Gaya yang tepat untuk pesan iklan yang sukses

Sabtu, 09 Juni 2012

Dalam pelaksanaan pesan, 4 hal yang harus diperhatikan oleh tim kreatif, yaitu : gaya, nada, kata, dan format. Gaya terdiri dari menjual langsung, potongan kehidupan, gaya hidup, fantasi, citra, music, symbol, kepribadian, keahlian teknis, bukti ilmiah, bukti kesaksian, demonstrasi, perbandingan, animasi, humor, dan kombinasi.

Menjual Langsung
Gaya menjual langsung tertuju langsung pada informasi produk. Sebagian besar iklan e-commerce menggunakan gaya menjual langsung seperti yang dilakukan oleh iklan online amazon.com dengan program menampilkan harga yang kompetitif, potongan harga, dan bebas biaya kirim dengan nilai pembelian tertentu.

Gaya Iklan
Potongan kehidupan
Potongan kehidupan umumnya didasarkan pada pendekatan pemecahan masalah sehari-hari. Pengiklan kemudian menunjukan bahwa produk yang diiklankan sebagai pemecah atau penyelesaian suatu masalah. Pengiklan menyukai gaya ini karena percaya bahwa gaya ini efektif untuk menyajikan situasi yang sebagian besar konsumen mendapatkan manfaat dari kelebihan produk tersebut. AT & T menggunakan gaya ini dalam beriklan.

Gaya hidup
Gaya ini menekankan bagaimana suatu produk suatu produk sesuai dengan suatu gaya hidup. Eluxury merupakan situs fashion dengan contoh iklan yang menggunakan gaya hidup seperti menampilkan penyanyi mudah yang lincah untuk membidik pangsa pasar kaum muda yang berenergi.

Fantasi
Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menciptakan fantasi disekitar produk tersebut atau penggunanya. Produk menjadi bagian pusat dari situasi yang diciptakan oleh pengiklan, dan dengan menguasai teknologi digital multimedia orang-orang kreatif di periklanan sekarang dapat menghasilkan urutan fantasi yang seolah-olah nyata. Iklan kosmetik biasanya menggunakan gaya ini.

Suasana atau citra
Gaya ini menggunakan pendekatan yang membangkitkan suasana atau citra disekitar produk tersebut, seperti kecantikan, cinta, atau ketenangan. Tidak ada pengakuan atas produk tersebut kecuali melalui sugesti. Berbagai kategori produk lain juga menggunakan cara ini, terutama yang sedang mencari citra canggih dan global.

Musik
gaya ini menggunakan latar belakang music jinggel, tune terkenal, dan aransemen klasik, atau menunjukan satu atau beberapa orang atau tokoh kartun menyanyikan suatu lagu tentang produk tersebut digunakan untuk menarik perhatian, menyampaikan titik penjualan, menetapkan nada emosi untuk suatu iklan dan mempengaruhi perasaan pendengarnya.

Simbol kepribadian
Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menciptakan suatu karakter yang menjadi personifikasi produk tersebut. Karakter tersebut dapat berupa manusia, hewan, atau animasi.

Keahlian teknis
Gaya ini menggunakan pendekatan dengan menunjukan keahlian, pengalaman dan kebanggaan perusahaan dalam membuat produk tersebut. Misalnya iklan rolex menggunakan teknik iklan ini.

Bukti ilmiah
Pendekatan gaya ini dengan menyajikan bukti survey atau bukti ilmiah atau laboraterium bahwa merek tersebut lebih disukai atau mengungguli merek lainnya. Gaya ini sering dipakai oleh perusahaan yang memasarkan obat.

Bukti kesaksian
Banyak pengiklan lebih menyukai haya ini, dimana orang menghargai produk berdasarkan pengalaman personalnya, karena telah menggunakan merek tersebut dan mendapatkan manfaat selama menggunakannya.

Demonstrasi
Gaya demonstrasi dirancang untuk mengilustrasikan keunggulan kunci dari suatu produk. Gaya ini dapat sangat efektif dalam meyakinkan konsumen terhadap kualitas suatu produk dan manfaatnya setelah memiliki atau menggunakan merek tersebut.

Komparatif
Gaya perbandingan merupakan cara langsung yang menunjukan keunggulan merek terhadap pesaing atau posisi merek terkenal atau merek baru atau merek pemimpin industry.

Animasi
Gaya eksekusi pesan iklan yang sangat popular sekarang ini adalah animasi. Dengan teknik ini, scenario yang akan dianimasikan digambar oleh seniman atau diciptakan di computer dalam bentuk kartun. Animasi kartun sangat popular bila target pasarnya anak-anak.

Kombinasi
Kombinasi merupakan teknik eksekusi pesan dalam iklan yang merupakan gabungan dari berbagai teknik. Iklan-iklan yang bagus pada e-commerce adalah iklan kombinasi antara dua atau beberapa gaya iklan diatas.

Begitu banyaknya gaya dalam menyajikan iklan guna menarik pengunjung dan memenangkan pasar yang dilakukan oleh rekayasa perusahaan-perusahaan top besar, menengah, dan kecil dapat menjadi contoh serta inspirasi bagi yang ingin merancang jenis dan bentuk iklannya.