Maju berkat kredit usaha rakyat (KUR) dan tips mengajukannya

Sabtu, 03 November 2012

Membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah seperti membalikan telapak tangan saja untuk mencapai kesuksesan, tidak sedikit usahawan pemula berjatuhan menutup usahanya karena beberapa kendala yang tidak dapat diatasi. Salah satu permasalahan yang sering ditemukan adalah permodalan, baik diawal membangun bisnis maupun saat melakukan pengembangan atau perluasan usaha.  Khusus untuk pelaku usaha UMKM (usaha mikro kecil dan menengah) dan koperasi, Saat ini pemerintah dan lembaga keuangan  perbankan memiliki program KUR (Kredit usaha rakyat).

KUR (Kredit usaha rakyat) merupakan kredit yang khusus ditujukan untuk membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi yang memiliki usaha dan berkeinginan untuk mengembangkan usahanya menjadi lebih maju, namun tidak mempunyai agunan, ketika harus meminjam sejumlah dana ke bank. Dengan adanya program KUR, UMKM dan koperasi yang memiliki usaha bisa mendapatkan pinjam dengan persyaratan lebih lunak dan mudah. Jadi kesimpulannya, harus ada bentuk usaha yang sudah berjalan dan terlihat secara fisik bisnisnya. Kenapa ditekankan harus ada usaha nyang berjalan, Ini semua supaya tidak terjadi kesalahan dalam penggunaan dan penyaluran KUR.

kredit usaha rakyat
Pada dasarnya penyaluran KUR adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam menyalurkan kredit pembiayaan terhadpa UMKM dan koperasi.  Program KUR didukung oleh beberapa departemen yang terkait, yaitu Kementerian Negara Koperasi dan UKM, Departemen Pertanian, Departemen Kelautan dan Perikanan, Departemen Perindustrian dan Departemen Kehutanan. Sementara lembaga keuangan perbankan yang mendukung program ini adalah Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, Bank Bukopin, dan Bank Syariah Mandiri. Luar biasanya data lembaga perbankan BRI sendiri saja mencatat Per Juni 2012 kredit KUR BRI tercatat mencapai Rp17,7 triliun yang terdiri dari KUR mikro sebesar Rp12,7 triliun sudah disalurkan dengan nasabah peminjam  sebagaidebitur KUR mikro BRI tercatat sebanyak 2 juta, dan KUR ritel 35.200.

Keuntungan mengembangkan bisnis kecil dengan memaksimalkan kredit usaha rakyat (KUR) diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Proses lebih cepat dan mudah.
  2. Untuk pinjaman usaha kecil 5 s/d 20 juta (KUR mikro), memungkinkan diberikan tanpa jaminan.
  3. Pembelajaran bagi UMKM untuk menjadi debitur yang bankable sehingga dapat dilayani sesuai ketentuan komersial perbankan pada umumnya.
  4. Bunga kecil maksimal effektif 22% pertahunJangka waktu pengembalian dan cicilan ringan, umumnya bisa sampai 6 tahun.
Lalu bagaimana cara mendapatkan pinjaman pembiayaan usaha melalui program KUR bagi usahawan kecil, apalagi usaha kecil yang dikelola dalam mengajukan pinjaman kredit tersebut tidak memiliki agunan untuk dijadikan jaminan. Berikut tips dari coffee breaks agar rekan-rekan dapat mengembangkan usahanya.
  • Bangun usaha terlebih dahulu, dan kelola dengan baik dengan administrasi sederhana bagi usaha mikro kecil.
  • Pastikan usaha telah berdiri dan dikelola minimal 6 bulan, akan lebih baik lagi jika lebih dari 6 bulan atau satu tahun.
  • Sudah bermitra atau menjadi nasabah bank yang akan dijadikan tempat mengajukan pinjaman kredit KUR.
  • Memiliki legalitas yang cukup minimal KTP (Kartu tanda penduduk), KK (Kartu keluarga), dan surat keterangan memiliki dan mengelola usaha minimal dari kelurahan ditempat domisi usaha.
  • Ajukan nilai kredit sesuai kebutuhan yang diperlukan, baiknya ajukan dalam nilai kecil terlebih dahulu sebagai contoh 5 juta untuk usaha rumahan. Berusaha menjadi nasabah yang baik dan disiplin dalam pengembalian kredit. Jika membutuhkan tambahan permodalan bisa diajukan kembali setelah beberapa bulan berjalan.
  • Datang dan mengisi formulir pengajuan permohonan kredit KUR di lembaga keuangan perbankan yang dipilih.
  • Menyetujui survey yang akan dilakukan oleh petugas bank atas kelayakan pembiayaan usaha yang diajukan secara fisik bisnis.
Luar biasanya dari program kredit usaha rakyat atau KUR ini merupakan kebijakan pemerintah untuk mendorong agar usaha mikro menengah dan kecil bisa lebih maju dan mampu berkembang menjadi usaha yang lebih besar. Program kredit KUR ini sebagai dukungan pemerintah agar lebih banyak lagi lahir entrepreneur ditanah air guna memperkokoh perekonomian bangsa. Kesempatan ini sangat luar biasa dan membawa manfaat yang besar bagi entrepreneur pemula sebagai pelaku usaha mikro kecil. Sudah selayaknya bisa dimanfaatkan dengan bijak dan rasa syukur  semata untuk membesarkan usaha yang dibangun dengan serius dan menguras tenaga serta pemikiran rekan usahawan yang berkeinginan sukses membesarkan usahanya.