Menangkap peluang usaha susu kedelai sebagai bisnis mikro

Rabu, 07 November 2012

Minat masyakat untuk memperoleh penghasilan yang lebih dalam rangka memperbaiki kwalitas hidup menjadi lebih baik lagi bisa didapatkan dengan meningkatkan kwalitas dan semangat kerja. Salah satu cabang kerja yang dapat lebih menjadikan sesorang produktif sekaligus memberikan penghasilan adalah membangun usaha mikro.

Yang namanya usaha mikro biasanya dikerjakan secara mandiri oleh perseorangan, baik sebagai pekerjaan utama, ataupun sampingan. Pekerjaannya pun hanya dilakukan dirumah atau sering disebut dengan usaha rumahan. Salah satu peluang usaha yang cukup potensial untuk bisa digarap menjadi bisnis mikro adalah produksi susu kedelai.

peluang usaha susu kedelai
Mengapa coffee breaks team menyarankan bisnis susu kedelai sebagai peluang usaha mikro? tidak lain karena usaha produksi susu kedelai ini selain proses produksinya yang sangat mudah untuk dikerjakan, peralatan yang cukup sederhana, serta peluang pasar yang sangat luas terbuka untuk di isi.

Susu kedelai sendiri dipercaya sangat baik untuk dikonsumsi, selain memiliki manfaat untuk meningkatkan kesehatan tubuh, rasanya juga nikmat, kabar baiknya produk susu kedelai juga dapat disajikan dengan beraneka rasa. Yang menjadi perhatian dan penting untuk dilakukan oleh entrepreneur dalam memproduksi susu kedelai adalah proses produksi dan pengemasan yang higienis, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh konsumen.

Sebagai bahan dasar produksi susu kedelai adalah biji kedelai, dan bagaimana proses pengolahannya sampai dengan menjadi susu, berikut ini adalah cara sederhana membuat sendiri susu kedelai agar manfaat optimal bisa didapat:

Proses merendam biji kedelai
Bersihkan biji kedelai dan rendam dalam air selama 10-16 jam. dilanjutkan dengan menguliti biji kedelai dan membilasnya dengan air. Menguliti biji kedelai ini bakal membuat proses ekstrasi susu kedelai jadi lebih efisien.

Proses memanaskan
Pemanasan ini boleh untuk tidak dilakukan. Pemanasan ini hanya untuk menghilangkan bau langu dan strerilisasi pada biji kedelai. Proses pemanasan bisa dilakukan dengan memasukkan biji kedelai yang sudah direndam ke dalam microwave selama dua menit.

Proses penggilingan biji kedelai
Giling biji kedelai yang sudah direndam dengan satu liter air dalam mesin blender. Saring menggunakan saringan rapat atau kain untuk memisahkan ampas dengan sari susu kedelai.

Proses merebus susu kedelai
Panaskan susu kedelai sampai titik didih dan teruskan merebusnya selama lima sampai sepuluh menit. Tunggu sampai dingin dan susu kedelai siap diminum atau disajian. Susu ini bisa disimpan dalam lemari es dengan ketahanan sampai tiga hari.

Proses memberi rasa
Susu kedelai bisa diminum apa adanya, tapi bisa juga ditambahkan gula atau berbagai rasa buah olahan yang alami sebagai perasa. Dengan susu kedelai, produksi juga dapat membuat smoothies buah yang sangat sehat karena mengandung kedelai dan buah-buahan segar.

susu kedelai kemasan
Proses produksi pertama upayakan untuk pembelajaran dan pembuatan sampel untuk dibagikan secara gratis buat konsumsi sendiri dan kalangan keluarga. Pastikan produk susu kedelai yang dilakukan sudah memiliki rasa yang nikmat, sehingga layak untuk dipasarkan kepada masyarakat sebagai konsumennya.
Pemasaran awalnya bisa dilakukan dengan menawarkannya kepada keluarga, teman dan sahabat, tetangga sekampung sebagai pasar konsumen potensial yang dapat digarap cepat untuk membiayai perjalanan usaha.

Buat meja atau almari didepan pelataran rumah, dan pajang susu kedelai yang diproduksi untuk melayani pembeli yang lalu lalang dan menginginkan saat itu. Selain itu sangat baik jika pelayanan konsumen terdekat menawarkan sistem berlangganan, karena produk ini sangat pantas diminum setiap pagi dan malam hari.

Saat dibutuhkan untuk pemasaran yang lebih luas, karena permintaan pasar yang ada. Bisa saja membuat susu kedelai dalam kemasan yang menarik. Proses dan sistem pengemasan bisa dipelajari dan ditanyakan pada mereka yang ahli dibidang ini, sebagai pemilik atau usahawan produk ini layak untuk memberikan merek atau cap pada kemasannya.