Peluang usaha produksi pigura bingkai photo standart dan unik

Sabtu, 17 November 2012

Bisnis photography saat ini begitu prospek sebagai usaha dokumentasi mengabadikan kenangan dalam gambar, baik dari sisi teknologi kamera sebagai pengambil gambar, maupun dari sisi cetak gambarnya yang semua dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Namun di samping bisnis photography itu sendiri ternyata diikuti oleh peluang usaha property pemajang gambar photo yang sering disebut dengan “pigura atau bingkai photo”.

Keindahan dari seni gambar atau photography akan terasa kurang lengkap bila tidak disertai dengan property pemanis tampilannya berupa pigura atau bingkai. Berbagai macam pigura bingkai photo bisa di produksi secara home industry, dan hal ini menjadikan terbukanya sebuah peluang bisnis rumahan baik bersistem produksi maupun pesanan.

gerai pigura bingkai photo
Pigura bingkai photo dapat dibuat atau di produksi dengan menggunakan bahan baku yang beraneka ragam, namun pada umumnya untuk pigura standart berbahan dasar kayu, fiber, atau aluminium, dan di lengkapi dengan kaca sebagai pelindung bagian depan sebagai tempat display photonya. Sedangkan untuk pigura unik bisa di olah dengan bahan dasar kertas bekas, kulit kerang, pecahan batu alam, dan lain sebagainya yang akan memberikan tampilan menarik serta unik di mata konsumen.

Selain proses pembuatan yang mudah, pigura bingkai photo ini juga dapat di produksi dengan peralatan pertukangan biasa atau umum, namun jika produksi menggunakan aluminium akan dibutuhkan beberapa peralatan tambahan seperti mesin gerinda potong dan mesin bor. Berbeda dengan pigura berbahan dasar fiberglass, proses produksinya selain lebih rumit, juga membutuhkan peralatan pengolah dan pencetak fiberglass. Jadi idealnya bisnis ini di awali dengan produksi pigura bingkai photo standart berbahan dasar kayu serta aluminium menjadi pilihan utama, selain pembuatan pigura bingkai photo kreatif berbahan inovatif lainnya.

Efektifnya sebuah strategi pemasaran dari bisnis pembuatan pigura bingkai photo biasanya usahawan memiliki gerai atau kios guna memajang berbagai produk yang dihasilkan, serta sebagai tempat atau kantor yang melayani dan menerima pesanan dari para konsumen yang menginginkan pigura bingkai photo sesuai dengan ukuran dan bentuk yang mereka inginkan.

Selain itu pula hasil produksi pigura bingkai photo dapat di pasarkan kepada para usahawan yang memiliki bisnis photography dan kios cuci cetak photo. Walaupun sebagian dari para usahawan di bisnis ini melancarkan strategi pemasaran door to door langsung menawarkannya kepada penduduk. Namun untuk kreasi inovatif dari produksi pigura bingkai photo yang unik dan kreatif, selain dipajang di gerai bisa juga memasarkannya melalui media internet seperti membuat toko online khusus untuk menjual pigura unik.

Selain harga jual yang menjadi perhatian dalam membangun bisnis produksi pigura bingkai photo ini, faktor kualitas juga wajib menjadi perhatian yang penting, semakin halus produksi pigura bingkai photo yang di hasilkan sudah tentu akan sangat menarik bagi  konsumen dan harga jualnya pun akan menjadi lebih tinggi.

pigura kerang unik
Selain itu kemampuan membuat aneka bingkai unik dan kreatif, dengan di tambah kemampuan memproduksi bingkai pigura yang berukuran besar atau diluar ukuran standart pada umumnya akan semakin meningkatkan omset serta keuntungan yang dapat di hasilkan.

Selain itu juga pemasaran hasil produksi bingkai pigura photo yang unik dan kreatif bisa di pasarkan melalui pameran industry kecil dan menengah serta koperasi yang sering diadakan oleh instansi pemerintah dan BUMN sebagai sponsornya. Selain menjual dalam even ini juga bisa di jadikan  sarana mempromosikan gerai usaha yang di buka.

Kabar baiknya, usaha produksi bingkai pigura photo ini juga bisa menjajaki usaha rental pigura saat ada even kegiatan pameran photography baik di ballroom hotel maupun di gedung sarana seni yang ada di kota domisili. Namun untuk membangun tambahan usaha jenis ini biasanya dibutuhkan kerjasama yang baik dengan pihak usahawan yang mengelola kegiatan pamerannya sebagai even organizernya.

Persaingan dalam usaha ini, khususnya dalam menjual produk akan menghadapi persaingan hebat dari para kompetitor yang menjual produk sejenis, selain produk yang dihasilkan dari usaha local lainnya, tentu saja juga dari produk-produk import yang masuk ke negara ini, seperti produk pigura dari china dan Taiwan.

Namun jangan terlalu kuatir dalam menghadapi persaingan di bisnis ini, karena produk pigura bingkai photo yang di produksi sebagai produk unik dan kreatif akan menjadikan gerai yang di kelola lebih cepat di kenal oleh masyarakat, dan menjadi tempat referensi dalam mencari bingkai pigura photo yang berkualitas dan cantik.