Peluang usaha kuliner sehat mengandalkan produk jus herbal

Selasa, 20 November 2012

Produk-produk yang menyuarakan akan pentingnya nilai kesehatan, saat ini sudah bukan menjadi pilihan alternatif lagi bagi masyarakat. Namun menjelma menjadi kebutuhan dan pilihan utama dalam memutuskan sebuah pilihan terhadap produk kuliner yang akan di nikmati. Terlepas dari tersedia atau tidaknya sebuah produk yang menyuarakan kesehatan, pilihan awalnya tetap pada menyehatkan dipadu dengan rasa yang enak.

Pilihan mengambil sebuah peluang usaha yang mengandalkan jus herbal bisa dikatakan sebagai sebuah keputusan yang tepat. Bisnis berbahan herbal memang sedang marak dan booming saat ini, Tema herbal yang disematkan memberikan kekuatan dalam mempengaruhi pasar serta mengarahkan pilihan konsumen kepada produk yang di perdagangkan.

produk jus herbal
Modal yang dibutuhkan untuk memulai usaha produk jus herbal ini berkisar dibawah empat juta rupiah, itupun sudah termasuk ongkos sewa tempat, etalase, peralatan seperti blender / juicer, serta berbagai bahan baku baik berupa sayur-sayuran maupun buah-buahan. Kuliner jus herbal inipun memiliki beberapa keunggulan untuk di jadikan sebuah bisnis, diantaranya :
  • Untuk memulai usaha ini tidaklah terlalu sulit, karena jus herbal mengutamakan bahan-bahan herbal yang relatif mudah, seperti sayuran dan buah-buahan alami yang segar.
  • Dapat dilakukan dirumah, sehingga tidak pelu mengeluarkan dana untuk sewa tempat.
  • Dapat disatukan dengan usaha kuliner lainnya, baik produk makanan maupun minuman seperti jus buah, fruit punch, atau ice blended.
  • Banyak variasi akan rasa yang dapat di tawarkan.
Peralatan yang di persiapkan
  • Peralatan utama dan terpenting dalam memulai usaha produksi jus herbal ini adalah blender / juicer, stoples plastik, gelas takar, sendok, baskom cuci, talenan, dan pisau.
Cara memulai bisnis
  • Konsumen yang dapat dijadikan target menjadi pelanggan adalah orang-orang yang peduli terhadap kesehatan, sebagai penarik perhatian bisa dengan memaparkan dengan jelas tentang khasiat dan kebaikan mengkonsumsi masing-masing jus.
  • Jatuhkan pilihan pada bahan sayuran serta buah yang berkualitas, ini sangat berpengauh pada kualitas jus herbal yang di produksi, aroma, dan rasa yang dihasilkan.
  • Menentukan lokasi usaha di tempat yang strategis menjadi sangat penting, seperti areal rumah sakit, perkantoran, kantin-kantin, khususnya komunitas yang segentasinya menyukai minuman kesegaran dan menyehatkan.
  • Guna menarik pasar yang segmented tersebut, lakukan tes pasar dengan menyertakan jenis minuman lainnya, seprti ice blended, jus buah, atau es krim disalah satu sudut mall atau supermarket. Teknik memikat dengan membiasakan konsumen melihat bentuk yang berakhir dengan rasa ingin mencoba.
Teknik pemasaran
  • Pada tahap awal, bukalah outlet di kawasan yang vital seperti, rumah sakit, dan perkantoran, atau outlet di dekat kantin dan restoran.
  • Waktu pemasaran, dapat memilih memulainya pada pagi hari, siang, hingga sore menjelang malam hari. Jus hernal mengutamakan kealamian, sehingga penggunaan es batu wajib dibatasi.
Strategi promosi
  • Promosi dilakukan bisa dimulai dengan cara yang sederhana, misal di sudut mall atau supermarket terdekat dengan brosur, atau selebaran yang dibuat sesuai dengan merek dan gambar tampilan aslinya yang disebarkan memlalui meja informasi atau sengaja menitipkannya di stand lainnya yang relevan.
  • Manfaatkan cup sealer untuk berpromosi dengan mencantumkan nama dan alamat pemesanan.
  • Maksimalkan berbagai forum komunitas kesehatan, papan nama dan papan informasi dapat dimanfaatkan sebagai sarna berpromosi.
Konsep kesehatan dengan menjual produk jus herbal ini harus selalu diusung dan ditonjolkan sebagai komoditi yang di perdagangkan. Karena nilai jual bisnis ditekankan pada hal kesehatan dan cita rasa kesegaran yang di peroleh saat mencicipinya.