Memaksimalkan Pengetahuan Menjadi Peluang Bisnis Prospek

Selasa, 04 September 2012

Pengetahuan yang dimiliki tentu akan semakin bermanfaat dan bertambah menjadi keahlian jika seseorang ingin membagikannya kepada orang lain, dalam persaingan dunia kerja yang sangat ketat saat ini tentu saja pengetahuan praktis untuk bisa bersaing memperebutkan tempat kerja menjadi sangat prioritas. 

Berbagi dan mendapatkan penghasilan dari pengetahuan, keterampilan, hingga keahlian menjadikan sector ini dapat menjadi kendaraan sukses seorang usahawan dalam mengembangkan bisnis yang dimilikinya. Jelas adanya menentukan masa depan anda sebetulnya sangat tergantung dengan keterampilan yang dikuasai dan dimiliki. Pengetahuan praktis apa saja yang dapat dijadikan peluang berbisnis? Antara lain sebagai berikut :


keahlian bisnis
1. Menguasai atau berkeahlian bahasa Asing.
Memiliki keahlian deangan menguasai bahasa asing seperti inggris, jepang, china, jerman, perancis, rusia, merupakan keahlian yang bisa dijadikan prospek dalam membangun bisnis sebagai peluang usaha. Mungkin diawali bisa dengan membuka kursus private, penerjemah, atau menjadi guide pada biro travel, hingga membuka kelas kursus untuk umum.

2. Menguasai keahlian Teknis, Mesin, Listrik, Otomotif, dan perbengkelan.
Sebagai pengetahuan primadona pada saat ini, bisa diaplikasikan menjadi peluang bisnis sebagai konsultan mesin, listrik atau otomotif pada perusahaan atau membuka jasa service perbaikan automotif panggilan, sampai dengan membuka gerai bengkel sendiri walaupun diawali secara kecil-kecilan.

3. Menguasai keahlian programer dan Maintenance Komputer
Dengan menguasai dan memiliki keahlian dalam bidang programmer bisa dijadikan sebagai peluang bisnis membuat software yang dibutuhkan oleh konsumen, jasa membangun website, jasa perbaikan computer, maintenance panggilan, hingga mengoperasikan bisnis warnet.

4. Memahami dan mengusai teknik desain dan software programnya.
Saat ini sebagai salah satu bidang yang dibutuhkan menjadikan seorang yang berkeahlian desain bisa memperoleh peluang usaha dari jasa desain, jika memiliki modal bisa sampai dengan membangun bisnis percetakan.

5. Terampil dan ahli dalam membagi pengetahuan atau mengajar
Keahlian ini bisa dimulai dengan membuka kursus privat mengajar dari SD sampai SMU, seperti bimbel, kalistung, hingga less paket guna membimbing siswa dalam menghadapi ujian nasional.

6. Memiliki keahlian dan sertifikasi pembuatan laporan keuangan, dan perpajakan.
Keahlian ini dapat diaplikasikan dengan membuka usaha sebagai konsultan pajak, pembuatan laporan keuangan, sampai dengan jasa konsultan dan managemen keuangan pada perusahaan kecil.

7. Pengetahuan teknik dan hobi photografi
Bisa diawali dengan menjadi photographer keliling atau panggilan di berbagai acara, seperti pra wedding, pernikahan, wisuda dan lain - lain. Jika memiliki modal bisa membuka studio photo sendiri.

8. Memiliki keahlian Membaca Alqur'an
Bisa diawali dengan memberikan privat membaca alqur'an, atau membuka kursus kelas membaca alquran, hingga mengembangkan bisnis even organizer dalam acara keagamaan.

9. Memiliki keahlian dan kepandaian memasak makanan khas dan unik.
Yang satu ini juga sedang booming dan menjadi bisnis populer saat ini, Mungkin dapat dimulai dengan menulis buku tentang resep -resep makanan khas, atau membuka warung makan sederhana sehat, hingga jika bermodal cukup mampu membangun rumah makan sendiri.

10. Mendesain Busana Dan Menjahit
Dengan keahlian ini, bisa diaplikasikan kepada jenis usaha less privat menjahit, kelas menjahit, memberikan jasa potong dan penjahitan pakaian hingga konveksi. Kalau kreatif dan mampu menciptakan banyak pola bisa membuka butik dan memamerkan produk di butik tersebut.

Dengan kercerdasan memanfaatkan serta memaksimalkan pengetahuan dan keterampilan yang ada dan dimiliki tentu saja sangat berguna dalam menghasilkan tambahan atau sumber keuangan.Untuk mempromosikan dan memajukan pemasarannya, cobalah mulai beriklan di iklan baris koran, atau majalah, membuat brosur atau menempelkan papan kecil dari jasa yang anda tawarkan disekitar lingkungan saja dahulu. Percayalah bahwa tekad dan kerja keras yang dilakukan akan membuahkan hasil yang sangat bermanfaat bagi pelakunya.