Peluang bisnis mengolah karet menjadi souvenir gantungan kunci promosi

Senin, 19 November 2012

Promosi sangat berkaitan erat dengan pemasaran, untuk sebuah pemasaran yang diharapkan bisa sukses sudah tentu sering kali membutuhkan biaya yang tidak sedikit. berbagai media promosi dimanfaatkan semaksimal mungkin, dari yang berbiaya murah sampai dengan yang mahal. Salah satu media promosi yang berbiaya murah adalah gantungan kunci.

Gantungan kunci menjadi media promosi yang cukup efektif, saat desain souvenir ini di buat semenarik mungkin membuat orang-orang yang menerimanya rela menggantungkan kunci-kuncinya di media promosi gantungan kunci tersebut. Salah satu media gantungan kunci promosi yang cukup memiliki prospek saat ini adalah gantungan kunci berbahan karet.

produk souvenir karet
Bisnis produksi gantungan kunci dari bahan karet ini bisa melayani pesanan baik dalam jumlah sedikit maupun dalam jumlah yang banyak, sehingga gantungan kunci karet ini bisa dipasarkan kepada perusahaan yang mebutuhkan souvenir promosi, souvenir untuk even, atau komunitas yang ingin tampil dengan souvenir yang seragam, dan memperkenalkan eksistensinya.

Untuk mengambil peluang usaha souvenir gantungan kunci karet ini menjadi bisnis, dibutuhkan beberapa keterampilan yang mendasar, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Pengetahuan desain grafis, guna membuat gambar atau tampilan gantungan kunci yang di produksi dapat semenarik mungkin, atau melayani keinginan pelanggan akan desain yang diharapkan.
  • Pengetahuan mengoperasikan mesin produksi berupa oven, dan moulding cetakan untuk bentuk-bentuk gantungan kunci karet yang di inginkan. Seperti : bulat, kotak, lonjong, segitiga, ataupun bintang. Deangan tahapan : proses casting, drying, freezing, finishing, dan QC.
  • Pengetahuan memilih bahan, biasanya bahan yang digunakan berupa material karet dari korea berupa bahan karet bening.
  • Pengetahuan teknik memasarkan produk dan target pasar yang dijadikan prioritas.
Untuk mendapatkan pengetahuan berupa keterampilan mengolah karet atau rubber menjadi aneka souvenir gantungan kunci bisa dengan mengikuti kursus yang di adakan oleh perusahaan pengadaan mesin oven produksi dan supplier bahan baku rubber atau karet.

Kabar baiknya, bisnis ini dapat dimulai dalam skala kecil atau rumahan, dengan membeli mesin produksi berupa oven infra red ukuran mini. Namun dapat berproduksi cukup baik sekitar 50 sampai dengan 100 buah gantungan kunci perhari, pekerjaannya pun cukup di handel oleh satu orang operator.

gantungan kunci karet
Di daerah tampaknya jenis peluang usaha produksi gantungan kunci souvenir berbahan karet atau rubber ini belum terlalu dilirik, padahal permintaan akan produk ini cukup tinggi untuk dikelola sebagai bisnis rumahan atau melengkapi usaha souvenir lainnya.

Prospek usaha ini pun cukup cerah dan mampu memiliki eksistensi yang panjang, karena kebutuhan akan promosi hampir tidak pernah putus sejalan dengan minat memenangkan persaingan pasar bisnis semakin dinamis dan kompetitif. Untuk media promosi, produk gantungan kunci souvenir promosi berbahan karet inipun layak dijadikan produk dalam menjajaki usaha souvenir umum dan khusus promosi.

Jika rekan usahawan berharap bisa emiliki bisnis denga kriteria produk mudah dalam pengerjaannya, prosesnya bisa dilakukan sendiri atau tidak membutuhkan banyak pegawai, modal yang di investasikan cukup kecil, dan produk mampu menembus pasar baik kecil maupun skala besar. Menjatuhkan bisnis dengan mengambil peluang produksi souvenir promosi gantungan kunci berbahan rubber atau karet ini bisa dijadikan pilihan yang kuat.