Peluang usaha kuliner kecil dengan menu surabi es krim

Minggu, 25 November 2012

Kenal dengan makanan kecil atau kue yang disebut dengan surabi? makanan kecil atau kue basah yang sering kali di beri kuah gula merah cair atau kuah dengan rasa buah srikaya ini memang sudah sangat populer di kalangan masyarakat indonesia pada khususnya.

Lalu bagaimana jika makan kue surabi ini di padukan secara kreatif dengan es krim, berbagai macam rasa es krim bisa cocok dengan disajikan bersama kue surabi. Sehingga acara makan kue surabi ini bisa lebih asik dengan berbagai variasi rasa dari paduan es krim dalam menyajikannya sebagai camilan di waktu apapun. Merasakan nikmatnya kue surabi saat di makan bersama dengan es krim, maka camilan ini layak menjadi bisnis sebagai  peluang usaha kuliner  kecil baru.

menu surabi es krim
Tentu saja prospek camilan kue serabi ini sangatlah besar untuk membawa rekan-rekan yang ingin sukses dalam menekuni dunia bisnis, khususnya camilan kecil seperti kue serabi es krim ini. Lalu apa saja yang akan menjadi keunggulan peluang usaha di bisnis surabi es krim, diantara adalah :
  • Panganan surabi sudah sangat terkenal dan populer di kalangan masyarakat kota-kota tertentu dengan rating popularitas yang tinggi, bahkan surabi sendiri menjadi camilan yang umum ditemui dimana-mana. Dengan kreatiitas memadukan surabi bersama es krim, tentu akan menarik minat yang besar bagi masyarakat untuk mencicipinya.
  • Bahan dasar kue surabi adalah tepung beras, santan, dan garam. Untuk memulai usaha ini tidak terlalu sulit, karena surabi termasuk jenis makanan yang tidak menggunakan bahan-bahan yang mahal dan sulit didapat. Sehingga untuk memulai bisnis ini tidak harus menggelontorkan modal yang besar.
  • Variasi surabi dengan es krim ini menjadi alternatif camilan baru yang pantas untuk masuk jajaran kuliner internasional. Karena rasa yang nikmat dari surabi dan jajanan es krim sendiri sudah sangat di gemari masyarakat internasional.
Peralatan yang di butuhkan untuk memulai bisnis ini antara lain adalah 
  • Berbagai peralatan untuk membuat kue panganan surabi itu sendiri, dan peralatan untuk membuat es krim serta peralatan untuk menyimpannya agar tetap beku dan tidak mudah cair.
  • Etalase atau booth meja dagang yang menarik, serta meja dan kursi bagi konsumen yang berkunjung.
  • Perlengkapan kemasan serta penyajian seperti kotak kertas dalam berbagai ukuran, boxs plastik atau foam, serta kantong kemasan yang di beri sablonan promosi.
Cara memulai bisnis surabi es krim inipun sangatlah mudah, bisa dimulai dengan cara :
  • Membuat adonan surabi yang lezat pastinya. Setelah itu lakukan inovasi pada tahapan awal dari surabi yang sudah ada, dengan memberikan topping es krim diatasnya.
  • Surveilah tempat-tempat yang posisinya dapat dikunjungi oleh seluruh kalangan, tidak terlalu dekat dengan jalan raya, atau tidak di posisi gang sempit. Penawaran utama dari camilan ini adalah keunikannya, karena itu untuk menarik konsumen, sangat layak membangun kedai yang mengkhususkan diri pada menu menjual surabi dalam berbagai rasa.
Setiap bisnis sudah pasti membutuhkan promosi agar dapat menjual atau beromset lebih banyak, untuk usaha surabi es krim ini sendiri, lakukanlah strategi promosi dasar sebagai berikut :
  • Promosikanlah keunikan makanan surabi es krim yang menjadi komoditi bisnis, jadi selain fokus pada rasa yang unik dan lezat, ikuti juga dengan teknik promosi yang fokus pada bentuk-bentuk kue surabi yang dihasilkan.
  • Potensi promosi sederhana sangatlah berperan penting untuk bisnis surabi es krim ini. karena persentasi atau testimonial dari mulut kemulut membuat bisnis cepat menyebar dan dicari-cari.
  • Manfaatkan kotak pembungkus untuk mencantumkan nama dan alamat untuk pemesanan produk, serta nomer SMS untuk saran dan kritik.
gerai surabi
Pada perjalanannya, bisnis selalu saja akan menemui hambatan, kemungkinan hambatan yang terjadi pada bisnis surabi es krim dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut :
  • Terutama faktor bosan dengan mengkonsumsi surabi terus menerus, variasi rasa akan membuat konsumen berniat membeli dan membangkitkan selera kembali. Untuk itu lakukanlah inovasi dengan memadukan kue surabi brsama paduan rasa yang dibuat dengan topping atau jenis rasa lainnya. Namun jangan lupa memelihara rasa yang ciri khas bersama dengan penampilannya saat disajikan.
  • Persaingan dalam membuka usaha akan terjadi, khususnya didaerah-daerah lokasi keramaian. Karena itu, berikan pelayanan yang terbaik kepada konsumen agar mereka loyal dengan bisnis yang dikelola.
Peluang usaha surabi es krim ini memang sungguh potensial untuk di jadikan bisnis saat ini, persaingan di daerah-daerah belumlah terlalu ketat dan kompetitif. Jika rekan-rekan memiliki niat yang besar untuk menjadi usahawan kecil, maka produk surabi es krim inilah yang layak untuk dijadikan bisnis usaha yang dikembangkan.