Kerajinan anyaman manik peluang usaha rumahan menambah penghasilan

Selasa, 13 November 2012

Peluang usaha yang tersedia secara melimpah di negeri ini seakan memang tidak ada habisnya, ketersedian peluang tersebut memang belum sebanding dengan jumlah sdm sebagai entrepreneur yang mengambil peluang usaha tersebut menjadi sebuah bisnis mandiri. Salah satu upaya pemerintah untuk mendorong majunya UMKM dan koperasi dengan menelurkan program KUR (Kredit Usaha Rakyat) dengan tujuan membantu pembangun usaha kecil menengah dan koperasi.

Didalam rimba peluang usaha dan bisnis yang tersedia diantaranya adalah peluang usaha kerajinan anyaman. usaha kerajinan anyaman ini memang sudah ada sejak lama dan telah ditekuni, namun sifatnya masih pengetahuan turun temurun. Bahan dasar yang tersedia melimpah, permodalan kecilpun bisa memulai usaha ini, serta bisa dikerjakan dirumah menjadi ciri dari peluang usaha kerajinan anyaman.

kerajinan manik-manik
Cabang dari kerajinan anyaman ini salah satunya adalah anyaman manik-manik, kerajinan yang umumnya berupa home industry menganyam manik yang menghasilkan berbegai produk baik produk rumah tangga, cindera mata, sampai dengan fashion mampu dihasilkan. berbagai pola mampu dibuat dan dihasilkan untuk lebih memperindah dan mempercantik, guna lebih menarik minat konsumen.

Salah satu pusat kerajinan anyaman manik yang terkenal adalah produk anyaman manik khas kalimantan, produk dibuat dari rangkaian manik-manik membentuk pola ornamen terkenal khas dayak kalimantan menjadik produk tampak unik namun elegan dengan daya seni yang sangat tinggi.

Bahan dasar manik umumnya menggunakan manik sintetis berbahan plastik, walaupun demikian ada pula manik berbahan batu alam asli yang konon tersedia sebagai bahan batu alam  yang ada di tanah kalimantan, soal harga sudah tertu kerajinan manik berbahan batu alam asli akan memiliki harga yang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan kerajinan manik berbahan manik sisntetis atau plastik olahan.

anyaman dompet manik
Dasar pengetahuan menganyam bisa didapat melalui kursus menganyam manik, atau mengikuti pelatihan kerajinan anyaman yang sering di adakan oleh pemerintah daerah, bisa juga melalui buku-buku panduan teknik menganyam, atau menimba ilmu dengan bekerja dahulu di industri-industri kerajinan anyaman masyarakat.

Kiat sukses di usaha kerajinan tangan anyaman manik ini bisa di bangun dengan cara, antara lain :
  • Gunakan bahan manik yang berkualitas untuk produksi kerajinan yang dikerjakan.
  • Ciptakan produk-produk anyaman yang memang sudah banyak peminatnya dan tersedia pasarnya, namun tidak ada salahnya berkreasi menganyam produk baru atau berimprovisasi pada motif anyaman yanh dihasilkan.
  • Membangun hubungan baik dengan para pemilik outlet yang menjual berbagai jenis kerajinan dan cinderamata. Baik yang di pasar sentra dagang kerajinan, outlet-outlet di pertokoan dan mall, maupun outlet yang berlokasi di tempat wisata.
  • Mencari peluang pasar diluar daerah dengan berpromosi baik secara offline maupun menggunakan sarana online. Salah satunya ikut serta dalam pameran-pameran industri kecil dan koperasi yang sering diadakan sebgai even.
  • Sabar dan ulet menghadapi segala tantangan yang terjadi serta konsisten memegang teguh semangat memajukan usaha kerajinan yang dikelola.
Kerajinan industri anyaman ini sangat memungkinkan dapat membawa seorang usahawannya menjadi seorang entpreneur sukses, keberhasilan dalam mengelola pemasaran dengan promosi yang ulet tiada henti menjadikan produk dapat lebih dikenal dan terbangunnya minat masyarakat. Saat seorang entrepreneur atau usahawan kerajinan anyaman menemukan pasar potensial yang mampu menyerap produk dengan besar, maka saat itu kesuksesan sudah di depan mata.

Bagi rekan-rekan diluar daerah yang ingin memiliki atau berminat dengan kerajinan manik dari kalimantan dengan design ornamen dayak kalimantan, dapat menghubungi kami untuk informasi dan mendapatkannya.