Tepat memilih tempat usaha menjadi bagian indikator sukses

Kamis, 01 November 2012

Pelaku bisnis yang khususnya konvensional dan bukan online memiliki pendapat yang mengatakan bahwa lokasi sebagai tempat bisnis adalah indicator utama mengejar kesuksesan. Anggapan ini bisa saja benar, apalagi sebagian berpendapat bahwa lokasi yang tepat merupakan pemicu utama kesuksesan dalam berbisnis atau pelaku utama dalam kehancuran usaha.

Pentingnya lokasi usaha ini digambarkan oleh beberapa usahawan yang dalam menentukan tempat usahanya sampai melibatkan hongsui atau fengshui. Faktor mudah untuk ditemukan, strategis di tempat lalu lintas masyarakat, akses bahan baku dan pasar, situasi persaingan, dan berbagai alasan lainnya yang pada faktanya memang berperan menentukan dalam kesuksesan sebuah usaha.

Walau beberapa bisnis berpendapat bahwa bisnisnya tidak membutuhkan lokasi yang strategis untuk dijalankan, hal ini bisa saja benar adanya. Namun dalam bisnis masih banyak masyarakat di Indonesia yang mewajibkan temu muka, dan melihat produk sebelum memastikan untuk membeli. Jika konsumen seperti ini sudah pasti lokasi usaha yang mudah untuk diakses menjadi penting, Apalagi jenis bisnis yang mengandalkan display produk seperti showroom, gerai, hingga bisnis jasa. Sebagai contoh seorang dokter dengan keahliannya tetap akan berusaha mencari lokasi yang strategis untuk membuka jasa prakteknya.

Saat ini internet sebagai media komunikasi dan akses data canggih juga sudah menerapkan posisi lokasi seperti google map, saat seorang konsumen menemukan informasi online serta mengecek lokasi bisnis yang ternyata sulit dijangkau dan terpencil, jelas akan memungkinkan calon konsumen akan beralih kepada competitor yang dalam google mapnya memiliki lokasi strategis dan mudah dituju. 

Lokasi Bisnis yang bagus dan ideal, sebenarnya seperti apa yah?  

Banyak pendapat bahwa lokasi bisnis yang ideal adalah strategis, dipinggir jalan raya dan kalau perlu jalan besar, dekat dengan akses pengadaan bahan baku, tidak jauh dengan akses pasar, mudah ditemukan, tepat didepan jalan yang menjadi lalulintas pejalan kaki, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelasnya kita dapat melihat ilustrasi sebagai berikut yang menggambarkan lokasi bisnis itu perlu sesuai dan ideal. 

Setiap lokasi bisnis yang ideal tentu saja memiliki potensi yang besar seperti harus memberikan ruang untuk ekspansi masa depan, kenyamanan bagi karyawan, aksesbilitas, memiliki potensi jual yang besar. Contoh konkrit dalam bisnis pengecer yang berbeda melihat lokasi yang berbeda dan mempertimbangkan beberapa yang ideal atas orang lain untuk tujuan tertentu. Sebuah kedai kopi idealnya menginginkan lokasi yang dekat dengan perkantoran urban yang memang fans berat pada minuman kopi, para pekerja yang ingin sekedar nangkring minum kopi, walau di kantor masing masing di sediakan kopi oleh para office boy-nya, umumnya orang lebih nikmat membeli dan mengkonsumsi kopi di warung kopi pinggir jalan yang dilakukan sambil ngobrol dengan komunitasnya. Tempat tersebut diatas adalah yang ideal untuk orang yang menjual kopi. Tapi lain halnya dengan pedagang yang menjual beras. Mustahil berjualan beras di sisi trafik lalu lintas, atau dipinggiran gedung gedung perkantoran. Orang kantor tak ada kepentingan untuk beli beras. Istri mereka, dan para housekeeper punya,  tapi jelas ditinggal di rumah dan tidak di boyong di kantor. Artinya, berjualan beraslah di perumahan, pasar beras, dan bukan di wilayah ekslusif perkantoran. 

