Memahami etos kerja sukses di film The Devil Wears Prada

Senin, 18 Juni 2012

Tidak banyak mereka yang memahami bagaimana membangun etos kerja dan semangat untuk sukses dalam berkarir, memang tidak semua pekerjaan yang dilakukan akan langsung sejalan dan searah dengan bidang ilmu pengetahuan yang diambil pada saat pendidikan di sekolah, namun ini adalah tantangan hidup dunia nyata yang sebenarnya.

Etos kerja yang luar biasa dan di tampilkan secara apik dalam film dunia fashion yang berjudul "The Devil Wears Prada" yang diangkat dari novel terlaris karya Weisberger dan berkisah tentang suasana kerja dan karir di perusahaan fashion besar. Andy Sachs (Anne Hathaway) seorang gadis muda mengambil kesempatan bekerja dengan atasan yang digambarkan dalam film sangat berkuasa dan nyaris kejam kepada bawahannya, itulah gambaran Miranda Priestly yang diperankan Meryl Streep dengan baik.

The Devil Wears Prada

Berlatar belakang seorang jurnalis dan penulis andy sachs bertugas sebagai asisten pengganti dari seorang bos bernama miranda, dalam pekerjaannya yang memiliki latar belakang yang berbeda antara jurnalis dan asisten seorang bos dibidang fashion andy tanpa kenal lelah berusaha memahami dan melakukan berbagai pekerjaan yang diberikan atasannya. Walaupun dengan berbagai keterbatasannya, namun metode membangun kolega kerja dan penggunaan wawasan dalam diri andy patut di berikan jempol.

Disatu sesi andy menyatakan pendapatnya kepada seorang rekan kerjanya atas perlakuan bosnya, namun sebuah nasehat bijaksana membuyarkan segala pemikirannya yang mana nasehat tersebut berbunyi "Sebenarnya kita tidak sedang bekerja, setiap hari yang dilakukan saat bekerja hanya mengeluh dan mengeluh saja, lalu pekerjaan apa yang sudah kita lakukan dengan baik dan benar".

Walaupun kisah sukses yang dibalut dengan etos kerja hebat ini masih berbau kesempatan yang terjadi yang salah satunya dimana rekan senior andy yang harus bertugas menderita flu dan membuka kesempatan andy untuk lebih berperan dalam pekerjaan lebih, serta kesempatan yang timbul saat rekan senior andy mengalami kecelakaan tertabrak mobil. Namun tanpa kepandaian dan keterampilan yang menjadi wawasan sudah tentu kesempatan yang ada akan berakhir sia-sia, dalam film ini setiap kesempatan dapat diambil dengan baik dan sempurna.

Juga etos kerja dalam melayani atasan yang sudah pasti membutuhkan kesabaran dan mental yang baik digambarkan secara apik dalam film ini, yang mana seorang bos yang boleh dikatakan cerewet meminta beberapa makanan untuk dirinya, namun saat sudah tersedia dia tidak memakannya. Sampai dengan permintaan untuk naskah novel harry potter yang belum terbit membuat andy menyajikan peran-peran yang sangat menantang untuk dihayati.

Pesan penting dan positif yang terkandung dalam film The Devil Wears Prada ini antara lain adalah sebagai berikut :
  • Semangat kerja yang tinggi untuk menyelesaikan tugas yang diberikan, apalagi sudah menjadi tanggung jawab adalah penting untuk dapat dikerjakan dan diselesaikan secara baik dan tepat pada waktunya.
  • Segala permasalahan dan kendala dalam kerja, jika di lakukan dengan wawasan yang luar tentu akan selesai dengan mendapatkan jalan keluar yang baik dan tepat. Bukan jalan pintas yang bodoh.
  • Bekerja sama seperti sebuah tim, semakin solid personel yang ada dilam tim maka akan semakin solid pekerjaan dikerjakan dan diselesaikan dengan baik.
  • Percayalah bahwa atasan sering menguji dan sering kali dengan cara yang dianggap kejam, namun percayai juga bahwasannya atasan memberikan penilaian secara obyektif atas apapun hasil kerja bawahan serta kesempatan promosi bagi bawahannya.
  • Pekerjaan diselesaikan bukan dengan mengeluh dan mengeluh sepanjang hari, tetapi dengan pengetahuan, wawasan, serta etos kerja keras yang baik, dan penuh pengorbanan berprinsip.
  • Penting diingat bahwa kesempatan jarang datang dan umumnya tidak datang untuk kedua kalinya, jadi persiapkan diri dalam menyongsong serta menyambut kesempatan yang datang dengan sebaik-baiknya.
Menyaksikan film The Devil Wears Prada selain lebih menambah wawasan dan belajar akan etos kerja yang berkualitas juga diselingi dengan berbagai adegan lucu yang nyaris natural dalam penyajiannya. Bagi rekan-rekan yang ingin menyaksikan film ini ada baiknya untuk melihat trailernya di http://www.youtube.com/watch?v=hbthtLM5VS4