Meraup untung dari peluang usaha yang bersifat musiman

Sabtu, 10 November 2012

Musim atau momen boleh berlalu, namun secara pasti dia akan kembali sesuai dengan bergulirnya waktu. Berapa musim dan momen penting dalam satu tahun? Maka musim dan momen-momen penting itulah yang menjadi peluang bisnis bagi mereka yang suka berbisnis produk musiman. Walaupun menghadapi tantangan dengan waktu yang terbatas dalam menjual produk, usahawan produk musiman tidak malah berkurang, bahkan tiap tahunnya kian bertambah.

Bersandar pada kebiasaan masyarakat dalam menghadapi musin atau momen tertentu, para usahawan produk musiman ini juga sangat kenal produk apa yang harus dijadikan bisnis pada waktu tertentu. Bahkan untuk memaksimalkan penjualan produknya, usahawan dibidang ini berani membuka outlet di beberapa tempat yang terpisah.

contoh bisnis musiman
Penjualan produk dengan masa waktu yang terbatas terasa sangat tertutupi dengan penjualan yang ramai, maklum setiap orang ingin merayakan momen penting yang datang setahun sekali dengan kebiasaan selama ini biasa dilakukan masyarakat umum. Akan lebih melegakan lagi jika produk yang dijual tidak mengalami kebusukan, usang atau memiliki masa kadaluarsa, karena produk akan bisa dijual kembali tahun depannya saat menghadapi musim yang sama.

Beberapa peluang usaha musiman yang dapat dijadikan bisnis bagi rekan-rekan yang berminat antara lain :
  • Peluang usaha keranjang parsel dan paket parsel menghadapi perayaan hari Raya Lebaran dan hari Raya Natal.
  • Peluang usaha kue kering untuk momen hari Raya Lebaran (Idul Fitri).
  • Peluang usaha masakan dan kue untuk berbuka puasa di momen bulan Ramadhan
  • Peluang usaha aksesories pohon natal untuk momen hari raya Natal.
  • Peluang usaha kerajinan Terompet untuk menghadapi momen Tahun Baru.
  • Peluang usaha souvenir Cinta dan Bunga Mawar untuk menghadapi Hari Valentine.
  • Peluang usaha produk Bendera dan umbul-umbul kendaraan untuk momen Hari Kemerdekaan.
  • Peluang usaha menjual buku dan peralatan tulis di momen menghadapi tahun ajaran baru dan penerimaan siswa baru di sekolah.
  • Dan peluang usaha lainnya yang dapat dijadikan bisnis sesuai dengan musim yang datang dan pergi.
Beberapa hal yang wajib untuk di perhatikan, dan dapat dijadikan strategi sebagai pelaku bisnis musiman diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Buat prediksi kemampuan menjual dengan melihat perekonomian masyarakat pada saat yang berjalan, ini penting untuk pengadaan barang atau produk yang akan dijual. Omset saat perekonomian sedang bagus tentu akan berbeda dengan omset saat perekonomian masyarakat sedang krisis.
  • Maksimalkan sebuah musim atau momen untuk menjual produk sebanyak-banyaknya dengan berbagai teknik pemasaran.
  • Melakukan pengumpulan dan pengepakan yang baik terhadap produk yang tersisa, hal ini bertujuan agar produk tidak mudah rusak dan selalu tampak baru saat akan dijual pada musim yang akan datang.
  • Jika pada musim yang baru terdapat produk-produk terbaru, maka jika sisa produk musim terdahulu tampak ketinggalan jaman bisa dijual obral atau dengan pemberian diskon tertentu.
Bisnis musiman memang nampak tidak berbeda dengan bisnis lainnya yang non musiman, Banyak pedagang yang mampu menarik keuntungan berlipat ganda pada musim tertentu dimana sangat banyak konsumen atau orang yang membutuhkan produk-produk yang khusus. Apalagi yang tersedia hanya pada saat-saat tertentu saja.

Sebagian dari jenis bisnis ini disponsori oleh sebuah agen besar, dimana pedagang hanya menjual produk saja, dan disaat musim berlalu pedagang bisa mengembalikan sisa barang yang tidak terjual.