Peluang usaha jasa perawatan air conditioning ruangan

Kamis, 08 November 2012

Air conditioning (AC) merupakan perangkat elektronik yang saat ini sudah sering di temui dan banyak digunakan di rumah-rumah warga yang berpenghasilan menengah keatas, fungsi ac sendiri adalah sebagai alat pendingin dan penyejuk udara dalam ruangan. Saat ini berbagai merek ac sudah membanjiri pasar elekronik di Indonesia, hal ini berakibat harga jual ac semakin turun dan semakin terjangkau oleh banyak kalangan.

Fungsi ac sebagai penyejuk ruangan pada penggunaannya tidak selamanya berfungsi dengan baik, suatu waktu akan mengalami penurunan kinerja yang umumnya dikarenakan kotor atau kerusakan pada spare parts dari perangkat alat elektronik tersebut. Agar performa ac bisa selalu optimal saat digunakan, maka dibutuhkan perawatan rutin, termasuk penggantian suku cadang dan konsumablenya saat dibutuhkan.

usaha jasa perawatan perbaikan ac
Semakin murahnya harga jual ac dan semakin banyaknya produk elektonik ini digunakan dalam melengkapi kebutuhan peralatan rumah tangga di berbagai perumahan penduduk menciptakan sebuah peluang usaha jasa perawatan dan perbaikan ac, sebuah bisnis yang di pandang memiliki prospek yang cerah dan akan terus mengalami perkembangan serta kemajuan dalam jangka waktu yang lama. Karena sebuah ac akan dilakuakan perawatan minimal membersihkannya dengan waktu setiap tiga sampai empat bulan sekali.

Untuk memulai atau memiliki bisnis ini rekan entrepreneur wajib mempersiapkan perencanaan dasar yang meliputi :
  • Pengetahuan dasar mengenai cara kerja, perawatan, serta perbaikan perangkat elektronik ac, yang bisa didapat melalui kursus, buku, atau cara lainnya.
  • Peralatan kerja yang cukup dan memadai, usaha perawatan ac rumah tangga ini perawatannya membutuhkan beberapa peralatan dasar seperti : kompresor yang dapat menyemprotkan air untuk membuang segenap debu atau kotoran di dalam AC, plastik besar untuk menadah kotoran saat AC disemprot air, kabel, obeng, tang, dan peralatan lainnya
  • Staf atau pegawai pembantu, Pekerjaan ini hanya bisa dikerjakan oleh lebih dari satu orang karena dibutuhkan pembantu yang melayani teknisi, bagi usahawan pemula bisa mengajak saudara atau kerabat untuk membantu pekerjaan membersihkan AC tersebut. Bila usaha sudah maju, Selayak mempekerjakan beberapa orang karyawan secara professional dengan wilayah target yang berbeda.
  • Kebutuhan kendaraan, pekerjaan ini dipastikan membawa beberapa peralatan kerja yang besar seperti compressor, tangga, dan lainnya. Untuk mobilisasi dibutuhkan kendaraan baik itu roda dua, tiga, atau empat tergantung kemampuan permodalan dan kebutuhan di lapangan.
  • Kerjasama dengan toko spare parts ac yang bisa menjadi supplier bagi kebutuhan spare parts saat dibutuhkan, hendaklah bekerjasama dengan supplier atau vendor yang bisa dipercaya. Selain harga spare parts yang mampu bersaing, juga kepastian bahwa spare parts yang disupply adalah barang baru dan asli.
Untuk sukses di bisnis perawatan dan perbaikan ac, ada beberapa teknik dasar yang perlu diterapkan guna memenangkan pasar dan pelanggan, diantaranya :
  • Menerapkan system pelayanan yang baik dari segi keahlian teknisi untuk perawatan dan perbaikan ac, layanan officer yang ramah dalam menjawab pertanyaan dan menangani keluhan pelanggan, serta membangun sikap jujur kepada petugas lapangan karena orientasi pekerjaan di dalam rumah pelanggan.
  • Memberikan garansi pada setiap pekerjaan yang dilakukan, baik dari segi waktu maupun teknis setelah pekerjaan selesai dikerjakan.
  • Menetapkan harga yang mampu bersaing dengan kompetitor dalam memenangkan pasar dan pelanggan, jika diperlukan berikanlah pelayanan lebih dengan harga yang sama.
  • Berpromosi secara konsisten guna menarik pelanggan baru, baik dengan beriklan dimedia local maupun menyebarkan brosur secara door to door.
Dipercaya bahwa peluang usaha ini akan terus tumbuh dan semakin banyak peminat yang ingin terjun sebagai usahawan di bidang ini perawatan dan perbaikan ac, walaupun demikian dipercaya jua bahwasannya akan banyak usahawan yang mampu sukses dalam menjalani bisnis ini. Sebagai kabar baiknya, usaha jasa perawatan dan perbaikan ac ini juga bisa dikembangkan untuk melayani kantor-kantor perusahaan yang memiliki jumlah ac lebih banyak selain pasar rumah tangga.

Pertanyaannya apakah rekan-rekan tinggal didaerah atau dekat dengan perumahan  yang tingkat ekonominya menengah keatas? Jika ya, mungkin peluang usaha jasa perawatan dan perbaikan ac ini layak di coba untuk menjadi kendaraan sukses sebagai entrepreneur.