Buku bekas sebagai peluang usaha dan tips bisnisnya

Senin, 22 Oktober 2012

Semakin membaiknya tingkat pendidikan dan semakin gencarnya upaya pemerintah untuk  menghapus dan mengurangi buta aksara membuat meningkatnya pula minat baca pada masyarakat. Kebutuhan akan buku semakin membaik setiap tahunnya, dan pemenuhan akan informasipun semakin meningkat dengan meningkatnya tingkat kepandaian pada masyarakat. Salah satu sumber informasi dan pengetahuan yang dianggap masih bisa menjadi andalan dengan biaya yang rendah adalah melalui buku.

Dengan semangat yang dibangun serta kebutuhan informasi dari buku, membuat peluang usaha dalam bisnis buku sangat terbuka luas, hingga pelaku bisnis buku bekas yang menjajakan buku dengan harga jauh lebih murah dan terjangkau bagi kalangan ekonomi menengah kebawah. Hal ini membuat usahawan yang bergerak dibidang jual beli buku bekas baik dengan membuka gerai maupun yang menjalankan bisnis buku bekasnya secara online tumbuh subur menangkap peluang yang terbuka lebar.

gerai buku bekas
Bisnis toko buku bekas ini memiliki prospek yang cukup bagus bahkan dampai dengan enggiurkan, karena semakin langka buku bekas yang dijual. Maka semakin tinggi pula harga jual buku bekas tersebut, bahkan harganya pun bisa melebihi harga buku baru saat ini. Bukan itu saja keuntungan dari bisnis buku bekas, buku – buku yang tidak langka pun juga banyak diburu para konsumen yang mencari buku dengan harga murah. Oleh sebab itu kita tidak perlu khawatir lagi dengan sebagian kecil masyarakat yang memberikan pandangan negatif untuk buku bekas, karena masih banyak masyarakat yang memburu buku bekas karena muatan informasi yang memang sangat dibutuhkan.

Selain membutuhkan komitmen dan upaya keras, bisnis buku bekas ini cukup membutuhkan stamina. karena saat ini untuk mendapatkan buku bekas yang masih berkualitas bukanlah hal yang mudah. Walaupun terkadang keberuntungan datang karena kedatangan orang yang ingin menjual buku-buku bekasnya yang diantaranya memiliki kualitas. Walaupun demikian semangat untuk memiliki bisnis sendiri dengan memiliki gerai buku bekas bisa di wujudkan dengan beberapa tips dan kiat dari coffee break, diantanya sebagai berikut.
  • Siapkan modal awal bisnis terlebih dahulu, karena jumlah modal usaha yang tersedia akan mempengaruhi konsep toko buku bekas yang akan didirikan. Jika modal awal terbatas, toko buku bekas bisa dibuka dengan memanfaatkan kios di pinggir jalan yang biasa disewakan dengan harga yang relatif lebih murah. Ruangan ukuran 4 x 5 meter, sudah cukup untuk membuka bisnis ini.
  • Kemudian tentukan buku apa saja yang akan menjadi target dan di pasarkan. Misalnya menjual buku – buku sastra saja, buku pelajaran saja, buku hiburan seperti komik dan novel, atau membuku toko buku bekas dengan berbagai macam kategori buku. Untuk menentukan target pasar, usahawan dapat memilih satu kategori buku saja yang dipasarkan sehingga pasar yang ditargetkan menjadi lebih spesifik. Namun jika ingin memperluas target pasar, dapat membuka toko buku bekas dengan semua kategori. Sehingga para konsumen mengetahui kategori buku bekas yang ditawarkan gerai usahawan, dan mengunjungi gerai toko buku tersebut menjadi pilihan yang tepat
  • Untuk mengisi toko buku bekas, hampir pasti tidak bisa mencari stok buku dari para penerbit seperti pelaku bisnis buku baru. Untuk itu usahawan jika harus mencari langsung buku bekas dari beberapa pasar buku loak yang ada di beberapa kota terdekat, atau ke pengumpul buku-buku bekas dengan jalan door to door. Bisa juga beriklan dengan menerima penjualan buku bekas dari masyarakat.
  • Saat ketiga syarat diatas terpenuhi antara lain sudah dapat lokasi dan stok buku bekasnya, langkah selanjutnya adalah menentukan strategi promosi yang tepat untuk memasarkan buku yang ada digerai usahawan. Baik sarana promosi berupa reklame gerai maupu beriklan dimedia yang murah dan terjangkau. Jika usahawan memiliki pengetahuan internet dan menguasai pengetahuan membuat website, maka tidak ada salahnya membuka gerai secara online sebagai sarana penjualan dan promosi.
  • Selalu berupaya melengkapi dan meningkatkan koleksi buku bekas yang bisa ditawarkan, buku bekas yang banyak dicari konsumen biasanya komik, novel, buku sastra lama, majalah – majalah dari luar negeri, serta buku – buku pelajaran. Usahakan pula mencari buku – buku bekas yang langka, tapi banyak dicari konsumen. Karena semakin langka sebuah buku, akan semakin mahal harga jualnya.
  • Bijaksana mengelola keuangan dan cashflow yang selalu wajib tersedia, karena kesuksesan usaha ditentukan oleh bijaksananya usahawan dalam mengelola keuangan gerai usahanya. Tersedianya stok uang tunai dalam  cashflow akan membuat usahawan lebih mudah menambah koleksinya saat datang mereka yang ingin menjual buku bekasnya pada gerai.
Mengambil untung dari toko buku bekas, akan tetap menjadi prospek cerah bagi para pelaku usahanya. Karena semakin mahal harga buku baru, maka peluang bisnis buku bekas pun menjadi alternatif pilihan bagi para konsumen yang membutuhkan buku dengan harga murah. Dengan mempertahankan harga murah, bisnis buku bekas akan selalu dicari para konsumen dan otomatis hal ini membuat pelaku bisnis buku bekas akan tetap hidup dan ada.