Menghadirkan jiwa entrepreneur melalui berbagai sarana dan seminar bisnis

Kamis, 08 November 2012

Seminar dan pelatihan bisnis sering kali diadakan sebagai media membangun bibit-bibit muda calon pemimpin sekaligus entrepreneur handal, menciptakan pemimpin dan entrepreneur handal tidaklah semudah seperti membalik telapak tangan. Membutuhkan waktu dan berbagai pelatihan untuk membangkitkannya.

Seringkali seminar-seminar kepemimpinan dan bisnis diadakan oleh pemerintah seperti dari kadin, pemberdayaan UMKM dan koperasi, Pajak, BUMN. Namun tak jarak pihak swasta juga ikut ambil bagian sebagai bentuk kepedulian kepada pelaku usaha mikro menengah dan koperasi. Berbagai pembinaan dan pelatihan kepemimpinan dan usahawan dilakukan sebagai bekal dalam menjalankan sebuah bisnis.

seminar pelatihan bisnis
Sadar akan pentingnya pengetahuan mengenai kepemimpinan dan wirausahawan, maka sering-seringkah untuk mengikuti seminar-seminar yang diadakan di daerah-daerah, baik seminar yang diadakan secara gratis maupun berbayar. Karena selain mendapatkan berbagai pelahjaran dan pengetahuan yang tidak diterima di bangku sekolah maupun kuliah, berbagai pengalaman menarik di bagikan dengan cara share sehingga semakin memotivasi dan tersedianya sarana dan waktu bertemu dengan rekan-rekan usahawan lainnya.

Selain sarana seminar bisnis, kita juga bisa menuntut pengetahuan melalui sarana yang telah ada, kita sebenarnya bisa mempertajam bakat wirausaha dan intuisi berbisnis dengan cara berikut:

Membaca referensi bisnis
Buku bisnis praktis yang ada sekarang ini ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti, dan dilengkapi dengan bonus CD jika Anda ingin mendengar versi audionya. Pilihlah buku dengan bidang yang sesuai pilihan kita, lalu pelajari tips praktis yang disediakan.

Aktif dalam diskusi, talk show, atau seminar bisnis
Mulailah mengikuti jadwal diskusi, talk show, atau seminar bisnis, dimana saja. dan kapan saja selama anda bisa tentunya. Dari berbagai tema seminar bisnis yang diadakan, Anda bisa mengikuti perkembangan trend bisnis saat ini. Seminar semacam ini biasanya juga dihadiri para pemula di bidang bisnis. Anda bisa mengetahui apa saja problem yang mereka hadapi saat terjadi tanya-jawab.

Banyak hal lain yang menguntungkan bisa Anda peroleh dari mengikuti seminar bisnis, di antaranya:
  • Memperoleh ilmu seputar bisnis.
  • Bertambah pengalaman, setidaknya dari pengalaman narasumber, bagaimana menjalankan bisnisnya.
  • Menginspirasi dalam ide dan inspirasi yang bisa memompa semangat.
  • Bertambah banyak kenalan, sehingga membuka peluang untuk menjadi partner bisnis.
  • Mempromosikan usaha yang sedang dijalankan, dengan berbagi kartu nama dan presentasi singkat tentang karakter bisnis sebagai fokus.
  • Bimbingan gratis dengan berbagai pihak yang lebih berpengalaman dalam berbisnis.
Mencari mentor
Sebuah contoh menjadi kebutuhan yang juga penting. Dengan adanya contoh Anda bisa menemukan semangat, ilmu, serta pengalamannya bertahan. Cara mendapatkan mentor adalah dengan membuka pergaulan seluas-luasnya. Di antaranya dengan mengikuti berbagai kesempatan diskusi, talk show, atau seminar bisnis.

Terjun langsung
Selesainya belajar melalui seminar bisnis dll, memotivasi diri dengan pengetahuan bisnis, kini saatnya memulai. Modal nekad memang bisa menjadi pemicu. Tentu saja sertai perhitungan yang matang berdasarkan ilmu yang telah dipelajari dan diserap sebelumnya, ditambah modal usaha, persiapan, dan relasi yang cukup luas. Berhasil membuka usaha dan terus belajar adalah perjalanan sepanjang hidup untuk menyempurnakan bisnis.

Rajin mengikuti training atau pelatihan bisnis
Sama halnya dengan kegiatan sebelumnya seperti seminar bisnis, pelatihan juga punya kontribusi besar untuk kemajuan sebuah bisnis. Dengan pelatihan, entrepreneur bisa mendapatkan ilmu bisnis praktis dengan waktu lebih banyak. Memang, terkadang harus membayar cukup mahal untuk mendapatkan ilmu tersebut. Namun, anggaplah biaya training sebagai investasi awal untuk memancing lebih banyak lagi materi dari bisnis yang akan di kembangkan nantinya. Selain itu seminar pelatihan bisnis sangat baik jika dianggap sebagai refreshing dan penyegaran.