Air keluar bersama rejeki peluang usaha pembuatan sumur bor

Rabu, 14 November 2012

Kekeringan, sulitnya mendapatkan air bersih, sambungan PDAM tidak ada, dan berbagai permasalahan lainnya pada perumahan tempat tinggal masyarakat yang pastinya sangat membutuhkan air. Walaupun kita bisa membeli air melalui pesanan diperusahaan penyedia air bersih, secara fakta harga air menjadi sangat tinggi. Karena dikenakan biaya transportasi untuk pengantaran dengan mobil tangki. Itupun membelinya minimal dengan kuota satu tangki baru bisa dilayani.

Masyarakat modern pada dasarnya tidak ingin sulit untuk memperoleh sesuatu, namun juga pandai berhitung dalam jangka panjang. Dalam hal biaya pengadaanya dihitung  sebaik mungkin dan akan dipilih mana yang murah dan menguntungkan. Sejalan dengan kebutuhan air bersih, maka jasa pembuatan sumur bor untuk rumah tangga menjadi pilihan sebagian warga masyarakat.

air sumur bor
Peluang usaha pembuatan sumur bor ini sangat prospek di kota-kota yang sedang banyak dibangun perumahan-perumahan bagi warga masyarakat, namun memiliki kendala dalam penyambungan air jika melalui PDAM. Baik karena belum ada sambung baru, belum ada pipa induk di daerah tersebut , namun ada juga yang sudah tersambung aliran PDAM, tetapi karena jarak yang jauh maka air  yang keluar sangat kecil, sehingga belum dapat mencover kebutuhan sehari-hari.

Untuk membuka usaha jasa pembuatan sumur bor, setidaknya wajib memiliki partner kerja 2 sampai dengan 3 orang. Baik berstatus karyawan maupun freelance. Namun jika usaha masih baru beroperasi sebaiknya gunakan tenaga freelance terlebih dahulu. Serta didukung oleh beberapa peralatan penting yang lazim digunakan untuk membuat sumur bor. Baik peralatan manual maupun mekanikal.

Peralatan umum yang digunakan untuk pembuatan sumur bor yang wajib tersedia untuk menjalankan bisnis jasa pembuatan sumur bor diantaranya adalah.
  • Mata Bor sebuah pipa dengan diameter 3 inchi atau 4 inchi panjangnya sekitar 2 m ujungnya pipa kecil ukuran sekitar 1 inchi sebagai penyambung pipa batangan.
  • Pipa batangan kisaran ukuran 1 inchi panjangnya 6 m digunakan sebagai batang penyambung mata bor disesuaikan dengan kedalaman sumur.
  • Pipa silang perempatan digunakan sebagai pegangan untuk memutar pipa yang dihubungkan dengan mata bor dan biasanya diatasnya diberi beban karung yang berisi tanah dengan bobot sekitar 20 Kg.
  • Kunci trimo hampir seperti kunci ingris digunakan untuk memegang pipa pada saat dilakukan penyambungan.
  • Sebuah mesin pompa yang digunakan untuk menyedot air.
Sedangkan jasa atau harga yang dibebankan kepada konsumen dalam membuat sumur bor terbagi dalam 2 sistem mengenakan tarif.
  • Biaya dikenakan per meter kedalaman, misalnya kita menentukan tarif Rp. 300.000,- permeter kedalaman. Maka saat mendapatkan air dikedalam 12 meter, sebagai tarif yang terhitung adalah Rp. 300.000,- x 12 meter = 3.600.000,-.
  • Biaya atau tarif dikenakan secara borongan, sistem ini merupakan tarif paket. Jadi berapapun kedalaman menggali, saat air ditemukan maka pengenaan tarif paket sesuai dengan kesepakatan pembicaraan awal.
jasa membuat sumur bor
Kesulitan dalam menjalankan usaha ini adalah sulitnya menemukan sumber air dalam sekali penggalian, sehingga memungkinkan kerugian terjadi jika harus menggali dalam beberapa titik. Sehingga wajib memahami teknik dasar menemukan sumber air dalam tanah secara sedehana.

Terlepas dari kesulitan yang berpotensi menimbulkan kerugian, menjadikan peluang usaha pembuatan sumur bor ini menjadi prospek untuk dijadikan bisnis. Ketekunan belajar dan mencari serta menemukan teknik-teknik mendapatkan sumber air dalam sekali kerja membuat bisnis semakin di percaya dan mampu mencetak keuntungan yang besar.

Jadi, lihat dan perhatikan lingkungan sekitaran kota rekan berdomisili, apakah banyak pembangunan perumahan baru, apakah air menjadi salah satu masalah utama penduduk kota? Jika jawabannya "ya", mengambil peluang usaha dengan membuka usaha jasa pembuatan sumur bor dapat dijadikan pilihan bisnis yang baik dan tepat.