Ciri pribadi usahawan tangguh dalam menjalankan bisnis

Selasa, 20 November 2012

Pernahkan kita bertanya pada diri kita sendiri, apakah kita bercita-cita ingin memiliki usaha atau bisnis sendiri? Baik dalam waktu dekat atau kelak pada waktunya nanti. Lalu kita lihat dan analisis diri kita sendiri, apakah ada ciri pribadi usahawan tangguh tersebut disana?

Setiap pengusaha atau entrepreneur akan menemui banyak sekali tantangan dan rintangan, baik saat memulai rencana berbisnis, awal membuka bisnis, dan perjalanan selama bisnis di bangun. Karena itu, bagaimana cara kita mengatasinyalah yang akan menentukan apakah bisnis yang dijalankan akan sukses atau gagal.

ciri usahawan tangguh
Dilihat dan dipelajari dari pribadi para usahawan yang sukses, terdapat beberapa ciri yang dominan dan melambangkan bahwa mentalnya merupakan kekuatan yang memiliki potensi dalam mengelola sebuah atau beberapa buah bisnis. Ciri kepribadian tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak berdiri sendiri-sendiri. Namun mereka saling mendukung dan melengkapinya.

Berikut adalah lima analisis yang menjadi tips ciri pribadi usahawan tangguh dan sukses menurut Adam Nelson dan Lee Rhodes, para pebisnis yang berhasil menjadi peraih penghargaan dari Entrepreneur Magazine.

Kemampuan membangun dan mengembangkan networking
Berkembangnya sebuah bisnis sudah dipastikan harus memiliki jaringan atau networking, keahlian dalam mengembangkan networking perusahaan menjadi faktor penentu kecepatan berkembangnya usaha yang di bangun. Kembangkan kemampuan networking kita dan keluarlah untuk berdiskusi dengan banyak orang. “Cari orang di mana kita bisa belajar darinya,” kata Adam Nelson. Menurutnya, kadang apa yang tidak kita butuhkan hari ini, kemungkinan akan dibutuhkan besok.

Memiliki kepercayaan diri dan tidak mudah dipengaruhi
Tanpa kepercayaan diri yang kuat tidak akan berdiri sebuah bisnis, atau tidak akan berjalan sebuah bisnis. usahawan tangguh memiliki kepercayaan diri yang dalam dan kuat. Selalu saja ada orang yang tidak percaya pada kemampuan kita, terutama saat bisnis baru berjalan. Kadang kita memang butuh saran dan pendapat orang yang lebih paham seputar bisnis, namun kadang kita juga harus percaya pada keputusan dan kemampuan sendiri. Karena pada dasarnya, yang benar-benar paham akan bisnis kita adalah kita sendiri.

Berani ambil risiko dan yakin akan tindakannya
Tidak ada bisnis yang bebas dari resiko, baik resiko mendapatkan keuntungan maupun resiko menderita kerugian. Tak ada pengusaha sukses yang tak berani mengambil risiko, karena itulah jangan pernah takut untuk mencoba, kata Nelson. Yakin akan tindakan serta keputusan yang diambil adalah kuncinya. Jelasnya sebelum sebuah keputusan diyakini benar sudah melalui proses analisis yang ketat.

Tidak mudah menyerah dan pandai menyembunyikan kelemahan
Kelemahan atau memiliki kelemahan adalah hal yang lumrah, karena pada prinsipnya tidak ada yang sempurna dan bisa menguasai segalanya. Namun sebuah kelemahan bukan dipandang sebagai titik lemah, usahawan tangguh akan berusaha menanganinya dan tidak akan meyerah untuk kalah. Jika kita tidak menguasai sesuatu, pastikan kita memiliki seseorang yang ahli sebagai partner. Misalnya, kita adalah orang yang lebih senang melihat semuanya secara keseluruhan dan tidak menyukai detail, tapi menurut Lee Rhodes dalam bisnis, perhatian pada setiap detail adalah penting.

Jangan takut untuk berbagi
Berbagi merupakan jalan pintas yang baik untuk membangun networking atau relasi, baik internal maupun eksternal. Melalui media berbagi kita bisa mengenal dan berkomunikasi dengan orang lain. Menurut Nelson, jangan pernah takut untuk berbagi atau menceritakan ide-ide lita. Mungkin mereka tidak dapat membantu kita, tapi siapa tau orang lain bisa.

Sekali lagi, cobalah perhatikan dan analisis, apakah ada ciri-ciri diatas dalam diri kita? Jika memiliki cita-cita ingin memiliki usaha sendiri. Kini saatnya kita mulai membenahi kepribadian dan meningkatkan pengetahuan agar memiliki kapabilitas sesuai dengan ciri pribadi usahawan yang tangguh untuk mewujudkan bisnis yang diinginkan.