Bisnis video shooting dan editing segalanya dapat dilakukan sendiri

Selasa, 23 Oktober 2012

Wakau sudah cukup banyak dan menjamur dimana-mana, peluang usaha dari bisnis video shooting dan editing masih memiliki ruang dan prospek cukup cerah untuk digeluti menjadi bisnis sampingan pribadi. Semakin terjangkaunya harga beli peralatan untuk camera video shooting dan editing menjadi penyebab peluang usaha ini menjamur selain daripada mudah dalam pengerjaannya, serta dokumentasi atas sebuah acara dimasyarakat yang perlu diabadikan memastikan jasa video shooting dan editing menjadi salah satu tren yang perlu dan wajib diadakan.

Untuk memiliki bisnis ini, seorang calon usahawan diwajibkan memiliki pengetahuan dalam seni shooting atau pengambilan gambar dan tekniknya dalam menggunakan camera video sebagai peralatannya. Selain itu juga menguasai software penunjang video editing guna menhadirkan kualitas video yang baik dan bagus dalam hal memberikan hasil kerja dan layanan berkualitas kepada konsumen.

bisnis video shooting dan editing
Peluang usaha ini, untuk digeluti bukan hanya membutuhkan modal awal yang tidak sedikit walaupun masih umum dan terjangkau. Hal dikarena untuk pengadaan berbegai peralatan video shooting dan pengadaan komuputer guna melakukan editing pada gambar bergerak yang sudah diambil menggunakan kamera video.

Wakaupun peluang usaha ini sudah cukup banyak dan dipastikan akan berkompetisi dalam memperebutkan pelanggan, namun sentuhan personal yang diyakini sebagai keahlian pribadi dalam produksi dan menghasilkan produk yang memiliki kualitas menjadi keuntungan utama guna mendapatkan kepercayaan dari para konsumen yang membutuhkan jasa video shooting dan editing ini.  Jika calon usahawan  tertarik dan bertekad untuk memulai bisnisnya dengan usaha ini, Bisa membangunya sebagai usaha pribadi maupun sampingan dengan langkah-langkah yang cukup sederhana, antara lain :
  • Jadikan hobi sebagai dasar utamanya
  • dilakukan sendiri dirumah
  • kegiatasn sebuah acara dishoting sendiri
  • hasil shooting diedit sendiri
  • dan hasil produksi di cd atau dvdkan sendiri.
Jelas bahwa bisnis ini bisa dilakukan dan dikerjakan hanya oleh usahawan sendiri saja, walaupun pada perkembangannya dikarenakan banyaknya pesanan dan kecanggihan alat kerja yang digunakan membutuhkan asisten atau karyawan yang membantu.

Untuk peralatan yang dibutuhkan sebagai equipmen dalam menjalankan bisnis video shooting dan editing ini antara lain :
  • Camera video atau sering disebut dengan Handycam + tripod, camera video atau handycam bisa menggunakan merk apa saja, asal masih bisa merekam dan memainkan kembali hasil rekaman dengan bagus.
  • Komputer yang memiliki spek untuk transfer dan editing video,  Bisa membeli komputer pc yang baru atau jika sudah ada tinggal melakukan upgrade ke spesifikasi yang dibutuhkan untuk ideo editing.
  • Printer buat cetak cover cd dan dvd, bisa merk apa saja berwarna dan hasil cetaknya masih dalam kondisi bagus.
  • Kalau ada modal lebih, bisa buat beli lampu. Digunakan untuk acara yang membutuhkan tambahan lampu. Harga lampu bisa cek dipasaran tempat kota usahawan berdomisili, merk Unomat 1000watt. Juga lengkapi dengan lampu pada tripodnya.
Dalam pemasarannya menjadi langkah selanjutnya jika peralatan dan skill sudah siap, pemasaran untuk promosi mungkin saja bisa dimulai dengan ujicoba pada acara rekan, kerabat, serta keluarga. Berikan shooting free atau berbiaya murah, tetapi pastikan untuk menyajikan hasil kerja yang terbaik. Dalam hal ini jika hasil produksi memang sudah bagus dan memiliki nilai jual bisa saja dengan memasang iklan di koran kota, membuat papan nama bisnis usaha, dan sudah pasti jadikan hasil kerja yang sudah ada sebagai referensi dan alat promosi untuk meyakinkan konsumen.

Tips agar bisnis video shooting dan editing lebih bersaing dan mendapatkan kepercayaan konsumen dengan hasil yang banyak dalam pesanannya, maka perhatikan beberapa hal dasar dibawah ini.
  • Terus tingkatkan kualitas video yang dihasilkan semakin hari menjadi semakin bagus.
  • Terapkan Harga yang terjangkau (murah tapi tidak murahan, namun berkualitas baik).
  • Berikan nilai lebih kepada konsumen, mungkin dengan bonus piringan cd atau dvd yang direkam, bonus album menarik, serta souvenir tambahan untuk hadiah khusus buat acara mereka dari bisnis usahawan.
Bisa dicoba dan direalisasikan dalam bisnis rekan usahawan, semoga order yang diterima juga semakin melimpah.