau reklame, desain tempat kerja yang mencerminkan perawatan kecantikan, sampai dengan memberikan potongan harga yang menjadi upaya untuk menarik calon pelanggan.

Untuk mengembangkan bisnis perawatan kecantikan yang masih kecil agar dapat menjadi lebih besar dan mampu bersaing, dibutuhkan beberapa komponen penting dalam membangunnya. Antara lain :

Tenaga Ahli
Tenaga ahli menjadi icon sebuah salon, selain dapat memberikan pelayanan sesuai dengan permintaan, tenaga ahli juga dapat dijadikan konsultan bagi para pelanggan yang membutuhkan informasi dan keterangan lengkap tentang perawatan kecantikan.

Jenis varian jasa yang ditawarkan.
Semakin banyak pelanggan yang berminat sudah tentu akan menimbulkan banyak permintaan sesuai dengan kebutuhan, maka tambahkan varian dan jenis layanan sesuai kebutuhan yang banyak diminta agar pelanggan dapat lebih nyaman serta terpuaskan.

Berminat dengan bisnis perawatan kecantikan? jika ya maka jadilah seorang yang suka dengan berbagai jenis pengetahuan perawatan kecantikan. Kabar baiknya bisnis ini umumnya berkembang dan dapat ditambahkan dengan berbagai jenis bisnis yang sejalan seperti : rias pengantin panggilan, persewaan busana, dan lain sebagainya.