Lembaga pendanaan dan modal menjadi mitra penting seorang usahawan

Sabtu, 23 Juni 2012

Umumnya sebuah bisnis digerakan oleh seorang usahawan dengan biaya operasionalnya, semakin besar kegiatan yang dilakukan tentu akan semakin memperbesar nilai pembiayaannya. Untuk membesarkan operasional sebuah bisnis membuat seorang usahawan perlu menyediakan sejumlah modal, sehingga kedinamisan pemikiran seorang usahawan dalam rangka membesarkan sebuah bisnisnya sudah tentu sangat dekat dengan hubungannya bersama lembaga pendanan dan permodalan seperti bank atau non bank seperti pegadaian.

Tidak sedikit seorang usahawan yang menjalin kerjasama serta hubungan baik dengan lebih dari satu atau beberapa lembaga keuangan, namun pada dasarnya membangun hubungan dengan satu lembaga keuangan saja sudah cukup untuk dapat membesarkan sebuah bisnis. Terpenting yang wajib dilakukan adalah menjaga tingkat kepercayaan lembaga keuangan terhadap bisnis seorang usahawan dalam hal penjadwalan dan realisasi pengembalian pinjaman.

credit card dan usahawan
Membangun kepercayaan bukanlah hal yang dapat dilakukan dalam waktu yang singkat, namun membutuhkan waktu yang panjang serta perjuangan yang menantang. Beberapa hal yang dapat dijadikan tumpuan untuk membangun kepercayaan bagi lembaga keuangan antara lain sebagai berikut :
  • Memiliki rekening simpanan untuk bisnis pada sebuah bank yang ditargetkan.
  • Menjalankan transaksi pengeluaran atau pembayaran dan penerimaan melalui rekening yang telah dibuat agar terjadi lalu lintas bisnis pada rekening tersebut.
  • Melengkapi perijinan sebuah perusahaan yang menjadikan bisnis seorang usahawan lebih legal dan terpercaya.
  • Menata sistem administrasi dengan cara pencatatan akuntansi yang rapi dan benar.
  • Memiliki NPWP atau Nomer Pokok Wajib Pajak, dan melakukan penyetoran nilai pajak sesuai dengan ketentuan.
  • Membangun aset secara tepat yang dapat dijadikan jaminan pinjaman pada lembaga keuangan dan permodalan jika dibutuhkan kelak.
  • Dan memastikan bahwa operasional bisnis terus berkembang dengan grafik adanya peningkatan dari waktu kewaktu.
Berbagai ketentuan tersebut diatas dapat saja dibuat dan direalisasikan dengan cepat, namun dalam hal membuktikan serta memastikan bahwa operasional bisnis terus mengalami perkembangan dan kemajuan yang wajib dibuktikan secara fisik berupa perkembangan yang tampak langsung dan pembuktian non fisik seperti dalam hal penyajian dalam bentuk laporan keuangan dan akuntasi bukanlah hal yang dapat di buat secara singkat. Membutuhkan waktu dan kerja keras sudah tentu dalam hal ini.

Untuk membangun kepecayaan lembaga keuangan dan permodalan terhadap seorang usahawan sudah tentu menjadi tantangan menarik untuk diwujudkan dalam jangka panjang demi memenuhi kebutuhan akan kemajuan bisnis dimasa yang akan datang.

Walaupun demikian, beberapa usahawan cukup cerdas untuk membangun hubungan pribadi dengan beberapa lembaga keuangan seperti bank dengan cara memiliki kartu kredit dari lembaga keuangan tersebut. Membangun hubungan secara personal dan pribadi dirasakan lebih mudah dan lebih cepat untuk mendapatkan tingkat kepercayaan dari lembaga keuangan tersebut. Selama kartu kredit yang dimiliki digunakan secara bijak dan taat, maka nilai pertanggungan yang didapat akan semakin membaik dan tinggi.

Walaupun dari segi biaya administrasi dan bungan yang dikenakan lebih tinggi, namun hal ini bisa dijadikan alternatif menarik bagi seorang usahawan untuk memenuhi kebutuhan bisnisnya dengan pinjaman tanpa agunan atau jaminan.