Kiat melariskan bisnis cuci kendaraan bermotor

Minggu, 02 Desember 2012

Melihat perkembangan dari petumbuhan jumlah kendaraan bermotor baik berupa mobil yang menjadi kendaraan roda empat, maupun sepeda motor sebagai jenis kendaraan roda dua sangatlah membuka prospek bagi peluang usaha dan bisnis cuci kendaraan.

Sebenarnya untuk memajukan bisnis jasa cuci kendaraan bermotor tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, namun efek dari upaya-upaya yang di perbaiki sudah tentu memberikan lompatan pemasukan yang sangat besar melalui sedikit biaya dan waktu untuk menlakukan perbaikan tersebut.

kiat usaha cuci kendaraan
Pada dasarnya analisis memilih peluang usaha dan menjadikannya bisnis dalam jasa cuci kendaraan bermotor sudah sangatlah tepat guna dijadikan usaha yang dapat diandalkan saat ini. Berikut beberapa syarat dan langkah umum serta teknis untuk memjukan dan meramaikan bisnis cuci kendaraan bermotor baik mobil maupun sepeda motor.

Lokasi dan tempat
pemilihan lokasi yang tepat akan sangat berperan besar dalam kelancaraan bisnis cuci kendaraan ini, lokasi yang umum mudah ditemukan dan dicari jika domisili usaha tidak jauh dari pom bensin, bengkel, pusat perbelanjaan, hingga kawasan pemukiman. Konsumen kerap memilih lokasi yang berlahan besar, pemilihan lokasi sendiri tidak harus bebas dari kompetitor. Kalau perlu pilih lokasi jalan yang banyak dihuni usaha sejenis, karena akan sangat mengurangi biaya promosi. Yang penting buat dan pasang media reklame yang menonjol dan mudah diingat oleh konsumen.

Promosi dan komunikasi yang menarik
Dari sisi kelompok ekonomi kelas manapun sangat menyukai program promosi, dengan kecenderungan mau mencoba sebuah penawaran baru karena unsur promosi. Lakukan komunikasi yang baik dan berbeda dengan para pesaing atau kompetitor. Buat promosi yang sanggup membuat orang menjadi penasaran seperti menawarkan undian dan hadiah kejutan.

Suasana ruang tunggu yang nyaman
Tempat usaha wajib diatur senyaman mungkin, desain wajib disesuaikan dengan target pasar yang di inginkan. Jangan lupa menyediakan koran, makanan kecil, majalah, televisi, dan musik agar pelanggan tidak bosan menunggu.

Jaminan kualitas hasil cuci
Pelanggan tentu akan datang kembali jika menemukan kualitas atas jasa yang diberikan sudah sesuai dengan ekspektasi mereka. Jadi kita harus dapat memastikan bahwa hasil cuci dari usaha yang dibangun harus sangat baik dan bersih.

Pastikan setiap petugas bagian pencucian harus bekerja sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. bahan baku utama bekerja adalah air, jangan gunakan air keruh atau kotor dan berpasir. Pastikan bahan baku yang digunakan berkualitas baik dan jernih. Sedangkan untuk sabun dan peralatan yang digunakan lainnya gunakan yang standart dan sudah terbukti menghasilkan kualitas cuci kendaraan yang baik.

Pelayanan yang sangat baik (sevice excellent)
Pelanggan saat ini sudah pandai dan sangat memperhatikan pelayanan yang diberikan, kemampuan memberikan pelayanan yang terbaik sudah pasti menjadi pilihan utama. Faktor pelayanan dalam bisnis cuci mobil merupakan faktor yang membedakan antara bisnis yang dijalankan dengan para kompetitornya. Jika memungkinkan proses pencucian dari awal hingga akhir dapat dilihat langsung oleh konsumen, sehingga mereka faham akan perlakuan yang baik pada kendaraan kesayangannya.

Dalam mensukseskan hal ini sudah pasti pembekalan standar kerja kepada para SDM terutama di bagian pelayanan menjadi sangat penting. Penetapan standar kerja sebagai moto service excellent bukan hanya sekedar memberikan senyuman, namun lebih dari itu kemampuan dalam memberikan solusi bagi pelanggan yang membutuhkannya.

Penting untuk membuat SOP sebagai standar keramahan dalam memberikan pelayanan bagi seluruh SDM yang terlibat didalam bisnis, dari jam kerja, kecepatan bekerja, tingkah laku, sampai cara berkomunikasi dirasa penting dikembangkan guna meminimalisir komplin dari pelanggan. Namun jika SDM mampu bekerja dengan baik, usahawan wajib memberikan standar gaji, bonus, atas prestasi yang di buat karyawannya. Berbagi sedikit keuntungan mampu menimbulkan loyalitas dan dedikasi para pekerja.

Menutup seluruh proses pelayanan dari bisnis jasa cuci kendaraan bermotor, ucapan terima kasih yang tulus rasanya layak diberikan kepada para pelanggan yang telah bersedia menyisihkan pendapatannya untuk jasa yang di sediakan sebagai bisnis.