Ibu rumah tangga juga bisa sukses mengelola bisnis

Senin, 22 Oktober 2012

Tidak sedikit seorang wanita yang sudah berstatus ibu rumah tangga, pada saat sebelum menikah merupakan wanita karir yang dapat memiliki penghasilan sendiri dan lebih menjadi produktif. Namun setelah berstatus sebagai ibu rumah tangga, semua penghasilan tersebut berubah dari produktif menjadi pasif dengan hanya dari apa yang diberikan oleh sang suami untuk kebutuhan rumah tangga. Belum lagi masalah waktu, selain harus mengurus rumah dan anak-anak yang memang banyak menguras waktu dan tenaganya.

Dengan hanya memiliki penghasilan dari nafkah yang diberikan oleh suami, berbanding dengan kebutuhan kehidupan rumah tangga yang kerap diiringi peningkatan harga-harga kebutuhan hidup sering membuat ibu rumah tangga kesulitan mengatur keungan keluarga. Terlebih lagi jika nilai yang diatur kerap pas-pasan dan tidak jarang mengalami kekurangan. Melihat keadaan ini tidaklah salah jika ibu rumah tangga dapat kembali produktif dengan cara bekerja dirumah dan mengelola bisnisnya sendiri.

bisnis ibu rumah tangga
Sebelum membangun bisnis sendiri bagi ibu-ibu rumah hendaknya diawali dengan jujur kepada suami, kalau perlu dapat dirembukan bersama bisnis apa sekiranya yang akan dibangun, sehingga tidak jarang suami malah bersedia meluangkan sedikit waktu untuk bekerja membantu bisnis isterinya dan bahkan memberikan permodalan yang dibutuhkan untuk mengawali berdirinya bisnis tersebut.

Untuk berbisnis, bukanlah produk yang menjadi hal yang utamanya. Yang sangat penting adalah membangun jiwa dan menggali pengetahuan sebagai entrepreneur serta berbagai pengetahuan managemen guna mengelola operasional dan memanage segala kegiatan yang dibutuhkan dalam rangka membesarkan bisnis ibu rumah tangga dengan cara yang tidak mengganggu kewajibannya sebagai pengelola kehidupan keluarga dan rumah tangga.

Jika Ibu-ibu rumah tangga ingin memiliki dan membangun bisnis yang sangat sesuai dengan status sebagai ibu rumah tangga, coffee break memberikan beberapa referensi yang dapat digunakan dan menjadi pilihan guna membangun karir sebagai entrepreneur sukses, antara lain sebagai berikut :

Usaha kue dan menerima pesanan.
Sesuai dengan keterampilan yang umum disukai kaum wanita, hobi memasak dan membuat kue bisa dijadikan peluang usaha yang bagus. Membuat kue dengan kreatifitas dan inovasi dalam menyajikannya tentu memberikan nilai tersendiri yang bisa membesarkan bisnis dengan cepat. Hasil produksi bisa dipasarkan dengan cara menjual sendiri kepada tetangga dan keluarga, menitipkan kepada pedagang kue disekitar rumah atau pasar terdekat, hingga menerima pesanan kue dari konsumen.

Usaha Toko Kelontong.
 Jika anda memiliki area perumahan yang strategis. Memungkinkan banyak orang untuk berlalu lalang di depan rumah anda. Ide untuk membuka toko kelontong adalah cukup menggiurkan. Modal yang dikeluarkan tidak perlu besar-besar, mulai dari yang kecil terlebih dahulu. Contohnya dengan menjual kebutuhan sehari-hari yang biasa dipakai oleh banyak orang seperti,  sabun, samphoo, indomie, minyak, dll. Yang terpenting adalah usahakan pengelolaan pembukuannya jelas, antara pendapatan, untung, dan modal harus benar-benar dipisahkan.

Usaha jasa menjahit dan membuat pakaian.
Membuka Usaha Jahitan, sebagai salah satu hobi kaum wanita, tentu saja hobi ini bisa menjadi ladang usaha yang sangat bagus. Usaha ini bisa dimulai dari menerima jasa perbaikan atau menjahit baju yang sobek, memasang atribut pada baju, menerima jahitan baju dengan contoh pola, hingga membangun usaha jahitan yang memproduksi pakaian dengan desain sendiri. Jenis bisnis menjahit ini jika dikelola dengan baik bisa membesar menjadi butik hingga garmen.

Usaha bimbingan belajar.
Membuka usaha bimbingan belajar, memungkinkan jika sebelum menikah memiliki karir sebagai guru, baik disekolahan maupun ditempat kursus. Bisnis ini tentu saja diwajibkan memiliki skill yang cukup, apa lagi harus mengajar pada tingkatan anak-anak. Bisnis ini bisa diawali dengan menawarkannya kepada para tetangga terdekat baik secara privat maupun kelas.

Gerai Butik Muslimah
Jika memiliki permodalan yang cukup, atau sebelumnya sudah memiliki usaha jahit menjahit maka gerai butik muslimah bisa dijadikan alternatif membangun sebuah usaha ibu rumah tangga atau dalam ranngka melebarkan bisnis jahit menjahit yang sudah dujalankan. Peluang bisnis ini juga sangat mumpuni karena besarnya populasi umat muslim di Indonesia, tren fashion yang banyak peminat dan berkembang pesatnya produsen yang membutuhkan resseler didaerah-daerah tertentu.

Menjadi Penulis.
Berkarir sebagai penulis bisa menjadi referensi Jika seorang ibu rumah tangga memiliki hobi menulis, pekerjaan ini juga dapat dijadikan sebagai peluang usaha. Kegiatan menulis dapat dilakukan dimana saja tanpa harus meninggalkan rumah. Ibu rumah tangga cukup bermodal dengan memiliki komputer atau laptop dan koneksi internet. Seorang ibu rumah tangga sudah bisa melakoni pekerjaan ini. Jenis pekerjaan yang diambil antara lain menjadi kontributor lepas di sebuah majalah, Koran, atau media online, Menulis bagi para blogger yang membutuhkan jasa pembuatan artikel, sampai dengan membuat bisnis online dengan blog sendiri seperti affiliate dan adsense.

Menjadi Penterjemah.
Jika dulu seorang ibu rumah tangga sebelumnya pernah kuliah mengambil jurusan bahasa asing. Pekerjaan sebagai seorang translator atau penterjemah dapat diandalkan menjadi peluang usaha di rumah. Sebagai penterjemah ibu rumah tangga dapat bekerjasama dengan penerbit atau perusahaan yang ingin menterjemahkan buku-buku asing  ke bahasa Indonesia atau justru sebaliknya, bisa juga menjadi penterjemah lepas bagi mereka yang ingin membuat surat-surat bisnis dan lain sebagainya.

Produktif kembali dengan penghasilan yang bisa diandalkan dalam membantu seorang ibu rumah tangga dalam menghidupi keluarga selain dari hasil kerja keras sang suami sudah tentu bisa menjadi kebanggaan tersendiri. Sudah jelas sukses juga bisa menjadi milik ibu rumah tangga, namun pastikan dalam hati, bahwa keberkahan dari hasil pekerjaan seberapapun besarnya jika membawa pada kebaikan, harmonisasi, dan kebahagian bagi rumah tangga dan keluarga sebagai hal yang utama.