Berkah peluang usaha pengolahan limbah cakram CD bekas

Minggu, 04 November 2012

Bagaimana tidak membawa berkah, jika pada umumnya media penyimpanan data berupa cakram compac disk atau sering disebut dengan CD ini adalah barang jenis sampah non organik yang banyak digunakan untuk menyimpan berbagai data baik surat elektronik, gambar maupun video. sebagai benda yang rawan rusak, patah, gores, dan banyak yang hanya digunakan untuk sekali pakai menjadikan limbah sampahnya semakin hari semakin banyak saja.

Tidak begitu juga pendapat dari seorang yang memiliki jiwa entrepreneur, melihat kondisi tersebut segera tergerak hatinya untuk memaksimalkan limbah CD tersebut menjadi kerajinan yang dapat menciptakan lapangan kerja dan penghasilan jika kreatif menggarapnya sebagai peluang usaha yang memiliki prospek besar dengan bahan baku yang tersedia cukup banyak, yang umumnya dijual Rp. 4.000,- / kg.

kerajinan cd bekasDitangan yang memiliki jiwa seni, limbah cakram CD bekas ini mampu di olah sebagai kerajinan tangan yang menghasilkan beberapa produk unik dan keren melalui susunan cd yang telah dibentuk dan direkatkan dengan cara yang teliti. Berbagai bentuk perhiasan yang berhasil dibuat melalui kerajinan limbah cd bekas tersebut antara lain seperti kav Lampu, kotak pensil, hiasan vas bunga, bingkai pigura photo, jam cd, sampai dengan hiasan huruf kaligrafi berhasil di bentuk dengan memanfaatkan bahan cd sebagai material dasarnya.

Yang lebih luar biasa lagi, ada pengrajin yang memang memiliki jiwa seni dan kreatifitas berhasil membuat limbah CD bekas tersebut menjadi berbagai miniatur hewan yang benar-benar unik dan sangat artstik menjadi pelengkap hiasan ruangan kamar tamu atau kamar pribadi. Berbagai bentuk hewan seperti, burung elang dan berbagai jenis burung, tikus, marmut, dan lainnya dapat dibentuk dengan merangkai potongan-potongan cd bekas. Hasilnyapun sangat bagus dan layak berharga ekonomis dan cukup mahal.

Memang apapun jika ditangan entrepreneur yang memiliki skill dalam industri kreativitas akan membawa keuntungan jika diolah dan dimanfaatkan dengan tepat guna, semakin mampu membentuk dan melahirkan hasil produksi dengan bentuk yang unik dengan tingkat kerumitan pembuatan yang tinggi akan semakin mengangkat harga jual dari produk yang dihasilkan. Bayangkan saja dari 2kg limbah cd bekas seharga Rp. 8.000,- ditambah perekat dan lainnya bisa menghasilkan produk dengan harga jual dikisaran Rp. 80.000,- hingga Rp. 2.000.000,- bukankah ini menjadi berkah yang besar.

kaligrafi cd bekasDalam hal strategi pemasaran umumnya di lakukan melalui penawaran kerja sama dengan pedangang cinderamata, pameran seni UMKM, dan galeri seni didaerah-daerah. Kunci suksesnya adalah semakin berhasil membuat produk-produk yang unik dan berkelas artistik untuk layak dijadikan pajangan pelengkap ruangan baik ruang tamu, ruang kerja, dan kamar pribadi membuat konsumen rela datang dan mencari pengrajin kreatif limbah CD bekas tersebut untuk memesan bentuk-bentuk unik yang diinginkannya.

Jika rekan-rekan entrepreneur tertarik untuk menjadikan peluang ini menjadu usaha sampingan bisa mulai mempelajari seni pengolahannya melalui beberapa referensi seperti kursus merangkai, seni memotong dan membentuk yang bisa dipelajari melalui buku-buku kerajinan lainnya. sebagai contoh seni melipat dan membentuk kertas, hanya saja media kertas diganti dengan media cakram CD bekas.