Mensiasati bisnis yang diawali dengan modal kecil

Rabu, 22 Agustus 2012

Walaupun menjadi hal yang utama atau primer, selain modal tentu ada satu hal lagi yang bisa menjadi strategi dan rasahia kita dalam berbisnis. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bisnis dibangun sudah tentu membutuhkan modal, apalagi bisnis yang dijalankan sudah memiliki badan usaha yang mewajibkan modal dicantumkan di dalam akte pendirian perusahaan.

Dalam hal ini, saat kita membangun sebuah bisnis dengan modal kecil, dan kondisi yang serpa pas-pasan membuat kita harus berpikir bagaimana membangun dan membesarkan bisnis dengan menjadikan permodalan bukanlah hal yang utama. Disini kita akan membahas hal-hal diluar permodalan yang memiliki kemampuan dan daya kembang bagi bisnis yang dijalankan.

ide usaha
Hal tersebut apa saja? Berikut bagian-bagian yang dapat dijadikan kekuatan selain permodalan dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis, yaitu :

Rajin
Saat terkendala dengan permodalan maka kebiasaan rajin sudah tentu menjadi akternatif yang utama dalam menggerakan roda bisnis agar dapat berjalan sesuai harapan. Tanpa modal sudah tentu akan menjadi hal sulit jika harus mengadakan pegawai dengan beban biaya gaji bulanannya. Maka sebagai gantinya menjadi usahawan yang rajin dalam mengerjakan dan menyelesaikan segala urusan bisnis dengan kemampuan dan pengetahuan sendiri.

Tekun
Jangan pernah bosan dalam membesarkan bisnis yang dibangun walau dalam kondisi apapun, ini adalah kesempatan untuk menjadi usahawan dan memiliki bisnis sendiri. Tanamkan sifat tekun dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis. Tanpa modal yang cukup sudah tentu bisnis akan berjalan lambat, namun percayalah dengan ketekunan dalam bekerja membuat rintangan ini dapat diatasi.

Pandai
Tanpa modal sudah dapat dipastikan bisnis akan mewajibkan kita untuk menjadi pandai, hal ini dapat diperoleh baik melalui literatur pembelajaran maupun pengalaman dalam menjalankan bisnis yang dikelola. Tanpa kepandaian dapat dipastikan sebuah bisnis dengan modal kecil akan jalan ditempat.

Pantang menyerah
Bersinergi dengan poin rajin dan tekun, maka menanamkan kebiasaan pantang menyerah menjadi wajib dalam setiap menghadapi persoalan bisnis yang muncul kepermukaan. Menyerah artinya selesai, maka untuk sukses dengan modal kecil perlu mengembangkan sikap pantang menyerah.

Selalu Berusaha.
Sifat pantang menyerah akan menimbulkan semangat dan keinginan untuk selalu berusaha dan keinginan menyelesaikan pekerjaan hingga tuntas dan sesegera mungkin. Percayalah, akan selalu ada jalan keluar disetiap permasalahan yang timbul mebuat usahawan cekatan, kreatif, dan inovatif dalam mensiasati kesulitan dengan selalu berusaha untuk bisa.

Ingat, bahwa tidak ada masalah yang tidak dapat diselesaikan jika kita selalu berusaha menyelesaikannya, Masalah yang tidak diselesaikan akan membuat masalah tersebut akan menyelesaikannya sendiri dengan cara-cara yang sangat tidak terduga dan tidak menyenangkan.

Dengan beberapa kiat alternatif selain modal diatas, dapat membawa kita membangun bisnis dengan baik, yang perlu diketahui bisnis yang dibangun dengan kreatifitas akan memberikan keuntungan yang besar dari pada hanya dengan mengandalkan modal semata.