Peluang Usaha Kue Kering dengan margin Laba Maksimal

Senin, 03 September 2012

Walaupun pada umumnya bisnis kue merupakan usaha yang dijalankan oleh kaum hawa, namun saat ini tidak sedikit para kaum pria juga menempuh bisnis ini sebagai kendaraan sukses dalam membangun bisnisnya. Sebagai peluang usaha atau bisnis yang selalu propsektif khususnya dalam menjelang hari raya baik itu Lebaran, Natal atau hari raya dan perayaan agama lainnya. Selain itu juga banyaknya penggemar camilan kue kering di negeri ini menambah prospeknya semakin berkilau.

Tentunya tidak semua orang bisa meluangkan waktunya untuk membuat kue kering sendiri, membuat hal itumenjadi peluang yang dapat di manfaatkan untuk memulai bisnis kue kering bagi yang memiliki niat menjadi usahawan dan punya waktu luang dan bisa membuat kue.

usaha kue kering
Peluang lain yang terbuka adalah menjadi distributor supplier kue kering di kota usahawan berdomisili. Berikut strategi dan Tips untuk memulai usaha kue kering :
  • Bangun habit dan jadikan sebagai Hobby . Bagi yang memang sudah memiliki hobi atau mereka yang sudah memiliki keahlian dalam membuat kue kering itu merupakan salah satu modal utama untuk memulai bisnis ini.
  • Kaya akan informasi, usahawan yang belum memiliki keahlian dalam membuat kue kering, sebelum mengawali hendaknya membangun informasi sebanyak-banyaknya tentang cara membuat kue kering yang praktis dan murah salah satunya dengan membeli tabloid yang berisi aneka tips dan resep-resep seputar kue kering, mengumpulkan resep-resep kue kering dari beberapa sumber seperti dari koran, majalah dan televisi atau Anda bisa belajar langsung membuat kue kering dari teman atau saudara buatlah catatan kecil untuk mencatat resep tips dan langkah-langkah dalam pembuatannya. Hal ini membuat kaya akan informasi yang berguna.
  • Berdayakan sampel atau contoh, sampel atau contoh kue kering yang akan usahawan pasarkan pada kerabat, tetangga dan teman kantor baik teman kantor suami atau teman kantor teman lain. Ini cukup menetukan , biasanya orang cenderung melihat rasa baru harga. Lampirkan juga sarana dan alat promosi yang berisi brosur, daftar nama kue kering yang tersedia dan ditawarkan lengkap dengan satuannya perkilo atau pertoples dengan harganya dan alamat serta nomor telepon yang bisa dihubungi untuk saluran pemesanan.
  • Cermat dan cerdik dalam mengelola Modal. Untuk tahap awal kurangi biaya-biaya yang kurang penting agar operasional pembiayaan tidak terlalu berat dalam mengeluarkan modal di awal-awal usaha, misalnya untuk membeli oven listrik atau mesin-mesin lainnya. Maksimalkan penggunaan alat dapur atau alat-alat dalam pembuatan kue yang sudah tersedia dan dimiliki, bila alat-alat yang ada dan  dimiliki kurang baru dilengkapi guna menjamin kualitas produk.
  • Pentingnya memahami dan memantau pasar, sebelum memulai bisnis ini, sebaiknya lakukan survey pasar untuk mengetahui daya beli mereka, target pasar atau pemasaran kue kering lengkap dengan segmennya pada siapa saja, untuk tahap awal pemasaran bisa dimulai kepada tetangga, teman kantor, atau mencoba menitipkannya pada toko-toko makanan. Lalu mencoba memproduksi kue kering dengan biaya produksi yang lebih rendah dari harga jual. Ini semua demi menghasilkan produk yang memiliki kemampuan bersaing dalam pasar.
  • Perhatikan dan awasi kualitas bahan dasar . Usahawan harus yakin bahwa produknya aman untuk dikonsumsi serta mendatangkan keuntungan. Maka pastikan harus menggunakan bahan-bahan yang berkualitas atau gunakan bahan-bahan yang masa kadaluarsanya masih lama jangan menggunakan bahan-bahan yang sudah kadaluarsa untuk mendapatkan untung yang banyak tetapi bisa membahayakan kesehatan.
  • Kreatif dengan berInovasi dalam produksi baru . Buatlah kue kering yang belum ada di pasar atau buat kue kering yang diproduksi memiliki ciri khas sehingga memiliki perbedaan dari yang lain. Ciri khas bisa kita peroleh dengan mencari ide-ide baru baik dengan penambahan bahan, bentuk yang lucu, dan rasa yang lezat untuk menghasilkan produk yang lebih variatif. Lakukan kontrol dengan ketat terhadap resep dan penggunaan bahan-bahan baku yang digunakan untuk rasa produk yang konsisten.
  • Jadikan kemasan kue semenarik mungkin,  Saat mengawali dan memulai menjalankan usaha kue kering ada hal lain yang penting untuk dipikirkan yaitu kemasan yang menarik untuk memberi nilai lebih pada kue kering yang diproduksi. Kemasan yang cocok untuk kue kering adalah toples kedap udara atau toples mika dengan penambahan selotip agar toplesnya rapat. Disain atau dengan sedikit penambahan ornament lainnya sehingga bisa lebih terlihat menarik sehingga meningkatkan penjualan.
  • Yakin akan keberhasilan dan percaya diri merupakan hal terpenting dalam memulai suatu usaha, jangan khawatir dan berkecil hati dengan persaingan yang banyak, karena setiap usaha memiliki pasar yang berbeda dan segmen pasar yang luas sehingga usaha kue kering ini masih bisa prospek dan berkembang mengikuti trend yang ada. Bila bisnis ini berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih, tidak ada salahnya usaha ini bisa dilanjutkan dan teruskan tidak hanya berhenti setelah hari raya saja, melainkan bisa lebih berkembang dan berkelanjutan.
Tidak banyak mereka yang berhasil sukses dalam membangun bisnis di bidang produksi kue kering, namun masih minimnya peminat membuat hal ini sebagai peluang sukses yang besar dengan potensi pasar yang sangat luas tentunya.