Tampilan keren sablon logo di gelas pastik menjadi peluang usaha percetakan

Minggu, 11 November 2012

Promosi yang unik dan setiap saat dilakukan. Itulah kegiatan proses dalam membesarkan bisnis tanpa henti dan batas waktu. Bagaimana tidak, selain bertujuan menancapkan brand image dengan lebih dalam ke pada konsumen, tetapi efek lainnya menjadikan produk menjadi lebih menarik dengan kemasan yang keren, walaupun pada dasarnya konsep penjualan yang diusung adalah kaki lima.

Memaksimalkan seni desain yang unik, dan hanya mencantumkan sebuah logo yang terkadang bahkan hanya potongannya saja, serta ditambahkan dengan tag line promosi yang singkat. Para entrepreneur yang bergerak di bisnis minuman ringan atau berjualan es memaksimalkan gelas plastik cups sebagai kemasan yang keren dan ajang promosinya.

sablon gelas plastik
Dari kebutuhan tampil dengan kemasan yang keren dan menjadikan gelas plastik cups sebagai media memperkuat brand image membuat peluang usaha ini menjadi sangat terbuka bagi mereka usahawan percetakan yang khususnya membidangi pekerjaan-pekerjaan cetak sablon. Tumbuh suburnya usaha-usaha kecil yang membidangi  atau menjual berbagai macam minuman seperti es cendol, es doger, es campur, es teler dan sebagainya sarat menjadi relasi yang potensial bagi usawan sablon gelas plastik ini tentunya.

Bahan baku gelas yang digunakan biasanya jenis Polypropylenfi dan Polethyle-ne Terephthalate (PET) sebagai gelas kemasan plastik yang digunakan sekali pakai. Untuk bahan baku gelas bisa saja usahawan percatakan yang mensupply sekaligus mencetakan sablonnya, atau dengan altenatif bahan gelas kosumen yang mensupply, jadi usahawan percetakan hanya memberikan sablon logonya saja.

Pada dasarnya dalam hal proses pengerjaan sablon pada gelas pelastik sama saja dengan teknik mengerjakan sablon pada umumnya, yang membedakannya adalah media yang disablon. Kalau umumnya penyablonan dilakukan pada bidang datar, untuk menyablon digelas plastik jelas bidangnya mengikuti bentuk dari gelas tersebut. Jadi peralatan kerja sablon yang digunakan adalah standart, hanya perlu dibuatkan braket untuk meletakan gelas agar ikut berputar pada saat proses penyablonan.

sablon kotak foam
Pada bisnis cetak logo dengan sablon di gelas plastik ini umumnya konsumen yang menjadi pelanggan datang dari para usahawan penjualan minuman berupa berbagai macam jenis es, kopi, dan teh secara retail. Baik sebagai bisnis yang berbentuk wara laba maupun perseorangan. Walaupun terkadang usahawan cafe dan restoran juga menggunakan jasa cetak sablon digelas plastik ini.

Kunci sukses di bisnis ini adalah menghasilkan kwalitas hasil cetak sablon yang bagus, dapat di kerjakan dengan kecepatan, namun minim kesalahan. Serta kemampuan mempertahankan kebersihan gelas dari kotoran sablon yang mungkin saja bisa terjadi saat proses pengerjaannya. Kabar baiknya bisnis ini dapat dikembangkan dengan jenis peluang yang sama pada kotak makanan berbahan plastik dan foam yang saat ini juga ramai digunakan sebagai kemasan makanan cepat saji dan kotakan.

Jika saat ini ada usahawan yang mampu berproduksi hingga 100.000 gelas perbulan dengan harga jual Rp. 700,- sampai dengan Rp. 800,- pergelasnya, maka omset yang bisa didapat sangat luar biasa untuk ukuran sebuah bisis kecil yaitu kisaran 70 juta sampai 80 juta rupiah. Tentu saja ini menjadi peluang emas untuk di kerjakan dan kendaraan bisnis yang bagus untuk memulai menjadi usahawan.