Hot and ice coffee menu utama di bisnis kedai kopi

Sabtu, 24 November 2012

Kalau sebelumnya kami sudah pernah memberikan informasi dalam sebuah posting yang berjudul "Mengamati kesuksesan di peluang bisnis kedai kopi" yang memberikan informasi tentang berbagai catatan penting dalam menjalankan peluang usaha di bisnis kedai kopi. Namun pada postingan ini kami lebih menitik beratkan pada peran menu di bisnis kedai kopi.

Dalam membangun bisnis kedai kopi, pada dasarnya akan sangat baik jika kedai memiliki banyak macam atau kaya akan  pilihan varian dari menu kopi yang di tawarkan sebagai menu. Namun diantara berbagai jenis varian yang ada tentu saja wajib tersedia menu kopi yang satu ini, sebagai menu yang bersifat universal dan paling banyak penggemarnya, yakni hot and ice coffee.

menu kedai kopi
Dipercaya sebagai menu yang paling banyak peminatnya, dan dalam hal membuatnya juga sangat mudah dan simpel, tentu akan menjadi kerugian besar jika menu utama ini tidak ada di dalam daftar menu dari bisnis kedai kopi yang di kelola. Menu Hot and ice coffee memang di percaya meupakan komoditi kedai kopi yang paling di cari, sehingga memberikan keunggulan bagi usahawan yang memperdagangkannya di kedai kopi miliknya. Mengapa?
  • Menu hot and ice coffee di percaya sebagai menu yang paling banyak di konsumsi dan diminati oleh masyarakat di tanah air kebanyakan. Sehingga berdiri sebagai omset potensial penggerak bisnis kedai kopi.
  • Bahan-bahan untuk membuatnya masih sangat mudah dan dapat dicari mulai dari yang bersifat produk grosiran maupun produk yang sudah bermerek.
Untuk menjalankan bisnis kedai kopi dengan menu hot and ice coffee, tentu saja dibutuhkan beberapa peralatan, diantaranya adalah coffee maker, blender, panci memasak, gelas dengan pernak-pernik dan variasi, cangkir atau mug, ice box untuk kopi dingin, stopless, tempat gula, gelas takar, baskon cuci, tempat sampah, dan lain sebagainya. Sdangkan dalam investasi peralatan yang cukup besar diluar sewa tempat adalah etalase kace dan beberapa set meja dan kursi jika si pelanggan ingin minum kopi di tempat.

Cara memulai bisnis kedai kopi dengan menu hot and ice coffee.
  • Sebelum merencanakan bisnis ini, yakinlah bahwa kita memang menyenangi berbagai jenis kopi agar dapat mengetahui daya tarik dan daya beli penikmat produk kopi.
  • Menginvestasikan modal untuk tempat pengolahan kopi, modal kerja, serta modal operasional harian.
  • Memaksimalkan bahan baku untuk menu sebagai ciri khas kedai kopi yang kita kelola, misalnya pemilihan pada penggunaan kopi intan atau memilih biji kop mentah. Jika instan sudah tentu kita cukup membelinya dari distributor. Sedangkan jika membeli kopi mentah, harus mencarinya ke petani. Selain itu kita harus melakukan sendiri proses pemanggangan kopi hingga menjadi kopi mateng (roasted bean).
  • Pilihlah tempat yang baik, jika memungkinkan di kawasan kuliner.
gerai kedai kopi
Strategi pemasaran dan promosi.
  • Mungkin bisa saja membuat konsep kedai kopi dengan one stop service, tidak hanya menjual segelas kopi panas atau dingin, melainkan bersantai dengan sajian musik, layar televisi kabel, di selingi dengan variasi makanan ringan seperti pastry atau snack. Jika memungkinkan lagi pada era kini dibutuhkan pemasangan jaringan hot spot untuk memanjakan konsumen.
  • Bisa juga di tambahkan dengan menjual kemasan kopi baik instan maupun biji kopi dengan beragam macam ukuran.
  • Membuat variasi minuman dengan nama unik, misalkan saja melekatkan nama-nama daerah asal kopi, jenis kopi, ataupun olahan kopi, baik yang di sajikan sebagai menu kopi panas maupun dingin. Tiap masing - masing nama kopi yang disajikan akan semakin menarik minat pengunjung secara otomotis akan menimbulkan keinginan rasa ingin mencoba.
  • Buat buku menu semenarik mungkin, beberapa poster, dan brosur yang menampilkan secara jelas berbagai macam bentuk menu kopi. Letakan dan sebarkan di beberapa titik lokasi berjualan, hingga membuat iklan berbayar baik kolom maupun baris di beberapa media lokal yang tersedia.