Memaksimalkan data keuangan bisnis dengan software akuntansi

Kamis, 08 November 2012

Keuangan merupakan salah satu bagiaMemaksimalkan data keuangan bisnis dengan software akuntansi.
Keuangan merupakan salah satu bagian yang terpenting dalam sebuah bisnis dan perusahaan, Dibutuhkan laporan keuangan yang baik dan benar untuk mendukung kegiatan operasional bisnis agar perencanaan dan kebijakan dapat dibuat secara optimal dengan tingkat akurasi yang tepat.

Berbagai laporan harus bisa dihasilkan oleh bagian keuangan, baik perputaran cash flow, biaya produksi, laporan rugi laba (income statement), hingga menarik laporan neraca. Kalau selama ini pekerjaan laporan keuangan dikerjakan dengan cara manual sangat membutuhkan waktu sebelum laporan dapat disajikan, namun dengan menggunakan bantuan software akuntasi masalah ini lebih bisa teratasi.

software bisnis keuangan
Berbagai jenis software banyak beredar di pasaran, dari software yang diproduksi oleh tenaga ahli dari luar negeri maupun dalam negeri, dari yang berharga mahal hingga software yang dapat dibeli dengan harga yang terjangkau. Namun pada dasarnya keberhasilan penggunaan software akuntansi bisa membantu dengan baik aktivitas bisnis jika saoftware mampu melakukan pengolahan data keuangan dengan menghasilkan laporan-laporan keuangan yang dibutuhkan sebagai alat informasi dan pelaporan. Yang terbaik sudah tentu jika memiliki kriteria simpel, mudah di operasikan, mampu menghasilkan data yang sangat dibutuhkan, serta harga belinya terjangkau.

Ada beberapa tips dalam memilih software akuntasi yang bisa digunakan utuk memutuskan jenis software apa yang akan dijadikan sistem dalam mengolah keuangan bisnis perusahaan, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Pastikan membeli software yang asli (originil) , tidak membajak hak cipta orang lain.
  • Karena software menjadi alat yang digunakan setiap hari guna pengolahan data keuangan, maka pastikan software dapat menjalankan fungsinya dengan baik, tidak rewel hingga menyulitkan dalam pengoperasiannya.
  • Pastikan software yang digunakan memberikan indikasi penghematan, bukan malah berakibat pada pemborosan dalam pengelolaan data bisnisnya.
  • Berkonsultasi dengan mereka yang ahli dibidang it dan keuangan, dahulukan memilih software populer sebagai prioritas, karena sudah umum dan biasa digunakan oleh usahawan lainnya. Karena semakin banyak dan populer software tersebut digunakan oleh perusahaan lainnya bisa jadi produknya sudah lebih matang dan stabil.
  • Pilihkan software yang dikembangkan oleh perusahaan pengembang software yang terpercaya, dan memiliki track record cukup lama berkecimpung dalam bisnis tersebut. Industri IT adalah industri yang sangat dinamis, tidak sedikit perusahaan yang tiba-tiba muncul namun menghilang dengan cepat pula.
  • Pilihkan software akuntansi yang cukup lengkap, komprehensif, dan mudah dipakai. Yang tidak kalah penting adalah kesesuaian aplikasi tersebut dengan lingkungan kerja setempat. Misalnya, karena bisnis beroperasi di Indonesia, maka hendaknya software akuntansi yang dipilih sesuai dengan peraturan PSAK dan peraturan pajak setempat.
  • Aplikasi apapun tidak ada yang sempurna, jadi jangan berpikir perfeksionis.
  • Tanyakan bagaimana bantuan pasca penjualan (after sales service). Produk yang troubleshooting-nya bisa ditangani dan lakukan sendiri dengan mudah mungkin lebih nyaman dalam penggunaan jangka panjang dibandingkan dengan produk yang menawarkan bantuan teknis yang terlalu berlebihan.
  • Pastikan juga software yang dijadikan pilihan mempunyai rencana pengembangan secara terus menerus.
  • Pergunakan software yang bisa juga digunakan oleh rekan kerja atau relasi terkait yang lain, dengan desain template, bill of material, work order, yang cocok untuk semua bentuk dan pengoperasiannya terbilang mudah. Seperti pengoperasian secara umum, menyusun laporan, dsb.
  • Bila mungkin, pergunakan software yang dikembangkan oleh perusahaan terpercaya yang sekaligus menyediakan jasa training pengoperasian.
Kembali pada tujuan dalam menggunakan software akuntansi dalam mengolah data keuangan dengan lebih baik, lebih aktual, lebih lengkap, lebih ekonomis, dan lebih membantu kinerja dalam memajukan bisnis perusahaan. Sehingga tepat dalam memilih dan menentukan software keuangan yang digunakan akan memberikan keuntungan dalam jangka panjang dengan jaminan akan termonitornya lebih baik lagi data posisi keuangan bisnis yang dijalankan.

Sebagai kesimpulan dalam menggunakan software akuntansi sudah tentu akan memudahkan, mempercepat, bukannya menyulitkan dalam mengolah data keuangan bisnis perusahaan.