Manfaat seorang pegawai memiliki dan membangun bisnis sampingan

Rabu, 14 November 2012

Banyak alasan yang melatar belakangi seorang pegawai enggan untuk memiliki bisnis sampingan, diantaranya sudah sibuk dengan pekerjaan di kantor, penghasilan sudah lebih dari cukup, tidak ada waktu lagi yang tersisa, tidak memiliki pengetahuan berbisnis, dan sudah malas untuk belajar ini dan itu lagi. Walaupun pada kenyataannya cukup banyak juga seseorang yang berstatus pegawai memiliki usaha sampingan.

Tahukah, bahwa banyak manfaat yang bisa didapat saat seorang yang berstatus pegawai memiliki atau membuka usaha sebagai bisnis sampingan. Dalam hal ini jenis usaha apapun bentuknya, baik itu memproduksi dan menjual produk, memberikan layanan jasa, mengikuti bisnis MLM (Multi Level Marketing), maupun berbisnis online dengan sarana internet.

manfaat bisnis sampingan
Untuk dapat memiliki dan membuka usaha sampingan sebagai bisnis, seorang pegawai sudah tentu harus berkomitmen dengan dirinya, bahwa usaha yang dijalankan dapat dilakukan diluar jam kantor, tanpa melibatkan dan mengurangi waktu jam kerjanya di tempat kerja, serta berusaha untuk menggunakan fasilitas kantor untuk kepentingan usaha sampingannya. Namun hal tersebut juga tidak mengurangi kesungguhannya untuk dapat membesarkan usaha yang dijalankan walaupun hanya sebagai usaha sampingan.

Manfaat yang di dapat oleh seorang pegawai jika memiliki bisnis atau usaha sampingan diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Mendapatkan manfaat ekonomi dari bisnis sampingannya, walaupun saat masih menjadi pegawai ia tidak membutuhkan tambahan uang dari usahanya. Keuntungan bisnis sampingan bisa di investasikan kembali ke dalam bisnis sampingannya dalam rangka membesarkan modal dan meningkatkan kekuatan likwiditas bisnis sampingannya.
  • Memperoleh mental berbisnis, setiap perjalanan sebuah bisnis, tentu saja tidak selamanya bisa berjalan lancar dan ramai pembeli. Ada kalanya sepi dan menghadapi cobaan yang menyulitkan. Ini pengalaman berharga dalam membangun mental bisnis seseorang.
  • Mendapatkan pengalaman serta jam terbang dalam upaya mengelola dan membesarkan sebuah bisnis, walaupun pada dasarnya jam terbang dalam membesarkan sebuah bisnis itu antara lain : Mengolah produk, pelayanan, pemasaran, dan pengelolaan keuangan.
  • Kemampuan membuka ceruk pasar, serta membangun network. Selama usaha sampingannya di pasarkan, maka sebenarnya telah lebih mengenal pasar nyata dan sebenarnya. Berbagai jenis pasar dengan permintaan masing-masing tersedia. Sehingga semakin banyak peluang yang terlihat dan semakin banyak pasar atau network yang tersentuh.
  • Kemampuan mengelola waktu (time manageman), Mendapatkan pengetahuan berharga dalam membagi waktu dengan baik dan terarah. Karena pengalaman membagi waktu untuk bekerja dan membangun usaha telah dijalani.
  • Memiliki pengalaman kepemimpinan dalam membangun bisnis sampingannya, walaupun hanya berisi satu atau dua karyawan.
  • Berkesempatan memiliki sebuah bisnis yang mapan dan kuat di saat masa pensiunnya sudah datang, karena sekian lama bisnis sampingannya dikelola. Tentu saja telah memiliki kekuatan dan berakar yang dalam. Saat itu status bisnis sampingan siap berubah menjadi bisnis utama.
Tidak ada usaha yang lebih baik selain usaha yang dibangun sejak lama dan berakar kuat dengan di nahkodai oleh seorang pemimpin yang berpengalaman. Dan tidak ada masa depan yang lebih cerah selain memiliki usaha potensial yang sudah berdiri kokoh dimasa-masa pensiun seorang pegawai yang mengawali sebuah bisnis dari usaha sampingan semata.