Peluang usaha tambal ban bermodal kecil cepat beroperasi

Kamis, 25 Oktober 2012

Kendaraan yang jumlahnya tidak sedikit dan terus menerus mengalami penambahan jumlah dari hari kehari hingga tahun ketahun khususnya di kota-kota besar. Terus naiknya jumlah volume kendaraan ini memang sejalan dengan peningkatan penghasilan, mudahnya fasilitas kredit kendaraan, dan jarak tempat kerja yang jauh.

Tingginya jumlah volume kendaraan yang terus meningkat menjadikan tumuh subur dan membaiknya beberapa bisnis ukm yang khususnya bergerak di idang perbengkelan dan aksesories kendaraan bermotor. Salah satu peluang usaha yang mendapatkan rejeki dari keadaan ini adalah usaha bengkel tambal ban kendaraan, walaupun jenis usaha ini tergolong usaha kecil, namun dapat di lakukan dengan modal kecil, tanpa keahlian khusus, mudah dilaksanakan, dan berpenghasilan dengan cash flow harian.

usaha tambal ban
Jelasnya peluang usaha ini bisa diwujudkan hanya dengan kemauan, kerja keras, modal kecil, dan pembelajaran yang singkat. setup tempat usaha cukup singkat hanya 1 hari bisnis sudah bisa beroperasi dan mulai menghasilkan pendapatan. Ada beragam kemudahan dalam mendirikan bisnis ini yang membawa keuntungan bagi pengusaha tambal ban, yakni :
  • Dapat didirikan dengan lokasi bisnis bisa dimana saja asalkan berada di pinggir jalan yang sering dilalui kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat. Jenis usaha seperti ini pun cocok dijadikan bisnis perseorangan.
  • Investasi modal untuk peralatan tidak terlalu besar, bahkan umumnya di katakan kecil
  • Bisa dikelola perorangan dan perkembangannya tidak dikelola banyak orang.
  • Pemasukan keuangan didapatkan secara harian
  • Saat buka sampai malam bisa menerapkan tarif yang lebih tinggi.
Bisnis tambal ban juga mempunyai prospek cerah karena:
  • Bisa dikembangkan menjadi bengkel, minimal berskala kecil hingga besar, bila si pengelola mempunyai wawasan luas serta keahlian mengenal seluk beluk mesin kendaraan bermotor.
  • Bisnis tambal ban tidak hanya melayani yang konvensional. Berbagai jenis ban baik tambal tubles, ban dalam, sampai dengan penyedian tambal ban otomatis.
  • Bisnis ini termasuk tak lekang waktu sepanjang jumlah kendaraan bermotor terus mengalami peningkatan.
  • Bergantung pada sesuatu hal diluar kendali seseorang yaitu ban bocor. Meski ingin sekali dihindari namun ban bocor bisa terjadi kapan dan dimana saja. Maka itu, jasa tambal ban akan selalu dibutuhkan oleh semua orang.
Yang layak dijadikan perhatikan dari usaha ini adalah :
  • Persaingan yang sangat ketat terutama bila usaha tersebut berlokasikan di pinggir jalan raya yang tergolong padat kendaraan. Karena dalam satu ruas jalan umumnya berdiri beberapa usaha tambal ban.
  • Kejujuran sangat dituntut dari usaha jenis ini. Jangan melakukan tindakan tidak terpuji misalkan dengan menebar paku atau benda kecil tajam lain hanya untuk meningkatkan penghasilan.
  • Jika memungkinkan berikanlah garansi hasil kerja, seperti 1 hari atau 1 x 24 jam garansi jika terjadi kebocoran pada titik yang sama.