Ide entrepreneur guna memulai bisnis industri kecil

Sabtu, 25 Agustus 2012

Peluang bisnis dan usaha memang tidak ada habisnya untuk dibicarakan, ini tidak terlepas dari luarbiasanya minat masyarakat yang ingin memiliki usaha sendiri dan berkiprah sebagai usahawan yang sukses. Namun tidak sedikit yang sudah harus kehilangan impianya sebelum, atau saat baru memulai yang dikarenakan kurangnya pengetahuan dan hanya berlandaskan pada emosional semata.

Padahal sebuah bisnis dapat berkembang dengan baik jika memiliki kemampuan memanage atau mengelola operasionalnya secara benar, baik masalah kualitas produksi, permodalan, kekaryawanan, pengelolaan keuangan, pemasaran, dan lainnya. Namun secara garis besar dan umum beberapa yang disebut diatas dianggap sudah cukup untuk menjalankan operasional secara baik

industri kecil
Beberapa faktor yang membuat sebuah bisnis khususnya industri kecil tidak bertahan lama dan berguguran dalam perjalanannya dikarenakan antara lain :
  • Usahawannya tidak memiliki keterampilan akan bisnis atau pengetahuan khusus akan produk yang di produksi. Membuat produk banyak yang gagal dan tidak berkualitas.
  • Permodalan yang terbatas, dan pengelolaan keuangan yang tidak terkendali
  • Minimnya pengetahuan pemasaran sehingga produk tidak dapat terjual.
  • Tidak memiliki daya tahan dan kreativitas dalam menghadapi ganjalan yang terjadi.
  • Ingin cepat sukses secara instan, namun kurang kemauan untuk menggali pengetahuan.
  • Serta banyak lagi yang menjadi penghambat kemampuan bertahan pada industri kecil.
Memulai usaha dalam bidang industri kecil memang akan membantu perekonomian keluarga, khususnya yang tidak mempunyai modal besar. Wirausaha modal kecil ini biasanya diminati oleh kelompok pemula. Karena biasanya dalam industri kecil sebagai enterpreneurship bermodal kecil diharapkan ketika memulai usaha sambil belajar menjadi lebih baik dan mendapat pengetahuan memanage bisnis dengan berbagai pengalamannya.

Berbicara mengenai industri kecil ini Kita akan turut serta juga memberdayakan masyarakat sekitar. Meskipun tidak memerlukan karyawan dalam jumah yang besar, namun setidaknya industri kecil ini akan memberikan angin segar untuk masyarakat sekitar. Selain mereka bekerja namun mereka dapat juga mendapatkan keahlian dan jika memungkinkan mereka dapat membuka sendiri usaha yang sama. Wirausaha modal kecil ini juga tidak terlepas dari yang namanya resiko kegagalan. Karena itulah sebelum memutuskan untuk membuka industri kecil, kreatifitas untuk merancangnya diperlukan. Berikut ide-ide untuk memulai industri kecil.
  • Karena bermodal kecil, pastikan produk yang dikelola dan dipasarkan merupakan kebutuhan masyarakat luas dan fast moving, hal ini memastikan modal dapat berputar dengan baik dan menghindarkan usahawan dari kesulitan keuangan. Karena produk dibutuhkan masyarakat maka pengetahuan pemasaran sederhana sudah cukup, karena produk memang dicari sebagai kebutuhan yang umum.
  • Karena bermodal yang terbatas, maka batasi produksi sesuai pesanan terlebih dahulu untuk memenuhi kebutuhan pesanan pelanggan saja, Selebihnya produk dapat di jual dan dipajang sebagai contoh untuk penawaran. Jika sudah mulai memiliki pelanggan tetap maka produksi dapat ditingkatkan sedikit demi sedikit, Ingat! jangan serakah dan gegabah.
  • Gunakan modal yang terbatas secara cerdas, mungkin dapat memulai industri dari hal yang kurang berguna. Pada saat sekarang ini Kita harus dapat memutar otak menghasilkan sesuatu yang kreatif dan juga bermanfaat. Jika perlu hal-hal yang dianggap limbah untuk orang lain, dapat dimanfaatkan. Sebagai contoh wirausaha yang bisa dilakukan adalah pengolahan limbah organik yang dapat digunakan sebagai pupuk. Anda bisa memanfaatkan serbuk gergaji, sekam padi dan juga kotoran hewan dan juga beberapa mikro organisme yang efektif. Wirausaha modal kecil ini dapat menghasilkan penghasilan yang lumayan besar. Usaha ini tidak memerlukan pengelolaan yang begitu rumit dan yang pasti modal yang tidak terlalu besar serta minim resiko. Selain itu usaha sejenis ini ramah lingkungan.
  • Untuk memastikan kinerja yang bagus, pastikan pada awal beroperasinya bisnis industri bebas dari hutang, sebagian pemula tidak dapat bertahan karena tekanan hutang yang memang cukup memusingkan, sehingga fokus bisnis dapat terpecah dan tidak konsentrasi.
  • Yang paling penting adalah mengelola keuangan hasil dari bisnis secara arif dan bijaksana, perkembangan bisnis indstri yang dikelola adalah sesuatu yang utama, jangan korbankan keuangan bisnis dari hal yang tidak berguna.
  • Bangun kegemaran untuk menambah pengetahuan yang dapat memajukan bisnis industri kecil yang sedang dibangun, agar pengetahuan akan relevan dengan berbagai pemecahan permasalahan, perencanaan, perbaikan kualitas produksi, pemasaran, dan lain sebagainya saat dibutuhkan.
Bisnis industri kecil yang umum di jalankan oleh pemula antara lain : usaha kuliner dan makanan ringan, pembuatan produk souvenir dan alat rumah tangga dari bahan limbah, berternak dan berkebun, serta berbagai usaha lainnya yang dapat ditemukan di kota anda.