Membuka Kios koran dan majalah sebagai solusi usaha

Sabtu, 01 September 2012

Usaha yang mencakup target pasar yang luas dan menyentuh segala usia menjadikan usaha membuka kios koran dan majalah sebagai solusi untuk bisnis dengan perputaran yang cepat dan tidak membosankan. Jenis usaha ini merupakan bisnis tahan banting dan menjadi kebutuhan sehari-hari baik anak, remaja, dewasa, dan orang tua.

Kodrat manusia yang merupakan makhluk sosial dan selalu merasa haus akan segala macam informasi dalam mengikuti perkembangan menjadikan, hal ini bisa dicermati sebagai peluang usaha untuk membuka kios majalah atau koran. Usaha tersebut memang terbilang mudah dikelola, modalnya pun tak harus terlalu besar. Hanya menyiapkan dana sekitar Rp3 juta sampai dengan Rp5 juta, bisnis kios majalah dan koran diperkirakan sudah bisa beroperasi dan siap untuk menuai laba berupa keuntungan demi keuntungan.

usaha kios koran
Target pasar untuk bisnis kios majalah dan koran ini bisa terbilang sangatlah luas. hampir semua segmen, mulai dari majalah anak-anak, remaja hingga orang dewasa bisa dibidik. Kebutuhan akan informasi dan memeroleh berita atau kabar terkini yang sesuai dengan usia, pekerjaan atau kepentingan lain adalah beberapa alasan mengapa bisnis ini akan berkembang dan mempunyai potensi yang menjanjikan. Dan bila pengelolaan dan usahawannya mampu memanage dan menjalankannya dengan baik dan benar, bisnis ini pun dapat berkembang serta menjanjikan dan bukannya tak mungkin berubah menjadi agen besar yang mampu menguasai pasar dari suatu daerah.

Meski terlihat simpel, bisnis ini tetap membutuhkan perencanaan yang matang seperti :
  1. Selain menyiapkan modal, bisnis ini juga takkan bisa berjalan bila tak ada agen koran dan majalah yang akan menyetok kebutuhan produk jualan bagi kios dalam hal ini adalah surat kabar, majalah dan tabloid. Jangan terburu-buru memilih agen yang tepat. Survei dahulu harga dan kompensasi yang mereka berikan bila Anda menggunakan jasanya.
  2. Lokasi turut memengaruhi omzet bisnis kios majalah dan koran. Semakin strategis lokasinya, semakin besar pula omzet yang bisa dikeruk. Strategis disini berarti berada sedekat mungkin dengan konsumen semisal di daerah perkantoran, pusat perbelanjaan, pinggir jalan atau perumahan.
Sebagaimana jenis usaha lain, bisnis kios majalah dan koran juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya antara lain :
  • Resiko bisnisnya tergolong kecil karena bila dagangan Anda itu tak laku terjual maka masih bisa dikembalikan ke agen.
  • Tak memerlukan keahlian khusus. Yang dibutuhkan hanya kejelian dalam menyediakan majalah, koran atau tabloid yang sekiranya disukai konsumen.
  • Modal dan tenaga kerja yang dibutuhkan tak besar. Kalaupun kios berkembang menjadi besar, tenaga kerja yang diperlukan takkan lebih dari satu atau dua orang untuk bergantian bekerja dengan sistem bergantian (shift).
Sementara yang menjadi kendala diantaranya adalah :
  • Persaingan dalam bisnis ini sangat ketat karena bukan termasuk bisnis baru jadi entrepreneur yang telah berkecimpung dalam dunia ini juga banyak jumlahnya.
  • Dikota-kota besar, bisnis jenis ini sudah pasti harus melalui persaingan yang sengit dan melelahkan, namun untuk daerah pinggiran sudah tentu persaingan menjadi lebih longgar. Namun persaingan yang sengit selalu diikuti dengan pasar yang berlimpah dan prospek mengantungi keuntungan yang besar.
Metode pemasaran dapat diterapkan sistem berlangganan oleh agen membuat konsumen malas untuk mencari majalah, koran ataupun tabloid yang dibutuhkannya di kios-kios kecil. Jika tak pandai memanfaatkan peluang dan menciptakan strategi pemasaran baru, Anda bisa tenggelam dalam arus persaingan yang sangat kompetitif.

Walau demikian tidak sedikit kisah mereka orang yang berhasil sukses dengan bisnis besarnya, dan semua itu diawali dengan menjalani usaha dibidang loper dan kios koran serta majalah.