Mengejar pasar komunitas di peluang usaha perlengkapan sepak bola

Jumat, 16 November 2012

Sepak bola sebagai icon olah raga yang mendunia sudah tidak perlu lagi diragukan eksistensinya, kalau di benua biru sebagai sebutan benua eropa dan dibeberapa negara asia lainnya. Sepak bola menjadi industri yang sangat luar biasa, berita dari nilai transfer pemain, gaji atlit, sampai fanatisme pendukung menjadikan bukti bahwa sepak bola bukanlah hanya sekedar cabang olah raga.

Begitu pula di Indonesia, kefanatismean terhadap sebuah klub olah raga sepak bola ini membentuk komunitas-komunitas yang memiliki member atau anggota yang tidak sedikit. Antusias masyarakat terhadap cabang olah raga sepak bola ini sangat luar biasa, hingga mengidolakan dan memuja pemain terbaiknya laksana selebritis internasional.

perlengkapan souvenir sepak bola
Berkembang pesatnya komunitas-komunitas pencinta klub sepak bola ini sudah tentu menciptakan pasar potensial terhadap permintaan atau supply bebagai atribut, cinderamata, hingga kostum team kebanggan sebuah komunitas. Sebut saja beberapa team sepak bola besar yang memiliki komunitas besar di Indonesia seperti : Manchester United, Chersea, Arsenal, Liverpool, AC Milan, Juventus, Intermilan, Bayer Munchen, dan lain sebagainya.

Fenomena ini membuka kesempatan sukses dengan menangkap peluang usaha dan bisnis aneka perlengkapan sepak bola, Berbagai souvenir hingga kostum sangat potensial untuk dijadikan komuditi dengan membuka gerai souvenir dan kostum olah raga sepak bola. Souvenir yang potensial di perdagangkan antara lain syal, gantungan kunci, berbagai sticker, tas, hingga bola yang diberikan logo team kesayangannya.

Lalu bagaimana kiat sukses untuk berbisnis dengan membuka gerai perlengkapan sepak bola di daerah :
  • Mengingat bisnis ini bersifat komunitas sebagai konsumennya, lokasi tempat usaha pada dasarnya bukanlah menjadi hal yang prinsip. Namun jika penjualan ritel masih bersifat pendapatan utama, maka sebaiknya gerai berada dilokasi yang sangat strategis.
  • Lihat dan perhatikan komunitas team sepak bola yang berkembang pesat di daerah, jika perlu dapatkan opini masyarakat umum tentang team sepak bola yang di idolakannya. Maka pengadaan produk hendaknya mengikuti trensetter yang terjadi didaerah yang bersangkutan.
  • Berpromosi ke komunitas-komunitas team sepak bola yang ada di daerah, lokasi-lokasi nonton bareng, dengan cara ikut bagian menjadi sponsor atau minimal menjadi sponsor hadiah kuis yang diadakan, dengan tujuan bisnis bisa lebih di ketahui oleh para member komunitas.
  • Ikut membuka gerai pada pasar mingguan yang umumnya di sediakan pada lokasi publik area di daerah yang mana sering di jadikan lokasi olah raga masyarakat pada hari-hari libur dan weekend.
  • Mencari dan mendapatkan supplier berbagai kostum dan souvenir olah raga sepak bola yang kompeten dan mampu memberikan harga yang bersaing dengan berbagai produk dari tingkatan original sampai dengan produk non original kwalited 1, dan kwalited 2.
  • Memiliki blog atau situs yang dapat membantu konsumen menjelajahi bisnis gerai supplier dan kostum olah raga sepak bola yang dibuka secara online, hingga kemampuan melayani pembelian dan pesanan secara online pula.
gerai souvenir sepak bola
Peluang bisnis perlengkapan olah raga sepak bola ini sangatlah prospek mengingat penggemar dan simpatisan yang jumlahnya terus bertambah dari hari kehari. Dahsyatnya dalam bisnis ini kita tidak perlu menciptakan pasar, karena pasar terbentuk dengan sendirinya seiring dengan semakin topnya industri olah raga sepak bola ini. Namun memahami pasar lokal atau daerah menjadi sangat penting guna mensupply produk yang dicari dan menjadi keinginan konsumen.

Selanjutnya, sudahkan rekan-rekan entrepreneur ketahui team sepak bola mana saja yang menjadi idola dari daerah tempat rekan berdomisili? Tangkap peluang usaha sebagai penyedia souvenir dan perlengkapan pendukung sepak bola, pengelolaan bisnis yang profesional berpeluang mencetak keuntungan yang tidak sedikit.