Bisnis properti dengan seluk beluk sukses mengembangkannya

Sabtu, 01 September 2012

Menjadi usahawan di bisnis properti, berarti mengelola penjualan properti yang jelas membutuhkan tingkat kepercayaan yang tinggi, upaya dan kerja keras, dan nilai transaksi yang besar dengan kemungkinan keuntungan yang luar biasa.

Modal yang paling utama dan mendasar menjadi seorang pebisnis properti adalah memiliki kepercayaan diri dan niat yang sangat besar untuk maju. Selain kedua modal utama ini, masih ada kiat sukses delapan langkah awal menuju keberhasilan di bidang properti.

 
bisnis properti
Hermawan Wijaya membeberkan secara terbuka dalam bukunya "77 Rahasia Cepat untung Bisnis Properti" mengulas secara gamblang, delapan langkah awal tersebut terdiri dari; mencari listing atau menjaring klien, melakukan promosi, mendekati konsumen, mempelajari public relation, belajar kesekretariatan dan hukum, memahami rencana tata ruang kota, bekerjasama dengan agen properti, serta bersikap sabar. Mungkin saja anda memiliki ketertarikan untuk memahaminya lebih jauh?

Mencari "listing"
Mendapatkan listing tidak harus memohon-mohon. Yang penting dapat melakukannya lewat taktik penjualan yang halus. Demi menjaring klien, upayakan bisa memanfaatkan kesempatan bertemu, berkenalan dan berteman untuk semua orang yang baru ditemui.

Apa yang dimaksud dengan listing? Listing di sini adalah pemilik yang berniat menjual atau menyewakan propertinya, sekaligus orang yang hendak membeli properti dalam jangka waktu dekat. Listing dapat dimiliki dari relasi, teman, kerabat, iklan baris di koran, majalah, dan lainnya.

Setelah mendapatkan mereka, langkah selanjutnya adalah menawarkan kerjasama, misalnya apakah mereka mau menjual rumahnya lewat upaya yang anda lakukan. Jika harga terlalu tinggi, memungkinkan dapat menawarkan untuk melakukan transaksi dua kali pembayaran.

Inisiatif juga dapat menanyakan, kapan penjual akan menggunakan uanganya. Jangan lupa, minta fotokopi sertifikat rumahnya dan pasang iklan mencari pembeli.

Melakukan promosi
Kegiatan mencari pembeli dapat dilakukan dengan memasang iklan, baik lewat koran, majalah atau memanfaatkan mailing list. Promosi dari mulut ke mulut juga efektif dan memudahkan membentuk jaringan.

Dewasa ini, iklan properti di koran segera beralih ke internet melalui bermacam website. Besar peluang dapat memanfaatkan kemudahan ini dengan menyajikan informasi menarik ditambah foto-foto pendukungnya.

Mendekati konsumen
Anda dapat melakukan pendekatan kepada calon konsumen setelah mendapat respon dari promosi yang sebelumnya telah Anda lakukan. Lakukan pendekatan seoptimal mungkin, sehingga Anda tahu properti apa yang benar-benar tepat bagi calon pembeli. Gali sebanyak-banyaknya informasi, kemudian lihat buatlah daftar properti yang Anda punya dan carikan yang sekiranya tepat untuk mereka.

Mempelajari public relation
Saat mendekati konsumen, berbicara secara meyakinkan merupakan keterampilan mutlak harus Anda miliki. Keterampilan ini menyangkut kemampuan sosial, interpersonal, komunikasi dan kepercayaan. Untuk itu, ada baiknya Anda mengambil beberapa ilmu dari bidang public relation, seperti meningkatkan kemampuan bicara, belajar teknik persuasif, mempelajari karakter orang, mempelajari hubungan antarmanusia, serta kemampuan menjual dan pemasaran.

Belajar kesekretariatan dan hukum
Bisnis properti rawan terhadap beragam masalah, terutama legalitas sertifikat tanah. Meskipun nantinya kegiatan transaksi dilakukan di depan notaris dan para saksi, Anda harus mampu memahami seluk beluk perizinannya. Ini merupakan kemampuan dasar agar Anda tidak terperangkap dalam kasus-kasus tanah serta properti yang kerap bersengketa.

Memahami rencana tata ruang kota
Rencana tata ruang kota sangat mempengaruhi harga jual tanah dan bangunan di wilayah bersangkutan. Ada baiknya Anda melakukan survei ke dinas tata kota suatu daerah untuk mengetahui pengembang wilayah, apakah akan dikembangkan menjadi daerah industri, permukiman, berbasis pendidikan, atau perdagangan untuk beberapa tahun ke depan.

Lalu, apa manfaat nyatanya? Tentu saja, informasi yang Anda dapatkan itu bisa menjadi pertimbangan mencari properti yang tepat bagi calon-calon klien Anda.

Bekerja sama dengan agen properti
Salah satu cara berkecimpung dalam dunia properti adalah dengan menjadi agen properti atau broker. Sebagai perantara antara penjual dan pembeli, seorang agen properti memiliki keterampilan mengenai teknik negosiasi, kekuatan jaringan, bahkan keahlian pembalikan transaksi. Kekuatan ini dapat dimanfaatkan untuk membuka sistem baru yang lebih kompetitif. Namun, tentu saja, kekuatan itu harus dengan standar pelayanan tinggi bagi pengguna jasa Anda, kelak bila Anda sudah mampu berdiri sendiri dan memiliki jaringan cukup kuat.

Nah, bagaimana jika belum kuat? Jangan khawatir! Anda dapat "belajar" terlebih dahulu dengan bergabung di salah satu agen properti. Caranya, Anda bisa menemukan informasinya melalui iklan baris surat kabar atau internet. Setelah menemukan yang tepat, proses menjadi anggota agen properti bisa Anda tanyakan. Jangan lupa, tanyakan kontraprestasi, gaji, serta sistem kerjanya.

Bersikap sabar
Jangan anggap sepele langkah yang terakhir ini. Karena sikap sabar sangat diperlukan terutama saat menjalankan bisnis properti. Dari langkah listing sampai closing dibutuhkan kesabaran ekstra. Misalnya, pembeli yang tidak tertarik listing Anda bisa dengan seenaknya berlaku tidak menyenangkan. Atau, saat Anda menelepon, pembeli tidak mau mengangkatnya. Sikap sabar yang tinggi pun diperlukan agar hubungan dengan relasi kuat selalu tetap terjaga.

Dengan mengikuti tips yang diberikan diatas, langkah untuk membangun bisnis terbuka lebar menyertai kesuksesan berbisnis dibidang properti. Memang tingkat upaya dan pengorbanan di bisnis ini sangat luar biasa, namun tidak sedikit kebebasan finansial dalam kesuksesan sebagai usahawan diraih dengan gemilang.