Melihat peluang usaha gerai kebab sebagai referensi bisnis

Minggu, 18 November 2012

Berbeda dengan burger, namun masih dalam golongan yang nyaris sama. Kebab juga merupakan salah satu jenis makanan cepat saji yang berasalah dari daerah timur tengah. Walaupun belum semua masyarakat mengenal makanan cepat saji kebeb ini, namun dalam perkembangan bisnisnya diperkotaan cukup mendapatkan sambutan yang bagus.

Walaupun tidak se familiar produk burger, produk makanan cepat saji kebab mampu memberikan nuansa dan rasa berbeda khususnya bagi konsumen penikmat makanan jenis cepat saji. Hal ini terbukti dengan bermunculannya usaha kebab baik yang berbentuk waralaba, maupun mpm waralaba atau non franchise.

produk kebab
Bagaimana prospek peluang bisnis kebab ini di daerah? Jika daerah yang di tempati oleh rekan-rekan banyak terdapat usaha jenis makanan cepat saji, maka kebab bisa di jadikan referensi untuk mulai membangun usaha. Baik dengan membeli hak franchise kepada franchisor usaha kebab, maupun memulainya dengan kreasi sendiri. Namun jika memastikan memilih bisnis mandiri non waralaba, dan didaerah rekan-rekan ada gerai kebab bersistem franchise. Maka pastikan kualitas dan rasa dari produk yang dihasilkan bisa mampu bersaing dengan ketat guna kelangsungan bisnis yang dibagun.

Kebab berbahan dasar daging, dan daging kebab biasanya di panggang atau dibakar supaya dagingnya tidak mudah basi, selain itu minyak dan lemak yang menempel di daging juga jadi berkurang. Tapi bagaimana bila rekan usahawan ingin membuka usaha kecil kedai kebab atau Cafe kebab, tentu saja membutuhkan menu kebab yang berbeda dan mempunyai ciri khas tersendiri yang tidak hanya menyajikan kebab seperti resep kebab pinggir jalan. Nah, bila ingin membuka usaha kedai kebab rekan usahawan bisa mencoba hidangan kebab dengan resep kebab Raja-raja Arab dan India. Mau isi daging kambing, sapi, atau ayam tetap saja lezat

Bahan-bahan Kebab Raja :
2 lembar roti pita
2 sendok makan mentega
250 gram daging kambing potong kotak 1,5 cm atau iris tipis
1 buah bawang bombay dicincang halus
3 siung bawang putih dicincang halus
1,5 sendok makan tomat pasta
3 buah tomat buang kulit dan isi, ambil sarinya
1/2 sendok teh thyme, semacam daun salam yang baunya lebih tajam
200 mili liter air kaldu
250 gram wortel potong 2 cm
1 buah cabai hijau cincang halus
1 sendok teh garam
1/2 sendok teh lada hitam bubuk
1 sendok makan parsley cincang halus

Cara Membuat Kebab Raja:
  • Tumislah daging kambing hingga kecoklatan. Masukkan ba-wang bombai dan bawang putih. Aduk hingga rata.
  • Tambahkan tomat pasta, sari tomat, air kaldu dan thyme. Aduk dan biarkan mendidih.
  • Masukkan cabai hijau, wortel, lada bubuk dan garam. Aduk hingga matang. Angkat dan tusuk tusuk daging kambing dengan garpu agar cepat lunak. Taburkan parsley di atasnya. Sisihkan.
  • Tumis mentega dan masukkan bawang putih. Masukkan garam dan merica lalu aduk rata. Masukkan daging.
  • Angkat kebab dan letakkan di atas roti pita lalu gulung. Sajikan hangat.
peluang usaha kebab
Bila rekan usahawan ingin rasa yang lebih tajam, jangan lupa rebus dulu daging kambing dengan kuah kari sebelum dimasak. Selain itu, kebab asyik dimakan bareng garlic potato smash. Dan rekan usahawan dapat menambahkannya sebagai menu tambahan di kedai kebab anda.

Bisnis gerai kebab nyaris tidak jauh berbeda dengan membuka gerai makanan cepat saji lainnya, Modal yang dibutuhkan tidaklah terlalu besar atau menengah, lokasi usaha yang strategis dan eye caching menjadi tempat usaha yang menguntungkan, promosi yang kontinyu serta konsep pelayanan yang cepat dan sopan merupakan jaminan keberhasilan menjalankan usaha makanan cepat saji.

Jenis usaha gerai kebab ini masih sangat dirasa baru, untuk lebih dapat memperkenalkannya kepada masyarakat sudah tentu membutuhkan usaha menarik perhatian yang besar. Sebaiknya buatlah booth atau meja gerai semenarik mungkin dan dengan desain yang bagus, jangan lupa lakukan promosi branding pada media meja dagangan agar bisnis dapat lebih menarik perhatian dan menimbulkan minat konsumen untuk mencoba serta membeli produknya.