Produk crepes peluang usaha bermodal mini dan keuntungan maxi

Minggu, 18 November 2012

Crepes sejenis camilan berbahan terigu yang dimasak pada lempengan besi berbentuk bulat, bersegmentasi pasar anak-anak, modal usaha untuk memulainya relative kecil dan terjangkau, maka jenis usaha crepes dapat dilakukan oleh usahawan kecil bersekala micro. Saat ini membuka usaha mikro membutuhkan permodalan diperkirakan senilai 4 s/d 5 juta rupiah. Modal itu sudah termasuk bahan baku dan perlengkapan usaha.

Sebagai contoh usaha crepes biasanya bisa ditemui di beberapa mall atau pusat perbelanjaan, crepes di sajikan dengan berbagai balutan aneka rasa dan warna. Sehingga mampu menarik perhatian dan minat anak-anak untuk membelinya. Jadi satu bahan dapat dibuat dan disajikan dengan berbagai rasa pilihan.

produk crepes
Keunggulan dari peluang bisnis crepes :
  • Hampir semua kalangan menyenangi crepes, terutama para anak-anak dan remaja. Keunikan crepes dengan rasa yang manis atau di padukan dalam beberapa cita rasa dapat di pasarkan tanpa menunggu waktu khusus, bisa pagi, siang, maupun malam hari crepes dapat di temui dan dikonsumsi.
  • Peralatan pembuat crepes sudah dapat ditemui di produsen peralatan kue dan pastry.
  • Bahan dasar crepes sangat mudah ditemukan, bisa di toko bahan-bahan kue dan pasar-pasar treadisional, sehingga sangat memungkinkan dikerjakan dalam skala rumahan.
  • Untuk bisnis berskala mikro, daya beli masyarkat sangatlah medukung, karena dapat dijual dengan harga Rp. 4.000,- hingga Rp. 5.000,- dan jika di buka pada lokasi mall harga yang dikenakan mencapai dua kali lipat, yakni Rp. 8.000,- sampai dengan Rp. 10.000,-
Cara memulai bisnis :
  • Uji terlebih dahulu rasa dan tampilan crepes yang di produksi.
  • Pastikan sudah memiliki modal yang mampu menutupi seluruh kebutuhan dan komponen yang diperlukan. Mulai peralatan hingga perlengkapan.
  • Pastikan lokasi atau tempat usaha mudah di temukan dan diketahui oleh banyak orang, bisa saja melakukan survey dari masalah keramaian, minat, hingga daya beli masyarakat di sekitarnya.
  • Strategi pemasaran bisa saja di lakukan dengan gerobak dorong yang didesain dengan menarik, sehingga dapat memanfaatkan berbagai kawasan atau tempat, bisa sekolahan maupun komplek perumahan yang berindikasi padat penduduk dan populasi anak-anak.
Kendala dalam usaha crepes antara lain :
  • Campuran adonan crepes yang terlalu tipis akan mudah retak, dan kurang manis. Cobalah pelajari kembali cara mengolah adonan agar produk dapat layak jual, walaupun harga jual tetap tanpa mengurangi isi.
  • Survei lokasi yang tidak maksimal biasanya akan membuat modal habis tersedot untuk biaya promosi, untuk itu pastikan sebagai peta bisnis yang menempatkan lokasi-lokasi dengan penduduk yang padat.
Resep yang dibutuhkan untuk membuat crepes : telur ayam, garam halus, gula pasir, tepung terigu, susu cair, mentega cair, margarine.

gerai crepes
Cara pembuatan crepes :
  • Buatlah adonan dengan mencampur bahan yang terdiri dari telor, gula pasir, tepung terigu, susu, garam dan mentega cair. Kocok dengan mixer atau blender selama 1 s/d 2 menit. Setelah tercampur rata tuangkan adonan kedalam wadah untuk dimasukan ke kulkas selama satu jam.
  • Panaskan pemanggang crepes, ambil dua sendok adonan. Lalu ratakan dengan alat yang dibuat khusus dari kayu, agar adonan mudah disebar merata keseluruh lempengan pemanggang crepes.
  • Setelah rata dan mulai setengah kering, taburkan aneka isi dan cita rasa seperti meses, keju parut, susu cair, dan campuran lainnya. Setelah crepes matang merata, lipat menjadi tiga bagian, lalu sematkan di kertas pembungkus untuk siap dihidangkan.
Sungguh sebuah proses yang sangat mudah dan sederhana untuk dijadikan peluang usaha dalam membangun sebuah bisnis pribadi, asalkan survey dilakukan dengan benar dalam mendapatkan tempat usaha yang potensial. Maka memungkinkan dapat meraup keuntungan yang sangat besar dari bisnis produksi crepes.