Drum bekas bersanding dengan peralatan mewah lewat ide usaha kreatif

Senin, 05 November 2012

Tidak ada rotan akarpun jadi, begitulah salah satu pepatah yang menjadi prinsip usahawan atau entrepreneur dalam menangkap peluang usaha yang memungkinkan untuk dikelola. Dari melihat ketersediaan bahan baku yang akan dijadikan material, pengolahan, hingga pangsa pasar yang ditargetkan menjadi perhatian serius guna mendulang keberhasilan dalam mengembangkan bisnisnya.

Salah satu peluang usaha yang bisa dikelola, jika didaerah rekan entrepreneur terdapat limbah drum besi yang berlimpah adalah industri kreatif pemanfaatan limbah drum bekas menjadi produk rumah tangga dan furniture. Dengan keahlian dalam memotong, menyambung, dan membentuk bagian-bagian dari limbah drum bekas, ditambah dengan paduan warna dan aksesories membuat penampilan produk semakin cantik dan mempesona.

industri limbah drum bekas
Untuk membangun bisnis dari peluang usaha pengolahan limbah drum bekas yang perlu menjadi perhatian mutlaknya adalah kepastian tersedianya bahan baku berupa drum bekas, dari pada mencarinya secara door to door, atau berharap pemungut limbah keliling, sudah tentu akan lebih baik dan menjamin produktivitas jika tersedia supplier dari perusahaan yang menjadikan drum bekas sebagai limbahnya.

Kekuatan dari bisnis ini jelas pada tingkat kreativitas dalam memproduksi dan mengolah drum bekas limbah menjadi perabotan yang bermanfaat serta unik dengan nilai seni yang tinggi. Walaupun umumnya para wirausahawan limbah drum bekas hanya mengolahnya menjadi bak sampah yang kuat dan tahan lama, namun dengan sentuhan keahlian kreatif yang lebih maka limbah drum bekas bisa di produksi menjadi perabotan berkualitas seni dan tinggi nilainya seperti kursi santai yang unik dan pantas bersanding dengan perabotan mahal seperti home theather. Seperti yang dilakukan Disc Tarra Balikpapan yang berlokasi di mall Fantasi, yang mana kursi santai bersanding berhadapan dengan televisi layar datar nan lebar buat pengunjung mencoba CD dan DVD yang dibelinya.

furniture limbah drum
Selain nilai artistiknya, sudah tentu nilai ekonomis yang tinggi akan membuat wirausahawan lebih dapat menekuni bisnis pengolahan industri limbah drum bekas ini dengan baik. Walaupun peluang usaha ini dalam engawalinya membutuhkan peralatan kerja yang cukup mahal seperti mesin potong blender, mesin gurinda potong dan penghalus, mesin amplas, mesin las, dan lain sebagainya. Serta memungkinkan dalam membangun kerjasama dengan pengrajin jok kursi yang berkualitas. Dipastikan peluang usaha industri pengolahan limbah drum bekas ini akan memiliki penggemar yang loyal karena keunikan produknya.

Untuk memulai membangun peluang usaha industri pengolahan limbah drum bekas ini, minimal seorang entepreneur mengenal seni design dengan baik, tujuannya agar dapat menciptakan produk-produk yang unik dan kreatif. Tetapi akan lebih baik lagi jika mampu mengoperasikan serta menggunakan peralatan teknik yang berfungsi untuk memotong, menyampung, dan menghaluskan. Sehingga proses produksi dari awal hingga akhir lebih dikuasai dan mudah dalam pengawasannya.