Es Juice dan Soft Drink Menjadi peluang usaha Populer Saat Ini

Senin, 06 Agustus 2012

Memiliki lokasi atau kediaman dipinggiran jalan besar dan ramai menjadi tempat lalu lintas manusia, atau memiliki rumah yang disewa oleh usahawan makanan yang mungkin berupa warung nasi goreng, ataupun cafe ? Ini adalah peluang menjadi usahawan dalam menyediakan komoditi minuman segar seperti es juice.

Tentu saja hampir setiap orang mengetahui apa itu es juice, minuman yang diolah dari buah-buahan baik satu jenis buah maupun campuran dari berbagai jenis buah, seperti mangga, jeruk, melon, alpukat dan lain sebagainya. Bahkan saat ini es juice sudah berkembang hingga berbahan sayur-sayuran seperti sawi, tomat, dan lain sebagainya.

usaha es juice
Sebagai peluang usaha dengan modal yang cukup kecil, namun memiliki potensi yang besar untuk mencetak kesuksesan dalam menjalankan bisnis sebagai usahawan dibidang ini, karena produk yang sangat populer dan digemari segala umur. Apalagi menjadi satu tempat bisnis dengan rumah makan, karena kebiasaan bahwa menikmati makanan dengan minum es juice dan soft drink menjadi gaya hidup masa kini.

Berikut beberapa tips yang dapat dijadikan panduan untuk menjalankan bisnis es juice dan soft drink;
  1. Gunakan buah-buahan yang segar untuk menjadi material utama dalam pembuatan atau produksi es juice yang dijalankan.
  2. Gunakan gula asli sebagai pemanis tambahan, madu, atau susu, bukan dengan pemanis buatan kimia yang berbahaya bagi kesehatan.
  3. Tampilkan buah-buahan segar dan masih belum dikupas, agar konsumen mengetahui bahwa produk dibuat dengan material buah yang masih segar.
  4. Cuci dan bersihkan buah dengan air yang bersih.
  5. Sediakan alat blender yang baik, semakin memiliki kemampuan halus dalam memblender semakin baik, karena konsumen merasa disajikan dalam bentuk sari pati dan bukan ampas.
  6. Sajikan dengan gelas cantik dan tampilan yang menarik.
  7. Sopan dalam menyajikan, serta menarik dalam menawarkan menjadi landasan kepegawaian atau jika menggunakan jasa karyawan.
  8. Pilih lokasi yang tepat seperti didaerah pinggiran jalan.
  9. Lebih baik jika usaha yang dijalankan dalam satu atap dengan usaha rumah makan atau cafe.
  10. Stock buah secukupnya dan jangan terlalu berlebihan, perhitungan kemampuan omset agar stock tidak menjadi material tidak segar.
  11. Banyak belajar dalam mencampur aneka rasa buah agar menghasilkan varian juice baru yang semakin menarik.
  12. Cermat mengelola keuangan usaha, karena tidak ada usaha yang membesar dengan baik tanpa pengelolaan keuangan dengan baik dan cermat.
Bisnis ini sangat berbasis pada pelayanan dan kepuasan pelanggan, karena jika pelanggan merasa aman dan nyaman dalam mengkonsumsi komoditi bisnis es juice atau softdrink yang di produksi, serta mendapatkan kepuasan akan rasa yang dihasilkan dari produk, maka sudah akan dipastikan membuat pelanggan akan selalu kembali untuk membeli es juice dan soft drink dari bisnis anda.