Pesan-pesan penting dalam promosi pemasaran

Jumat, 09 November 2012

Goal penjualan! Dengan cara mengajak dan mengesankan pembaca, pendengar, dan yang menyaksikan. Itulah kunci keberhasilan sebuah promosi yang dilancarkan dalam sebuah propaganda iklan pemasaran. Beriklan itu mudah, apalagi iklan yang disampaikan pada media online di internet tersedia luas dan gratis dalam menggunakannya. Namun apakah iklan yang kita sampaikan sudah berfungsi secara efektif, atau lebih dari itu mampu menghipnotis pembaca, pendengar, dan yang menyaksikan untuk minimal memberikan sedikit perhatiannya.

Kita sudah terlalu sering berhadapan dengan iklan, puluhan dan bahkan ratusan iklan dalam seharinya disajikan ke hadapan kita. Namun berapa banyak yang sanggup menarik perhatian kita untuk memberikan perhatian yang lebih terhadap iklan tersebut. Beberapa teknik penyampaian iklan dalam bisnis cukup mampu menarik perhatian karena unik dan exsclusivenya.

jenis pesan iklan
Untuk sebuah iklan besar, sebuah iklan tidak jarang di buat dan dibangun dengan melibatkan satu atau lebih tenaga ahli yang mengerjakannya, serta melibatkan puluhan kru dalam mencari niche untuk mengiklan produk yang menjadikannya unik dalam penyampaiannya. Karena penyampaian sebuah iklan bukanlah hal yang sederhana untuk dapat memikat pembaca dan pendengarnya.

Dalam urusan niche sebagai subyek yang disampaikan dalam beriklan, kita bisa melihat dari beberapa iklan yang umumnya sangat tampak dalam menyampaikan niche dengan tujuan untuk menggugah serta menarik perhatian bagi pendengar, dan pembacanya. Lalu niche apa saja yang umum dijadikan pesan dalam beriklan? Coffee break dalam mengamatinya menemukan beberapa niche yang umum dan sering digunakan, Antara lain adalah sebagai berikut :
  • Iklan yang disampaikan lebih menonjolkan bahan baku yang di gunakan, sebagai contoh iklan aqua untuk pesan air asli dari pegunungan, iklan kecap bangau untuk pesan dari kedelei hitam yang berkualitas, dan lain sebagainya.
  • Iklan yang di sampaikan lebih menonjolkan pada teknologinya, bisanya iklan ini digunakan oleh perusahan elektronik seperti iklan Ac yang memiliki kemampuan membunuh bakteri, dan iklan mobil ford yang mampu parker dan mengerem secara otomatis.
  • Iklan yang disampaikan lebih menonjolkan pada proses produksinya, seperti iklan teh botol sosro yang menyampaikan proses pengolahannya.
  • Iklan yang disampaikan lebih menonjolkan pada pendapat pemakainya, seperti iklan untuk kecantikan. Contoh iklan dove dan iklan klinik tong fang yang menampilkan testimony pemakainya.
  • Iklan yang disampaikan lebih menonjolkan layanan dan support sistemnya, ini umumnya digunakan pada iklan perbankan seperti tersedianya jaringan atm yang luas dan bertransaksi secara online.
  • Iklan yang disampaikan dengan menonjolkan sensasi penggunanya, iklan seperti ini biasanya digunakan oleh produsen minuman soft drink seperti iklan coca cola, dan iklan mizone.
  • Iklan yang disampaikan dengan menonjolkan fasilitas dan kelebihan yang bisa didapat, biasanya iklan seperti ini menjadi pilihan perusahaan telekomunikasi selullar seperti iklan indosat dan telkomsel.
  • Iklan yang disampaikan dengan menonjolkan kebesaran organisasi perusahaannya atau pengalamannya, iklan ini umumnya sering digunakan oleh perusahaan asuransi sebagai contoh iklan alianz dan perusahaan asuransi lainnya.
Tujuan beriklan pada awalnya untuk memperkenalkan sebuah produk dan keberadaannya, lalu untuk selanjutnya ditujukan untuk mendongkrak tingkat penjualan, dan pada akhirnya iklan dibuat dan disampaikan untuk mempertahankan eksistensi yang sudah terbangun. Jadi saat kita akan membuat iklan sudah diwajibkan terlebih dahulu mengetahui tujuan iklan tersebut dibuat.

Dari sekian jumlah jenis pesan iklan yang bisa dibangun untuk propaganda sebuah promosi, bisa saja sebuah iklan memuat pesan yang jamak, berupa beberapa bagian yang ditonjolkan dalam sebuah tayangan iklan.
Mungkin karena keterbatasan pengamatan yang dilakukan oleh coffee break, ada saja sesuatu yang ditonjolkan terlewati dalam jenis pesan iklan. Jika demikian bisa rekan-rekan tambahkan di kolom komentar guna menambah khasanah pengetahuan kita tentang pesan iklan yang cocok dan dapat diterapkan pada iklan bisnis yang kita kelola. Semoga apa yang disampaikan ini bisa bermanfaat dan menjadikan rekan-rekan entrepreneur mampu mengiklankan bisnisnya secara tepat walaupun itu sebuah iklan kecil dari bisnis yang masih kecil.