Alasan menekuni bisnis kuliner dengan produk camilan

Minggu, 18 November 2012

Mengapa sebagian besar orang menyukai camilan? Pada dasarnya, kuliner camilan itu sangatlah beragam dengan jumlah yang sangat banyak. Begitu pula dalam membangun usaha dengan produk camilan, rekan usahawan dapat memilih satu atau beberapa jenis camilan yang dapat dijadikan produk andalan.

Saat ini makanan dan minuman atau yang sering disebut dengan "kuliner" sudah tidak sekedar menjadi pengganjal perut saja. Kesenderungan gaya hidup masyarakat pun turut mempengaruhi cita rasa mereka. Lihat saja, di era serba instan seperti sekarang ini masyarakat lebih menggemari makanan yang disajikan secara cepat saji.

usaha kuliner camilan
Selain itu menariknya, variasi kuliner dan dengan modal yang ditawarkan sangatlah fantastis, walaupun disisi lain dalam bisnis kuliner yang banyak digeluti dengan kompetitor yang tidak terbatas masih mampu berjalan lancar meskipun dalam persaingan yang ketat dan kompetitor yang tidak sedikit.

Lalu apa yang menjadi alasan menekuni bisnis di bidang kuliner jenis camilan ini? Menurut pengamatan, ada beberapa faktor yang melatar belakanginya, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Jika memperhatikan pangsa pasarnya sendiri, camilan bisa dijadikan peluang usaha dengan menonjolkan keunikan bentuk, hingga paduan rasa yang serba khas. Usahawannya tinggal memadukan rasa gurih, asin, pedas, manis, serta komposisi yang diselaraskan antara taste resep nasional dan internasional
  • Bisnis makanan dan minuman atau "kuliner" ini telah teruji dan tetap stabil dalam keadaan apapun. Untuk menunjang kebutuhan primer, jenis usaha ini dapat berupa pastry, cake, kur basah, dan jenis makanan engganti nasi seperti burger, pizza, ataupun kebab.
  • Usaha kuliner dengan jenis camilan identik dengan kegemaran sesorang terhadap jenis makanan tertentu, kalangan tertentu yang menyukai rasa alternatif internasional sudah tentu menginginkan cita rasa yang enak dan dapat dinikmati dimana dan kapan saja.
  • Bisnis makanan dan minuman ringan dapat saja dilakukan tanpa harus mengukuti kursus, bisa saja dengan cara autodidak dan belajar dari buku-buku tutorial, dan dengan sedikit pengetahuan serta keterampilan memasak dan meracik bahan-bahan penunjang. Seorang usahawan sudah dapat mendirikan sebuah usaha kuliner camilan yang praktis dalam pengolahannya.
  • usaha kuliner camilan terbukti dapat dimulai dengan modal yang sangat minimal atau kecil, dilakukan secara home industri atau bisnis rumahan dengan memanfaatkan peralatan kerja yang sudah ada dan tersedia didalam rumah.
  • Selain menu makanan dari luar, dalam negeri Indonesia saja sudah sangat berlimpah menu kuliner camilan yang dapat dan belum ter explore dengan baik. Sehingga lebih dapat diangkat kepermukaan dan lebih mudah di perkenalkan karena menu dalam negeri.
  • Peluang sukses dengan peminat yang berlimpah, maklum penduduk yang padat dan sangat beragam menjadi asset pemasaran dan konsumen yang sangat potensial.
  • Dari sisi permodalan, seorang usahawan sangat suka melakoni bisnis kuliner berupa camilan ini dikarenakan perputaran modal kerja yang sangat cepat, jadi dengan bermodal kecil yang mampu di putar dengan kecepatan memungkinkan untuk menghasilkan keuntungan yang banyak.
Demikianlah beberapa alasan mengapa seorang usahawan menyukai jenis usaha makanan atau kuliner yang bersifat camilan ini, dengan harapan rekan usahawan yang memiliki keinginan untuk membuka usaha camilan dapat memiliki referensi dan segera mewujudkannya dengan membuka usaha kuliner bersifat camilan ini.