Bisnis sampingan kecil bukan berarti hasil yang di dapat tidak besar

Minggu, 16 Desember 2012

Banyak dari mereka yang memiliki status sebagai pegawai ingin memulai atau memiliki bisnis sampingan walaupun dalam skala kecil. Sebagiannya lagi enggan karena berpikir bahwa bisnis kecil yang di jalankan hanya memberikan penghasilan yang tidak memadai atau tidaklah seberapa di bandingkan gaji bulanannya.

Beberapa bisnis jasa yang di jalankan secara kecil-kecilan dan hanya dianggap sebagai bisnis sampingan tidak jarang mampu memberikan dan mendulang keuntungan yang lumayan besar hingga mampu melampaui gaji  bulanan pelakunya sebagai pegawai atau pekerja  di sebuah perusahaan.

bisnis kecil sampingan
Seperti bisnis sampingan yang dilakukan dalam bidang perawatan dan pemeliharaan pendingin ruangan yang biasa disebut dengan air conditioning (AC) memang pada awal menjalankannya yang masih melayani sedikit pelanggan sudah tentu masih memberikan penghasilan yang tidak seberapa. Namun dengan investasi yang sama, saat bisnis di jalankan dengan baik dan benar, maka seiring dengan berjalannya waktu dan promosi yang dilakukan secara berkala serta konsisten mampu mengangkat jumlah pelanggan yang dilayani dan memberikan penghasilan yang tidak sedikit jumlahnya. Padahal pekerjaan dilapangan dilakukan oleh orang lain sebagai pegawai bisnis kecil tersebut.

Berbeda dengan bisnis sampingan jasa perawatan  pendingin ruangan, bisnis yang menyediakan jasa berdasarkan keahlian seperti jasa membuat laporan keuangan (akuntansi) dan jasa membuat laporan dan pengurusan pajak juga memberikan peluang penghasilan yang besar. Padahal basis dari pada bisnis ini adalah keahlian seorang akuntan yang mungkin saja saat awal membuka bisnisnya masih memiliki status sebagai tenaga akuntansi di sebuah perusahaan.

Apa sebenarnya keuntungan dari membangun sebuah bisnis yang di mulai hanya sebagai bisnis kecil, keuntungan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Bisnis tidak menguras waktu secara penuh, namun umumnya diawali dan dijalankan hanya sebagai bisnis sampingan atau paruh waktu.
  • Bisnis tidak mewajibkan permodalan awal yang besar, karena dalam pelayanan awal pada umumnya tidak menghandel pekerjaan secara penuh, namun kerap hanya pada sub bagiannya saja.
  • Bisnis kecil yang dijalankan pada awalnya tidak di promosikan secara besar-besaran yang membutuhkan biaya promosi yang besar, namun biasanya dipromsikan melalui kalangan sendiri sebelum berpromosi keluar. Promosi keluar dilakukan jika hasil yang didapat sudah cukup memadai.
  • Pekerjaan dalam bisnis kecil, walaupun seringkali diawali dengan dikerjakan oleh pemilik sendiri, namun pada perkembangannya sering melibatkan pegawai sebagai orang yang membantu pemilik bekerja baik secara permanen maupun secara freelance.
  • Hempasan atau masalah yang terjadi dalam sebuah bisnis kecil, umumnya hanya membutuhkan penangan yang sederhana dalam menyelesaikannya.
Kalau saat ini kita sudah mulai membangun bisnis kecil yang walaupun pada awalnya hanya berupa usaha sampingan dalam mengisi waktu luang atau untuk menambah penghasilan bagi keluarga yang masih dianggap kurang. Jika pada pelaksanaannya dilakukan dengan sungguh-sungguh dengan tujuan memberikan pelayanan yang baik dan mengutamakan kepuasan pelanggan dari usaha jasa yang diberikan, maka saat bisnis sudah berumur 5 tahun atau 10 tahun kedepan bisa di bayangkan berapa penghasilan dari bisnis kecil yang pada awalnya dijalankan hanya sebagai usaha sampingan.