Tips Mengembangkan dan memperluas jaringan bisnis bagi usahawan

Senin, 29 Oktober 2012

Jaringan bisnis yang luas sudah tentu menjadi impian setiap usahawan yang berjuang dan selalu berusaha membesarkan bisnisnya. Salah satu faktor keberhasilan sebuah bisnis dikembangkan dapat dilihat dari semakin meluasnya jaringan dan pelayanan yang dapat di handel. Semakin meluasnya jaringan bisnis sudah tentu akan berkesempatan menjual produk lebih banyak lagi dan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Keberhasilan membesarkan dan memperluas jaringan bisnis tidak dapat diharapkan terjadi begitu saja secara otomatis, untuk dapat menuju kearah perluasan dibutuhkan kerja keras dan ekstra energy, sistem administrasi yang lebih baik, modal kerja yang mumpuni, sumber daya manusia yang berkualitas termasuk mental usahawannya, serta kualitas produk yang bisa diandalkan.

memperluas jaringan bisnis
Lalu, bagaimana sebenarnya caranya memperluas jaringan bisnis itu? sulitkah? dan apakah ada kiat yang bisa menjadi pegangan untuk memperluas jaringan bisnis yang bisa digunakan menjadi panduan.

Untuk membantu rekan-rekan usahawan yang sedang bingung mencari peluang baru untuk memperluas jaringan bisnis atau berniat melebarkan sayap cakupan bisnis yang sudah dijalankan, berikut ini coffee break informasikan beberapa cara jitu memperluas jaringan bisnis yang dapat dijadikan kiat atau tips membangun bisnis rekan usahawan.
  • Perbaiki penampilan dan kepribadian rekan usahawan, memperluas jaringan itu dibutuhkan pergaulan, memiliki banyak teman dan lues dalam bergaul akan lebih memudahkan rekan usahawan dalam menambah jaringan bisnis. Masalah ini tentu berkenaan apakah kita bisa diterima oleh orang lain, dalam hal bisnis awalnya orang lain umumnya melihat dari penampilan dan kepribadian. Penamplan rapi, sopan, dan ramah, apalagi memiliki wawasan yang cukup tentu membuat seseorang dapat lebih diterima dengan mudah.
  • mulailah dengan mengumpulkan teman dan memperbanyak kenalan, mengumpulkan teman dan memperbanyak kenalan sungguh merupakan kegiatan yang menyenangkan, apalagi bisa diterima dengan baik hingga menjadi persahabatan. Banyak pengusaha yang berhasil dan sukses membangun jaringan bisnis cukup kuat, berawal dari kegiatan mengumpulkan teman baik lama dan baru, seringkali terjadi sebuah perkenalan yang berujung menjadi rekan bisnis yang solid. Dari teman informasi yang berguna dan dapat dipercaya begitu mudah mengalir, karena itu jangan sungkan untuk memperbanyak kenalan, dan melihat peluang usaha dalam rangka membuka  jaringan baru untuk mengembangkan bisnis yang sedang dijalankan.
  • Miliki kelengkapan bisnis yang memudahkan orang lain mengingat dan mencari rekan usahawan saat dibutuhkan. Salah satu alat kelengkapan bisnis umumnya keberadaan kartu nama yang menjadi senjata utama Anda dalam memperluas jaringan bisnis. Ketika Anda bertemu dengan alat yang cukup dapat diandalkan, jangan pernah lupa memberikan kartu nama kepada mereka. Meskipun ini termasuk tindakan kecil, namun dampak yang diperoleh sangatlah besar. Karena kartu nama menjadi salah satu identitas yang akan memudahkan orang-orang untuk dapat terhubung dengan rekan usahawan. Salah satu alat online yang menjadi kelengkapan bisnis dalam rangka upaya perluasan bisa saja membangun dan memiliki blog bisnis, halaman social media, dan lain sebagainya yang berguna untuk membuka akses rekan usahawan kepada orang lain atau target dan sebaliknya.
  • Sediakan waktu untuk ikut di komunitas atau forum didaerah bisnis usahawan, dan target daerah yang dinginkan. Dengan cara ini sering cukup efektif untuk membantu rekan usahawan membangun jaringan bisnis baru, informasi dan kesamaan kepentingan anggota didalamnya sangat kaya untuk digali bagi perkembangan bisnis rekan usahawan.
  • Memaksimalkan kegiatan promosi yang tersedia, seperti ikut ambil bagian dalam pameran UKM yang sering diadakan, mensponsori kegiatan yang relevan untuk bisnis rekan usahawan, serta kegiatan lainnya yang bisa memberikan manfaat promosi.
  • Setup dalam rangka memperbaiki kinerja, pelayanan, dan kualitas produk dalam rangka mendorong terciptanya semakin banyak konsumen yang loyal dengan bisnis rekan usahawan. Konsumen yang memiliki loyalitas jika semakin banyak tercipta dari hari kehari akan memberikan efek yang kuat dalam mendukung perluasan bisnis rekan usahawan. Hubungan yang baik menciptakan rasa aman dan saling percaya, Sudah umum referensi yang diberikan oleh konsumen loyal kepada calon konsumen baru merupakan keuntungan bagi bisnis rekan usahawan. Tidak jarang konsumen loyal sampai menjadi mitra usaha dari sebiah bisnis diluar kota atau daerah tertentu. Jadi konsisten dalam setup untuk memperbaiki sistem menjadi salah satu indikator penting.
Dari banyak cara yang tersedia dan dapat dilakukan untuk membangun dan memperluas jaringan bisnis dari rekan usahawan, beberapa tips dan kiat diatas bisa dilakukan sebagai awal dalam membangun jaringan bisnis yang lebih luas. Pada perjalanan waktu sudah tentu akan lebih banyak kejadian yang akan menantang rekan usahawan, dan dibutuhkan mental serta pola pikir kreatif dan positif dalam merespon setiap kejadian yang ada, namun jangan lupa bahwa tujuan rekan usahawan adalah mengembangkan serta memperluas jaringan bisnis dalam mengambil kebijakan secara rasional.