Menyambut Natal dan Tahun Baru dengan peluang usaha musiman

Rabu, 05 Desember 2012

Setiap saat memasuki bulan Desember kita di hadapkan pada dua hari besar yang umumnya dirayahkan secara masal, yakni hari Raya Natal bagi umat Nasrani dan Tahun Baru Masehi yang kedatangannya hampir bisa di pastikan di rayakan dan di sambut oleh masyarakat di berbagai belahan dunia.

Bagi rekan-rekan yang biasa berdagang dan ber jiwa entrepreneur melihat, tentu saja even ini bisa di jadikan waktu tepat untuk menjalankan bisnis dari peluang usaha musiman menyambut hari Natal dan Tahun baru.

terompet tahun baru
Peluang usaha ini, sangat tepat di lakukan untuk mendapatkan keuntungan yang besar, namun sangat di batasi oleh waktu. Mengingat produk dari bisnis yang di jalankan bersifat even dengan waktu yang terbatas. Namun demikian, karena permintaan yang melimpah dan peluang menjual yang sangat besar saat itu, membuat para pelaku usaha di bisnis ini sangat memiliki keberanian menjalaninya.

Apa saja jenis peluang usaha yang sangat prospek untuk di jadikan bisnis menyambut hari Raya Natal dan Tahun Baru? Dari pantauan team coffee breaks berdasarkan beberapa kebiasaan masyarakat Indonesia dalam menyambut kedua hari besar tersebut adalah sebagai berikut :
  • Bisnis kartu ucapan, Walaupun cukup terpukul dengan keberadaan handphone dan smart phone. Bisnis kartu ucapan natal dan Tahun Baru ini masih memiliki tempat bagi sebagian masyarakat. Apalagi usahawan menyediakan kartu-kartu ucapan yang unik dan buatan tangan (hand made).
  • Bisnis Pakaian, baik jadi maupun jasa menjahit pakaian marak ramai dalam menghadapi even acara perayaan hari besar Natal dan Tahun baru. Ingin tampil fashionable dan rapi memang menjadi pilihan masyarakat Indonesia pada umumnya.
  • Bisnis pernak pernik aksesories Natal dan Tahun baru, Pada umumnya umat Nasrani akan menghias rumah dan ruangan dengan berbagai pernah pernik menyambut hari Natal dan Tahun baru. Kebiasaan yang tidak hilang yakni memasang pohon natal dengan berbagai hiasan pernak pernik yang unik dan indah tentu saja membutuhkan produk yang dapat di perdagangkan.
  • Bisnis pembuatan kue dan kue kering, Perayaan hari Natal layaknya di isi oleh umat kristiani dengan saling berkunjung ke rumah keluarga, teman, sahabat, dan kerabat. Kebiasaan menjamu tamu dengan baik sering kali umumnya melibatkan santapan aneka kue termasuk kue kering.
  • Bisnis pembuatan parsel natal dan tahun baru, masyarakat indonesia cukup dikenal dengan kebiasaan yang saling berbagi dengan sesamanya, kegembiraan Natal dan Tahun baru juga di isi dengan berbagi yang sering kali melibatkan parsel dalam penyampaiannya.
  • Bisnis aksesoris tahun baru, kebiasaan merayakan tahun baru dengan tampil unik bagi sebagian masyarakat adalah wajib. Berbagai aksesories seperti topi, syal, dan lainnya laris manis dikenakan di tahun baru.
  • Bisnis Terompet, tahun baru kerap di isi dengan acara tiup terompet bareng yang khususnya menyambut detik-detik peralihan tahun. Tidak hanya di jalan, di lapangan, dan di perumahan kebiasaan tiup terompet bareng ini memberikan peluang usaha dengan keuntungan yang lumayan besar bagi pengrajin dan penjual terompet saat itu.
aneka aksesori natal
Beberapa hal yang perlu di perhatikan agar usaha dan bisnis musiman menyambut Natal dan Tahun Baru dapat memberikan keuntungan yang maksimal antara lain sebagai berikut :
  • Pentingnya memperhitungkan stok barang secara tepat, agar di akhir even tidak tersisa banyak stock yang tidak terjual dan berakibat mengurangi keuntungan yang bisa di dapat. Walaupun pada dasarnya beberapa produk masih bisa di jual pada tahun mendatang.
  • Pentingnya memilih lokasi berdagang yang ramai dan strategis, yakni lokasi dimana masyarakat berbelanja kebutuhan menyambut natal dan tahun barunya menjadi lokasi yang paling prospek.
  • Bagi usahawan yang menjual pakaian dan aksesories, pastikan mengikuti perkembangan mode yang sedang tren.
  • Bagi usahawan yang memproduksi aneka kue, pastikan kenali kue yang umumnya sering menjadi sajian di hari natal dan tahun baru bagi masyarakat di daerah anda.
  • Pengeloaan dan penyimpanan barang yang tersisa atau belum laku secara baik dan benar.
Saat-saat di bulan Desember seperti saat ini, sudah pasti membuat rekan usahawan musiman sedang bersiap dan bahkan sudah menggelar dagangannya lebih dini. Bagi rekan yang ingin memulai ikut mengambil keuntungan dari dua even besar di bulan Desember, referensi peluang usaha dan bisnis diatas bisa dijadikan referensi yang bagus.