Potensi antar jemput anak sekolah menjadi peluang usaha menjanjikan

Kamis, 25 Oktober 2012

Kegiatan mengantar dan menjemput anak yang pergi dan pulang sekolah dilakukan karena kasih sayang orang tua kepada anak-anaknya agar lebih merasa aman saat anak berada diluar rumah. Namun pada kenyataannya, tidak semua orang tua bisa dan memiliki waktu untuk melakukan kegiatan antar dan jemput sekolah kepada anak-anaknya. Sehingga orang tua kerap menggunakan jasa orang yang dapat dipercaya untuk menggantikan tugas antar jemput anaknya sekolah.

Selain menghindari permasalahan yang mungkin akan mengancam sang anak saat berangkat dan pulang sekolah jika dilakukan seorang diri, orang tua dapat mempercayakan ketepatan waktu anak menuju kesekolah dan pulang kerumah, dan memastikan sang anak benar-benar masuk sekolah, bukannya ketempat lainnya. Jika menyediakan kendaraan khusus dengan sopirnya sudah tentu biaya yang dikeluarkan akan sangat luar biasa besarnya, sehingga berlangganan antar jemput sekolah sang anak pada penyedia jasa tersebut menjadi alternatif pilihan orang tua.

usaha antar jemput
Bagi para entrepreneur yang melihat peluang ini bisa dijadikan bisnis, sudah tentu tidak akan mensia-siakan peluang atau kesempatan yang tersedia dan terbuka lebar. Pada faktanya beberapa usahawan yang sukses dalam menjalankan bisnis peluang usaha antar jemput anak sekolah berhasil dan sukses dalam membangun serta mengembangkan bisnisnya. Beberapa mengawalinya hanya dengan 1 unit kendaraan MPV roda empat, dalam beberapa tahun berhasil mengembangkan bisnisnya dengan layanan yang luas dengan equipment kendaraan roda empat MPV lebih dari satu unit hingga puluhan unit.

Bagaimana rekan calon usahawan yang memiliki minat untuk membangun bisnis antar jemput anak sekolah bisa berhasil dalam mendirikan, membangun, serta faktor apa saya yang perlu menjadi perhatian agar bisnis antar jemput anak sekolah bisa menuai sukses, simak penjelasan berikut ini :
  • Memiliki kendaraan roda empat yang akan digunakan sebagai alat operasional dilapangan, kendaraan yang digunakan umumnya bertipe mini bus yang mampu manampung dan mengangkut jumlah penumpang yang cukup banyak. Investasi awal tidak harus membeli kendaraan baru, tetapi walaupun bekas pastikan kendaraan masih bagus, hemat bahan bakar, serta lengkap dalam surat-surat operasional dan kepemilikannya.
  • Jika mengelola sendiri usaha ini, maka posisi sebagai sopir dapat dihandel sendiri. Namun saat harus mempercayakan kepada orang lain sebagai sopir maka pastikan orang tersebut sangat dapat dipercaya, cakap dalam mengemudi, memiliki SIM,  bersedia memelihara kendaraan dengan baik dan konsisten, serta penting untuk sabar dan telaten dalam melayani konsumen.
  • Pelanggan dalam bisnis antar jemput anak sekolah ini umumnya memiliki konsumen anak-anak yang masih bersekolah ditaman kanak-kanak atau TK, dan sekolah dasar atau SD, walaupun ada pula yang memberikan pelayanan pada anak sekolah tingkat SMP dan SMA. Hal ini bisa saja disusun dan menjadi target pilihan untuk konsumen yang mana yang akan dilayani. Penentuan target sangat penting untuk menentukan jenis pelayanan seperti jam operasi, metode komunikasi, cara pengawasan, sampai dengan penetapan tarif per konsumennya.
  • Data lengkap sekolahan konsumen, mulai dari nama, alamat,  jadwal masuk dan pulang, penanggung jawab serta berbagai data lainnya yang dianggap diperlukan. Tentu saja jika ada beberapa sekolah yang berada dalam kesatuan wilayah dan jam belajar yang sama akan lebih menguntungkan untuk dikelola.
  • Pelajari rute-rute yang dapat dilalui, sangat berguna untuk mnghemat waktu dan jarak apalagi jika terdapat titik kemacetan yang sering terjadi pada rute yang dilalui.
  • Tarif umumnya dikenakan secara berlangganan dalam satu bulan, sehingga dibutuhkan konsumen yang cukup untuk memperoleh hasil yang maksimal, jangan terlalu tinggi yang penting layak dan mampu bersaing. karena mengingat bisnis ini adalah bersistem langganan tetap.
  • Promosi pada awal bisnis antar jemput anak sekolah ini dilakukan layaknya diawali mulai lingkungan serta perumahan tempat usahawan berdomisili, hal ini selain lebih mudah untuk mendapatkan kepercayaan juga biaya yang dikeluarkan untuk promosi tidaklah besar. Promosi dengan alat dan media iklan dapat dilakukan saat usahawan berniat memperluas wilayah yang ditargetkan untuk dilayani.
Lalu apa saja yang dapat dijadikan pegangan untuk membesarkan dan mendapatkan kepercayaan konsumen hingga loyal untuk berlangganan antar jemput sekolah anaknya, sehingga usahawan dapat lebih memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
  • Bangun kepercayaan dengan jadwal waktu yang tepat, ini berguna bagi pelanggan dalam hal tepat waktu pergi dan pulang sekolah, sehingga orang tua tidak terbentur masalah dengan sekolah dan menghilangkan kecemasannya.
  • Bangun kepercayaan dengan jaminan keamanan dan kenyamanan, orang tua tentu menginginkan sang anak nyaman dan terjamin kesehatannya, faktor kebersihan menjadi prioritas utama dalam hal ini, dan ingat orang tua juga ingin anaknya ama selama diperjalanan. Sehingga melengkapi alat-alat keamanan dan keselamatan menjadi penting.
  • Bangun kepercayaan dengan memiliki kepastian operasional yang lancar, mungkin saja pengadaan kendaraan cadangan, atau kerjasama dengan usahawan antar jemput anak sekolah lainnya saat kendaraan utama yang digunakan sedang ada masalah.
  • Miliki kemampuan dalam membaca waktu-waktu yang mungkin akan terjadi kemacetan pada rute tertentu dalam operasional antar jemput dari lokasi jemput ke sekolah dan sebaliknya.
  • Miliki administrasi dan alat komunikasi yang memadai seperti absensi penumpang, daftar nomer telopon atau hp orang tua, sampai dengan seragam sopir dan kernet yang memberikan pelayanan.
  • Bangun kepercayaan konsumen dengan melatih dan memiliki sopir serta kernet yang sayang pada anak-anak, mampu bergaul, sabar, dan telaten dalam melayani mereka. Karena jika konsumen langsung yang tidak lain anak-anak merasa nyaman dan aman, ini membuat bisnis yang dijalankan bisa lebih nyaman dan aman bagi usahawan.
Dalam pengembangan dan lahan yang bisa diambil untuk memaksimalkan pendapatan pada bisnis antar jemput anak sekolah ini, pada jam luar sekolah dapat digunakan untuk menjalankan bisnis jasa angkut kegiatan lainnya, antar jemput dari tempat less atau kursus, hingga, jasa antar karyawan yang pulang kerja malam. Tambahan ini sangat menguntungkan dan dapat lebih meningkatkan kualitas kendaraan dengan biaya maintenance yang lebih maksimal.