Melakukan analisa penelitian sebelum memutuskan lokasi bisnis 
Mencari dan menemukan informasi mengenai beberapa hal yang menjadi hal penentu dan pengaruh pada bisnis sangat penting dilakukan, seperti analisa demografi akan memberikan informasi tentang lingkungan. Dokumen akan memberitahu siapa yang jadi penduduk, jumlah rumah tangga, populasi diperkirakan oleh ras, usia, dan pendapatan, kepadatan dalam satu hingga beberapa mil radius. Mengenali populasi calon pelanggan serta sesama usahawan dan pesaing dekatnya. Dapat juga melihat dari kesukaan umum serta apa yang dilakukan saat liburan oleh masyarakat sekitarnya, sampai dengan jumlah jalan, persimpangan hingga berapa banyak orang dan kendaraan yang melaluinya dalam sehari. Jadi untuk sebuah usaha yang sangat serius dibutuhkan memutuskan lokasi bisnis dengan pengamatan yang tepat.

Jangan pernah hanya mengandalkan agen penyewaan untuk memilih lokasi untuk bisnis. Analisa dibutuhkan untuk menemukan lokasi terbaik yang tersedia tanpa mengandalkan ucapan orang lain. Ucapan orang lain adalah data yang kurang akurat namun bisa menjadi referensi dalam urusan menentukan tempat usaha. Nalar sebagai usahawan bisa dijadikan pegangan, yang jelas tidak pernah menjadi lebih baik untuk memiliki sebuah bisnis berlokasi terlalu jauh dari jalan, di gang atau jauh dari jalan utama. Biasanya ujung persimpangan adalah lokasi yang sempurna, karena akses lewat masrakat dalam melakukan aktivitas diluar rumahnya.

Jangan ragu akan membayar lebih untuk lokasi tersebut. Perhatikan ketersedian tempat parkir juga penting. Pastikan lokasi usaha memiliki parkir yang memadai dan nyaman. Pelanggan ingin parkir di depan toko dan tidak ke samping atau di belakang lokasi bisnis. Seyogyanya bisa menhindari lokasi bisnis di jalan-jalan dengan garis pembagi atau lalu lintas satu arah. 

Tingkat persaingan

Lokasi yang ideal tidak hanya terletak di jalan-jalan sibuk dengan kesempatan besar yang terbuka dengan begitu saja, tetapi juga menjaga jarak yang tepat dari kompetisi yang kelewat ramai. Kesalahan para pemula adalah untuk membeli apa yang diyakininya menjadi tempat yang ideal hanya untuk menemukan pesaing yang menjadikannya sangat tertekan karena kelihatan tidak ramai dan tidak sibuk. Jadi dalam memilih lokasi tempat usaha monitorlah pesaing bisnis baik dari lokasi bisnisnya, besar kecil usahanya, hingga jenis pelayanannya. Pastikan skala bisnis yang akan dibuka, lebih besar atau lebih kecil dari pesaing yang ada. Jika lebih kecil maka menjaga jarak menjadi pedoman penting.

Jika lokasi bisnis yang sangat berdekatan dengan competitor atau pesaingnya, apalagi sampai sangat berdekatan hingga berhadap-hadapan yang terjadi seringkali hanya adu diskon, banting harga, dan beberapa trik dagang yang kurang sehat dan inisiatif merusak serta menghancurkan.

Berpegang pada ulasan diatas, maka menentukan lokasi yang akan dijadikan tempat bisnis adalah penting untuk dipilih dengan pertimbangan yang matang dan penuh analisis. Untuk kemajuan bisnis secara cepat sangatlah mutlak factor tempat usaha dijadikan indikator yang sangat menentukan untuk diperhatikan secara cermat dalam memilihnya.