Rekondisi velg truk menjadi peluang usaha sampingan

Minggu, 04 November 2012

Seberapa banyak populasi kendaraan yang khususnya truck tersedia dikota tempat rekan entrepreneur tinggal, tentu akan sangat banyak jika tidak jauh dari pelabuhan bongkar muat, perkebunan kepala sawit, pertambangan skala kecil dan menengah, dan berbagai usaha yang mengandalkan truk sebagai alat transportasi dalam memobilisasi barang.

Dengan meroketnya harga bahan bakar minyak, maka pemilik angkutan truk umumnya mensiasati dengan memaksimalkan muatannya, tidak jarang kita lihat truk berjalan dengan muatan yang over kapasitas. Tentu saja dengan kejadian ini beberapa komponen truk tersebut akan lebih mudah mengalami kerusakan, yang salah satunya adalah bagian velg akibat panas dan muatan berat yang membebaninya.

Melihat populasi truck yang ada tentu berbagai peluang usaha dan bisnis dapat dijalankan khususnya dalam bentuk jasa-jasa perbaikan dan perawatan kendaraan. salah satu peluang yang berhasil dilihat dan dikembangkan menjadi peluang usaha sampingan yang menarik adalah jasa service rekondisi velg truck, dimana jasa yang diberikan adalah mengganti mangkok velg yang pecah dengan mangkok baru.

Sebenarnya jenis peluang bisnis ini bukanlah jenis pekerjaan yang sulit untuk dilakukan, namun dibutuhkan pengetahuan teknik dan penggunaan peralatan teknik dalam bekerja seperti, mesin blender, mesin bubut, mesin gurinda, mesin las, dan cat dengan menggunakan kompressor. Walau demikian untuk memiliki bisnis ini sang usahawan tidak wajib memiliki latar belakang pendidikan teknik, cukup menggunakan karyawan yang sudah biasa mengoperasikan peralatan teknis tersebut.

Kerusakan pada velg truk umumnya pada bagian mangkok karena retak dan pecah pada bagian lubang baut roda, yang mana pekerjaan bukanlah memperbaiki bagian yang retak atau pecah, namun menggantikan bagian mangkok yang pecah dengan mangkok baru. Adapun proses rekondisi atau renovasinya adalah sebagai berikut :
  • Periksa bagian-bagian velg dan pastikan kerusakan hanya pada mangkok karena retak atau pecah, jika kerusakan juga terjadi pada bagian drum velg atau lingkar penahan ban, maka velg tersebut sudah tidak dapat diperbaiki.
  • Lepaskan bagian mangkok dari velg dengan cara memotongnya menggunakan blender.
  • Setelah berhasil melepas bagian mangkok maka yang dilakukan selanjutnya adalah meratakan bagian drum akibat proses pemotongan dengan blender agar rata dengan menggunakan mesin bubut jika ada, paling tidak menggunakan gerinda walau butuh proses lebih lama.
  • Selanjutnya jika bagian drum sudah rata, siapkan mangkok sejenis dengan velg lalu setel bagian yang direkatkan apakah sudah masuk dan rata, jika belum rata atau masuk, beritanda dan kurangi atau ratakan kembali dengan cara bubut stau digerinda.
  • Jika mangkon dengan drum velg sudah masuk dan rata atau dengan kata lain prroses balancing sudah berhasil, maka rekatkan bagian mangkok dengan drum velg menggunakan alat mesin las. Dalam proses pengelasan ini pastikan bagian merekat dengan baik dan kuat, pengelasan bisa dilakukan dibagian depan dan belakang mangkok dan drum velg.
  • Selesai pengelasan, proses selanjurnya adalah merapikan sisa las yang belum rata dengan gerinda, dan dilanjutkan dengan pengecatan, warna yang diberikan umumnya hitam.
  • Sampai disini proses kerja rekondisi dan renovasi selesai dan velh truk telah siap untuk didelivery atau dikirimkan.
Bisnis ini memang sebuah peluang usaha yang membutuhkan modal cukup besar, selain wajib memiliki tempat seperti bengkel, juga perlu investasi alat-alat teknik seperti yang sudah disebutkan diatas. Namun jenis bisnis ini sangat minim persaingannya, dan kabar baiknya dengan peralatan yang ada tentu akan membuat bisnis berkembang dengan melayani jasa lainnya seperti jasa las, jasa bubut, dan lain sebagainya.
Lalu apa keuntungan dari menjalankan bisnis dari peluang usaha rekondisi velg truk ini. Selain bisnis ini mampu mengurangi limbah besi velg dengan melakukan recondisi, juga sangat membantu para pemilik kendaraan jenis truk karena dapat menggunakan velhnya dengan kualitas sama dengan yang baru, cukup dengan mengeluarkan dana 50% dari nilai jika membeli velg yang baru. "ujar seorang pelanggan yang sedang mengambil velg rekondisinya."

Faktor lain yang menentukan dalam bisnis ini sudah pasti mencari supplier yang mampu memasok kebutuhan mangkok velg truk yang umumnya sudah bisa diproduksi oleh pabrikan dalam negeri, namun ada juga produk yang diimpor dari china dan korea. Di toko-toko yang menjual spare parts juga banyak menjual mangkok velg ini, namun hanya menjual dan tidak melayani jasa rekondisinya.

Karena bisnis ini umumnya memiliki konsumen yang cenderung membangun hubungan berlangganan, maka pelayanan dan kualitas jasa rekondisi yang bagus sangatlah di wajibkan sebagai jaminan kualitas. Guna meyakinkan memberikan garansi yang pendek bisa dijadikan alternatif untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.