Peluang usaha Jasa duplikat kunci cerah masih minim persaingan

Senin, 10 September 2012

Jasa pembuatan duplikat kunci seringkali masih dianggap bisnis kecil dan pinggiran, hal inilah yang membuat pelaku bisnis ini kerap datang dan pergi, serta muncul dn tenggelam. Khususnya di Kota Balikpapan cukup sulit untuk menemukan jasa pembuatan duplikat kunci dan usahawan yang menawarkan bisnisnya.

Melihat hal ini, maka ide bisnis duplikat kunci menjadi sangat prospek untuk digeluti sebagai peluang bisnis mandiri bagi pemula atau usahawan yang ingin melebarkan sayap bisnisnya kebidang ini. Bisnis yang dapat dibangun dengan mudah dan modal memulainya cukup kecil dan terjangkau, serta tersedianya tempat-tempat mempelajarinya yang menawarkan jasanya secara online.

usaha kunci duplikat
Pernahkah memiliki keinginan menambah anak kunci karena kebutuhan, kehilangan, rusak, dan berbagai alasan lainnya? Sepertinya hampir setiap orang pernah mengalami kasus-kasus seperti ini. Kehilangan kunci bisa terjadi karena lupa ditaruh dimana, jatuh dijalan, ketinggalan di suatu tempat, dicuri atau yang lainnya. Banyaknya kasus kehilangan kunci tentu membuat pemilik kunci harus lebih berhati – hati. Salah satu alternatif antisipasi kehilangan kunci adalah membuat duplikatnya.

Dengan adanya duplikat kunci akan membuat pemilik tenang apabila salah satu kunci baik rumah, kendaraan, atau lainnya terselip bahkan hilang. Banyak jenis kunci yang biasanya di buat duplikatnya. Mulai dari kunci gembok, kunci motor, hingga kunci rumah.

Keunggulan Peluang Usaha Ini

Dilihat dari banyaknya jenis kunci yang bisa diduplikat dan kasus banyaknya orang yang kehilangan kunci membuat usaha duplikat kunci pantas untuk dilirik sebagai peluang usaha alternatif. Cara membuatnya juga tidak terlalu sulit seperti dulu. Beberapa tahun yang lalu membuat duplikat kunci adalah dengan dikikir secara manual. Saat ini, dengan kemajuan teknologi, membuat kunci bisa dengan mesin. Artinya, membuat duplikat kunci tidak perlu keahlian khusus. Waktu pembuatan pun tergolong singkat, tidak sampai 5 menit kunci duplikat sudah jadi.

  • Peluang pasar terbuka luas, dengan berbagai kalangan dari sisi ekonomi apapun membutuhkan jasa bisnis ini.
  • Permodalan tidak terlalu besar, dengan satu mesin duplikat kunci dan dilengkapi peralatan workshop kecil yang terbatas dan dapat dicicil kelengkapannya.
  • Tidak harus dilokasi strategis, bisa diawali dengan berkeliling atau standby disisi jalan umum dengan kendaraan sepeda motor. Jika sudah bermodal cukup bisa mendapatkan lokasi usaha dengan ukuran tidak harus besar.
  • Mengingat banyaknya peralatan yang dilengkapi dengan kunci membuat pasar bisnis ini berkembang dengan banyaknya kebutuhan akan jasa yang diberikan.
  • Pemasaran bisa diawali dengan langsung berkeliling dan standby dikeramaian dengan sepeda motor, sembari menempelkan brosur usaha di tempat startegis, dan warung-warung yang bersedia.
  • Bisa dikelola seorang diri, walaupun pekerjaan menjadi lebih banyak karena pesanan, tetap tidak membutuhkan pegawai yang banyak.
Yang mempengaruhi kemajuan bisnis ini antara lain :
  • Komitmen dan janji penyelesaian pesanan sesuai dengan waktu yang di harapkan atau dijanjikan.
  • Kualitas hasil kerja, dimana presisi kunci dapat berfungsi dengan baik mengurangi keluhan dan membuat kepercayaan semakin meningkat.
  • Keahlian yang mendukung serta fasilitas produksi yang tersedia mampu melayani pesanan beraneka ragam jenis kunci dapat diproduksi dan diduplikasi.
  • Harga yang bersaing dan dapat diterima oleh pasar perlu dipantau dan disesuaikan.