Menuai rejeki pagi dengan peluang usaha kedai sarapan

Sabtu, 10 November 2012

Hampir semua orang memiliki aktifitas sebelum mengawali paginya dengan sarapan pagi, baik yang akan berangkat sekolah, pergi berkerja, para ibu sebelum beraktivitas rumah tangga, bahkan yang bekerja malam sebelum beristirahat diawali dengan sarapan pagi. Apalagi saat ini dikota-kota besar, jauhnya jarak rumah dengan tempat bekerja membuat sebagian pekerja menikmati sarapan paginya diluar rumah.

Peluang mengambil rejeki dipagi hari melalui membuka bisnis sarapan pagi ini cukup prospek guna melayani mereka yang tidak sempat sarapan pagi dirumah hingga memutuskan sarapan paginya diluar, atau para ibu rumah tangga yang dikarenakan aktivitasnya terpaksa menyiapkan sarapan pagi keluarga dengan cara membelinya diluar.

bisnis kedai sarapan pagi
Peluang usaha ini bisa di lakukan oleh siapa saja, baik pria maupun wanita. Dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil, dan mengandalkan supplier guna memasok berbagai menu sarapan di kedai yang dibuka. Namun mengambil peluang usaha bisnis kedai sarapan pagi ini wajib memiliki dan membangun komitmen awal untuk mengatur bangun tidurnya lebih dini, mungkin dimulai pada saat subuh.

Pekerjaan dilakukan dengan waktu yang sangat terbatas, karena hanya mengandalkan momen sarapan pagi, ramainya kedai biasanya dimulai pada pukul 06.30 sampai dengan pukul 8.30. Jika memiliki pelanggan yang cukup banyak sudah pasti membutuhkan tenaga bantuan yang seimbang agar pelayanan dapat diberikan dengan cepat, mengingat terbatasnya waktu yang dimiliki untuk aktivitas sarapan paginya.

Lalu bagaimana memulai membangun bisnis kedai sarapan pagi dan tips mengelolanya agar dapat menjalankan bisnis dengan baik dan berkesempatan sukses berbisnis kedai sarapan pagi, antara lain.
  • Lokasi menjadi  sangat penting untuk bisnis kedai sarapan pagi yang ramai, dapatkan lokasi yang strategi baik di pinggir jalan besar sebagai pusat lalulintas masyarakat atau pada lokasi komunitas tertentu seperti lokasi pusat pelajar dengan banyak sekolahan, atau lokasi pusat pegawai diantara banyaknya instansi baik pemerintah atau swasta dilokasi tersebut.
  • Sesuaikan menu yang dijual dengan lokasi bisnis kedai sarapan berdiri, jika lokasi di pinggiran jalan dengan lalulintas masyarakat tentu akan lebih bebas dalam menentukan menu, namun untuk lokasi di daerah komunitas sudah tentu menu untuk pelanggan anak sekolah akan berbeda dengan menu para pegawai.
  • Untuk meyakinkan pelanggan mampir di kedai sarapan yang dikelola, pastikan kebersihan menjadi bagian utama yang wajib diperhatikan. baik pada lingkungan terdekat sekitar kedai secara umum, dalam kedai secara khusus, dan peralatan masak dan penyajian seperti piring, sendok dan garpu sangat khusus.
  • Untuk kepuasan pelayanan, pastikan pelanggan tidak menunggu terlalu lama guna medapatkan pesanannya. Karena umumnya aktivitas sarapan ini dlakukan dengan terburu-buru guna dilanjutkan aktivitas lainnya, seperti bekerja dan sekolah.
Walupun dalam berbisnis kedai sarapan ini tampak mudah untuk dilakukan, namun untuk bisa sukses biasanya melalui beberapa hambatan yang tidak dapat diselesaikan dengan waktu yang singkat, seperti :
  • Biasanya jika sebuah kedai sarapan tampak ramai pengunjung, selalu diikuti dengan munculnya kedai-kedai sarapan baru disekitarnya, hal ni bisa menimbulkan persaingan sebagai kompetitor.
  • Pelanggan yang sudah mulai akrab biasanya pada tanggal tua berupaya sarapan dengan cara berhutang dan pembayaran diawal bulan, ini cukup riskan dan membuat usahawan jadi menambah permodalan.
  • Sulitnya mencari tenaga pembantu (SDM) yang gesit untuk melayani pelanggan, serta ramah dengan kemampuan berinteraksi yang baik pada semua pelanggan.
  • Harga yang kompetitif, dan membuat usahawan wajib berhati-hati dalam hal menu. Karena umumnya orang beranggapan bahwa sarapan itu hanya mengeluarkan sedikit uang.
  • Ada musim tertentu yang akan membuat omset bisnis akan menurun drastis, seperti saat musim penghujan dimana pelanggan tidak bisa mampir, dan bulan ramadhan dimana pelanggan berpuasa dan biasanya ada larangan berjualan makanan dari pagi hingga sore hari.
Namun dibalik beberapa hambatan yang ada, banyak usahawan yang berbisnis kedai sarapan pagi ini mampu meraih sukses, dan tidak terpengaruh oleh beberapa hambatan yang ada. Kunci sukses dibisnis ini tidaklah berbeda dengan bisnis lainnya secara umum. "Komitmen untuk sukses dan konsistensi" bisa dijadikan pegangan, "Jika kita berusaha pasti akan ada hasilnya" dan "jika kita bersungguh-sungguh tentu hasilnya akan jauh lebih baik".